Cara Membersihkan Busi Mobil Tanpa ke Bengkel

cara membersihkan busi motor

Busi adalah salah satu komponen penting pada mobil yang harus kamu jaga, sehingga membutuhkan perawatan secara berkala. Salah satu caranya, yaitu dengan rutin membersihkan busi mobil.

Asuransi Mobil

Kamu dapat pergi ke bengkel untuk membersihkannya, namun ternyata kamu dapat membersihkannya secara mandiri tanpa harus ke bengkel. Berikut ini adalah cara membersihkan busi mobil tanpa harus ke bengkel!

4 Cara Membersihkan Busi Mobil Tanpa Harus ke Bengkel

Cara-cara berikut ini cukup sederhana, kamu dapat melakukan sendiri dengan menggunakan peralatan yang ada di rumah. Sebelum menerapkan cara berikut ini, pastikan untuk melepas busi terlebih dahulu agar lebih mudah dalam pembersihannya.

1. Melihat Kondisi Busi

Hal pertama yang dapat kamu lakukan, yaitu melihat kondisi busi terlebih dahulu. Lihat pada bagian ujung busi, bagian tersebut merupakan elektroda yang bersinggungan langsung dengan proses pembakaran pada mesin.

Warna di bagian ujung busi dapat berubah. Jika setelah kamu perhatikan terdapat perubahan seperti warna hitam, maka jumlah pasokan bahan bakar dalam proses pembakaran berlebihan. Namun jika warnanya lebih pekat, ada kemungkinan busi mati.

Jika busi telah mati, maka kamu tidak dapat membersihkannya. Namun jika masih berwarna abu-abu pada bagian ujung busi, maka pasokan bensin justru berkurang, sehingga kamu dapat mengecek sistem injeksi bahan bakar.

Terdapat warna lain yang bisa muncul di ujung busi, yaitu coklat kehitaman. Jika ujung busi kamu memiliki warna tersebut, maka pasokan bensinnya sesuai, sehingga proses pembakaran yang ada pada mesin dapat berjalan normal.

2. Membersihkan dengan Menggunakan Sikat Kawat

Setelah dirasa ujung busi dapat dibersihkan, kamu dapat melakukan langkah selanjutnya, yaitu membersihkan busi. Penggunaan sikat kawat dapat kamu gunakan untuk membersihkan busi mobil.

Jika kamu tidak memiliki sikat tersebut, gunakan sikat dengan bulu yang kasar. Karena sikat dengan bulu yang halus tidak dapat membersihkan dan mengangkat residu yang menempel di permukaan busi.

Bagian pertama yang dapat kamu bersihkan, yaitu ujung busi. Jika kamu memiliki karbon pembersih khusus, kamu dapat menggunakannya agar busi tampak lebih bersih.

3. Melakukan Amplas Pada Lapisan Kerak

Busi yang telah tertempel residu dari proses pembakaran dapat mengakibatkan penumpukan yang terjadi di permukaan busi. Adanya tumpukan tersebut dapat menimbulkan kerak, karena telah mengeras.

Sehingga kamu akan kesulitan untuk membersihkannya jika hanya menggunakan sikat saja. Oleh karena itu kamu dapat menggunakan amplas untuk membersihkan lapisan kerak yang terdapat pada busi.

Kamu dapat menggunakan amplas yang memiliki butiran halus, agar busi tidak menjadi aus. Amplas hingga lapisan kerak terlepas dari busi mobil.

4. Menyetel Ulang Celah Pada Busi

Cara ini tidak wajib kamu lakukan, karena kamu membutuhkan alat khusus seperti feeler gauge atau thickness gauge. Alat ini berupa alat ukur yang terdiri dari lembaran baja tipis.

Kamu dapat menyetel ulang celah busi menggunakan bantuan alat ini. Hal ini berlaku jika kamu pernah memodifikasi busi, jika tidak pernah maka celah tidak akan berubah.

Menjaga dan membersihkan seluruh komponen pada mobil dapat membuat mobil yang kamu miliki lebih terjaga, sehingga dapat bertahan lebih lama. Oleh karena itu kamu harus melakukan perawatan rutin secara berkala.

Jika komponen pada mesin terjaga, tentu akan membuat kamu dapat berkendara dengan lebih aman. Namun untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan di masa mendatang, kamu dapat menggunakan asuransi agar lebih aman dan nyaman ketika berkendara.

Asuransi mobil dapat memberikan perlindungan untuk kendaraan kamu dari berbagai resiko yang tidak diharapkan. Kunjungi Cekpremi untuk memilih produk asuransi yang terbaik dan terpercaya.

Pertanyaan Seputar Membersihkan Busi Mobil

Pembersihan busi pada mobil bukan hal yang dapat dianggap enteng, karena dengan rutin membersihkannya kamu dapat menjaga keadaan busi sehingga mobil menjadi lebih optimal. Beberapa pertanyaan berikut ini seringkali muncul terkait membersihkan busi mobil, yaitu:

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Kenapa busi harus dibersihkan?” answer-0=”Jika dibiarkan saja, residu pembakaran dapat menjadi kerak yang mengganggu kinerja busi, bahkan dapat membuat busi menjadi cepat mati. ” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Apa yang terjadi jika busi mobil rusak?” answer-1=” Busi tidak dapat menghasilkan bunga api secara sempurna, sehingga proses pembakaran akan terhambat. Sedangkan proses ini yang dapat membuat mesin aktif sehingga mobil dapat berjalan. ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]