3 Cara Membersihkan Jok Kain secara Mudah dan Cepat

Apr - 27
2021
cara membersihkan jok kain

3 Cara Membersihkan Jok Kain secara Mudah dan Cepat

Dibandingkan jok mobil berbahan kulit, kursi atau jok mobil yang dilapisi bahan kain memang lebih mudah kotor. Karena itu, penting untuk mengetahui cara membersihkan jok kain agar tetap awet.

Bukan cuma kebersihan diri, kebersihan interior mobil juga penting diperhatikan. Apalagi berbicara soal jok, bagian yang langsung bersentuhan dengan kulit ini rentan sekali menjadi sarang kuman.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Ditambah lagi, permukaan jok yang jarang dibersihkan tentu lebih mudah rusak. Agar tampilan mobil kesayangan Anda tetap kinclong dan menawan, yuk simak cara membersihkan jok kain berikut ini!

Inilah 3 Cara Membersihkan Jok Kain

1. Siapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Sebelum mulai membersihkan jok mobil kain, siapkan dulu peralatan yang dibutuhkan. Cukup simpel kok, Anda hanya memerlukan barang-barang seperti vacuum cleaner, cairan pembersih, dan sikat.

Eits tunggu dulu, sikat yang kami maksud di sini bukan berupa sikat pakaian biasa ya. Sebaiknya gunakan sikat gigi bayi yang memiliki permukaan lebih halus agar tidak merusak permukaan jok.

2. Sedot Debu dengan Vacuum Cleaner

Supaya debu yang menempel pada jok tidak lengket saat terkena air, bersihkan dulu permukaan kursi mobil tersebut menggunakan penyedot debu atau vacuum cleaner.

Seperti yang kita ketahui, debu yang menempel pada kain akan sulit dibersihkan jika terkena cairan. Perhatikan celah-celah jok mobil, pada bagian tersebut biasanya debu-debu banyak menempel.

3. Sikat Permukaan Jok dengan Cairan Pembersih

Anda bisa menggunakan cairan khusus pembersih jok mobil hingga deterjen sebagai cara membersihkan jok kain. Kedua cairan ini sama-sama ampuh kok, asal digunakan secara benar.

Jika menggunakan cairan khusus, cukup semprot atau oleskan cairan tersebut pada permukaan yang kotor. Bila Anda memilih menggunakan deterjen, campurkan ia dengan air terlebih dahulu.

Apabila sudah siap, gosok permukaan jok secara perlahan dan searah. Hal ini penting untuk dilakukan agar permukaan kain tidak rusak dan mengelupas.

Tips Merawat Jok Kain agar Tetap Awet

Meski telah mengetahui cara membersihkan jok kain, langkah preventif tetap perlu dilakukan agar permukaan kursi tidak mudah kotor. Kiatnya cukup mudah kok, berikut tips yang bisa Anda coba.

1. Gunakan Penutup Jok Mobil

Kover atau penutup kursi mobil memang ampuh untuk menjaga jok dari noda. Karena itu, penggunaan ornamen ini sangat dianjurkan agar interior mobil Anda selalu terlihat bersih.

2. Lindungi dengan Pelapis Anti Noda

Sama seperti kover, produk pelapis anti noda juga cukup mudah ditemukan di pasaran. Beberapa merek seperti Scotchgard Fabric dan Upholstery Protector bisa Anda beli di toko alat rumah tangga.

3. Hindari Kebiasaan Makan dan Minum di Dalam Mobil

Sebagai langkah pencegahan sekaligus cara membersihkan jok kain, hindari kebiasaan makan dan minum di dalam mobil, ya. Noda dari makanan atau minuman yang tumpah sukar sekali dibersihkan.

Ditambah lagi, sisa makanan yang menempel tentu akan menimbulkan bau tidak sedap pada interior mobil. Jika tertumpah, segera bersihkan noda makanan tersebut sebelum menempel terlalu lama.

Bagaimana, cukup mudah ‘kan cara membersihkan jok kain? Jangan lupa daftarkan kendaraan Anda dengan asuransi mobil terpercaya, agar kenyamanan dan keamanan berkendara lebih terjamin ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *