Cara Membuat Kolam Renang Minimalis Dan Ekonomis

Jul - 12
2021
kolam renang di rumah

Cara Membuat Kolam Renang Minimalis Dan Ekonomis

Last Updated on November 23, 2021 by Andrian

Memiliki kolam renang sendiri di rumah sudah pasti sangat menyenangkan. Apalagi kalau Anda memiliki hobi berenang. Menghabiskan waktu luang dengan berenang di rumah, tentu menjadi sebuah keistimewaan. Ditambah jika cuaca sedang panas, mendinginkan diri di air kolam juga bisa menjadi pilihan. Atau Anda juga bisa menghabiskan waktu pagi dengan berolahraga air di kolam renang milik sendiri tanpa menghabiskan waktu untuk perjalanan. Wah, menyenangkan ya!

Membuat kolam renang memang memakan budget yang tidak sedikit. Namun hal ini tidak menjadi halangan berarti jika Anda memiliki perencanaan yang baik. Selain itu, Anda juga bisa membuat kolam dengan konsep minimalis dengan budget yang relatif ekonomis juga tentunya. Berikut ini hal-hal yang harus Anda lakukan untuk mewujudkan impian memiliki kolam renang di rumah.

1. Membuat Rencana Anggaran

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah melakukan perencanaan biaya. Anda harus memperhitungkan seluruh total material yang dibutuhkan serta luas kolam renang yang akan Anda buat. Persiapan ini bisa membantu Anda untuk memperkirakan biaya sehingga bisa melakukan berbagai penyesuaian.

2. Rencanakan Konstruksi Kolam

Konstruksi kolam merupakan bagian yang paling penting dalam membuat kolam. Gaya seperti apa yang ingin Anda terapkan, desain seperti apa yang Anda inginkan, semua itu tentu mempengaruhi rencana anggaran yang harus disiapkan juga. Misalnya untuk konstruksi kolam renang minimalis di rumah, Anda bisa menyiapkan budget sekitar Rp 3,5 hingga Rp 4,5 juta per meter kubik.

3. Perhitungkan Biaya Perawatan

Selain merencanakan anggaran pembuatan kolam, Anda juga perlu memperhitungkan biaya perawatan nantinya. Desain dan konstruksi yang Anda pilih sangat mempengaruhi biaya perawatan yang dibutuhkan. Selain merawat dinding kolam atau kebersihan bangunannya, Anda juga harus memperhatikan kebersihan air kolam.

Setelah melakukan perencanaan, sekarang Anda sudah memiliki gambaran besar dari proses pembuatan hingga perawatan nantinya. Anda sudah memiliki desain yang diinginkan, dan juga rencana anggaran yang dibutuhkan. Selanjutnya adalah membuat kolam. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan.

Cara Membuat Kolam Renang

cara membuat kolam renang

Tentukan Ukuran 

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan ukuran kolam. Hal ini bisa Anda sesuaikan dengan luas lahan yang Anda miliki di rumah. Biasanya desain kolam dibuat dengan ukuran 3 x7  meter untuk lahan 4 x 8 meter, dengan menyisakan satu meter pada ujung kolam untuk pijakan. Anda bisa membuat kolam renang dengan ukuran yang lain dengan rasio 2:1.

Tentukan Kedalaman Kolam

Kedalaman kolam renang yang Anda buat harus disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan pengguna. Misalnya, apakah Anda memiliki anak kecil yang juga akan menggunakan kolam renang? Kedalaman kolam untuk anak kecil bisa dibuat sekita 0,5 hingga 1 meter. Sementara untuk orang dewasa, kedalaman kolam bisa sekitar 1,4 hingga 2 meter. Anda juga bisa membuatnya dengan konstruksi tanjakan atau anak tangga untuk memisahkan kedalaman.

Tentukan Sistem Sirkulasi Air Kolam

Air kolam bisa berkurang karena tumpah ketika mendapat tambahan massa yang masuk ke dalam kolam. Misalnya ketika Anda menceburkan diri ke dalam kolam, tentu air akan mengalami kenaikan dan tumpah. Hal ini bisa mengurangi jumlah air kolam. Untuk menjaga jumlah air yang tepat, Anda perlu menambahkan sirkulasi air untuk menjaga kuantitas dan kualitas air. Jangan lupa untuk menambahkan penyaring dalam sirkulasi ini.

Tentukan Pelapis Internal Kolam

Dibandingkan dengan pelapis internal kolam lainnya, keramik dinilai paling efisien untuk kolam renang di rumah. Harga barang, biaya pemasangan, dan perawatannya pun cukup murah,. Tampilannya cantik dan kuat terhadap air.

Setelah mengetahui cara membuat kolam renang di atas, Anda bisa mulai dengan menentukan rencana dan desain kolam. Pastikan Anda membuat perencanaan yang baik dan memperhitungkannya dengan teliti agar tidak perlu merombak atau memikirkan biaya renovasi. Anda juga bisa menambahkan fitur asuransi properti dalam perencanaan Anda untuk menghindari berbagai kerugian akibat bencana atau kerusakan lainnya. Temukan tawaran menariknya hanya di Cekpremi.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

promo asuransi properti