Cara Memperbaiki Spion Mobil yang Patah, Mudah dan Tak Perlu Ganti Baru

Jul - 10
2021

Cara Memperbaiki Spion Mobil yang Patah, Mudah dan Tak Perlu Ganti Baru

Spion mobil merupakan komponen yang letaknya paling menonjol di antara bagian lainnya. Berada di samping kiri dan kanan, benda ini memiliki risiko tersenggol dengan kendaraan lain yang lebih besar, apalagi jika berkendara di lalu lintas yang ramai. Kerusakan bisa terjadi karena kaca pecah, elektrik mirror rusak, spion patah, maupun pelipat otomatis yang tidak bekerja. Nah, jika terjadi spion patah, Anda tidak harus buru-buru mengganti dengan yang baru, ada hacks cara memperbaiki spion mobil yang patah dengan mudah.

Mobil setidaknya dilengkapi 3 spion yakni dibagian kanan kiri dan sisi dalam kabin bagian tengah. Bila salah satu tidak berfungsi dengan semestinya akibat rusak, ibarat kita berjalan dengan satu mata tertutup yang tidak bisa melihat kesamping secara normal. Padahal, spion mobil memiliki fungsi yang sangat penting, yakni sebagai alat bantu untuk melihat bagian belakang dan samping kendaraan. Tanpa spion, berkendara menjadi tidak nyaman bahkan cenderung berbahaya.

Ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan spion mobil rusak. Di antaranya yang paling sering terjadi adalah karena usia pakai yang sudah terlalu lama atau tersenggol kendaraan lain. Benda kecil ini juga memiliki harga yang cukup mahal yang membuatnya sering dicuri. Mengganti spion mobil ini memang tidak murah, namun Anda bisa memperbaiki spion mobil yang patah sendiri dengan cara yang mudah.

Cara Memperbaiki Spion Mobil yang Patah, Mudah dan Tak Perlu Ganti Baru

cara memperbaiki spion mobil yang patah

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan untuk memperbaiki spion yang patah. Alat-alat yang dibutuhkan yaitu, lempeng plat besi, gunting, obeng mini, kain, dan alat congkel. Berikut ini langkah-langkah kerjanya.

Lepas Spion dari Mobil

Langkah awal yang perlu dilakukan adalah melepas spion dari mobil dengan cara membuka cover yang menutupi bagian pintu bagian dalam. Bagi pemula mungkin akan kesulitan saat membuka cover ini. Cara pertama yang dilakukan adalah membuka baut yang tertutup oleh cover power window yang ada di bagian penutup handle bagian dalam. Proses ini memang membutuhkan kesabaran terutama pada mobil baru yang belum pernah dibuka. Maka untuk melancarkan tahap ini gunakan obeng mini. Supaya lapisan cat tidak lengket, Anda bisa gunakan kain sebagai tatakan saat mencongkel.

Lepaskan Karet Penutup Baut

Setelah spion terlepas, tahap berikutnya adalah mencopot karet penutup baut. Bila tidak pernah dibuka, karet ini menempel kuat jadi perlu kehati-hatian saat melepaskannya. Biar mudah lepas gunakan obeng atau besi tipis untuk mencongkelnya.

Buka Baut yang Ada di Dalamnya

Langkah ketiga adalah membuka 3 baut yang ada di dalamnya. Jika berat saat dibuka akibat karat gunakan WD40 untuk merontokanya atau bisa memakai obeng ketok  untuk mencopotnya

Siapkan Lempeng Besi atau Plat

Selanjutnya siapkan lempeng besi atau plat yang dipotong persegi panjang dan sudah dilubangi di kedua sisinya. Lubang ini harus disesuaikan dengan letak baut spion. Fungsi plat besi adalah sebagai klem antara spion dengan dudukan spion agar kembali menyatu. Supaya tidak longgar pastikan ketiga baut dipasang dengan kencang. Bila tidak ada besi Anda bisa menggantinya dengan ring yang agak besar.

Pasang Kembali Spion

Untuk memasangnya cukup letakkan kaca pada posisi yang pass seperti semula dengan jarak antar sisi yang sama.  Tekan bagian sisi atas disusul bagian bawah hingga terdengar bunyi klik yang menandakan sudah terpasang menempel dengan klip secara sempurna.

Itu tadi cara memperbaiki spion mobil yang patah. Mudah bukan? Bila klip patah dan posisi kaca longgar Anda bisa menggunakan lem sealant untuk merekatkannya kembali. Mengingat spion adalah komponen yang krusial dan cukup mahal, penting bagi Anda untuk menambahkan fitur asuransi kendaraan supaya terhindar dari kerugian yang tidak diinginkan. Anda bisa memulai dengan mengecek pilihan-pilihan asuransi di Cekpremi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi mobil cekpremi