Mulai Bisnis Kala Pandemi, Begini Cara Mendapatkan Modal Usaha dari Pemerintah

Jul - 10
2021
cara mendapatkan modal usaha dari pemerintah

Mulai Bisnis Kala Pandemi, Begini Cara Mendapatkan Modal Usaha dari Pemerintah

Di tengah pandemic Covid-19, kondisi ekonomi semakin hari semakin memburuk. Banyak karyawan yang terkena PHK dan akhirnya tidak berpenghasilan sedangkan kebutuhan terus bertambah apalagi harus menambah budget untuk test swab sebagai antisipasi menjaga kesehatan tubuh. Banyak masyarakat akhirnya beralih untuk membuka bisnis ala rumahan atau dalam skala UKM. Kemudian banyak yang terkendala tidak memiliki modal cukup. Ternyata ada lho cara mendapatkan modal usaha dari pemerintah!

Sejak 24 Agustus 2020, pemerintah sudah mengambil kebijakan untuk menyalurkan bantuan modal usaha di masa pandemic. Namun banyak yang terkendala untuk mendapatkan pinjaman melalui bank karena tidak ada jaminan. Pemerintah saat ini menargetkan 12 juta pelaku usaha mikro yang ada di Indonesia agar tetap bisa menjalankan usaha dengan harapan dapat mengurangi kesulitan di masa pandemi.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Sebelum membahas mengenai cara mendapatkan modal usaha dari pemerintah, sebaiknya kamu mengetahui bantuan apa saja yang diberikan pemerintah untuk UKM.

1. Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Untuk bentuk kredit, pinjaman modal usaha ini mempunyai target untuk pengusaha kecil dan menengah (UKM). KUR ini menawarkan bunga yang rendah karena adanya subsidi dari pemerintah. Kamu bisa mengajukan pinjaman KUR melalui lembaga perbankan milik pemerintah seperti bank BRI, bank Mandiri dan bank pelat merah lainnya.

2. Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL)

Selain KUR, program pinjaman modal lainnya adalah Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL). Program ini pada dasarnya adalah bentuk implementasi corporate social responsibility (CSR) dari BUMN. Meski pada prakteknya PKBL lebih banyak memberi pinjaman atau kredit mikro pada pengusaha kecil yang potensial. Misalnya, pemberian dana pinjaman pada komunitas pengrajin gerabah dan sebagainya.

3. PNPM Mandiri

PNPM Mandiri yang merupakan program penanggulangan kemiskinan terutama yang berbasis pemberdayaan masyarakat. Selain modal berbentuk uang, pemerintah juga memberikan bantuan modal usaha bukan berupa uang. Seperti yang dilakukan Disperindag yang memberi bantuan modal bisa berbentuk mesin, tenda kaki lima, kulkas, dan sebagainya bagi wirausaha baru.

4. Pembiayaan Ultra Mikri (UMi)

UMi adalah pembiayaan ultra mikro yang diberikan pemerintah sebagai pinjaman modal usaha. UMi punya tujuan yang sama dengan KUR. Bedanya, pinjaman modal usaha ini ditujukan pada orang-orang yang butuh pinjaman Rp10 juta. Umi menjadi alternatif pilihan untuk pada pelaku UKM yang kesulitan untuk mengakses KUR.

 

Cara Mendapatkan Modal Usaha KUR dari Pemerintah

modal bisnis minim

KUR dikenal sebagai cara mendapatkan modal usaha yang menawarkan bunga paling rendah karena disubsidi oleh pemerintah. Selain itu, KUR juga meliputi berbagai macam bentuk usaha, terutama usaha yang bergerak di bidang pertanian, perikanan, kehutanan hingga usaha jasa simpan pinjam. Ada dua jenis KUR yang bisa menjadi referensi pengajuan, yakni KUR BRI dan KUR Mandiri.

KUR BRI

KUR ini cocok untuk kamu yang baru merintis usaha karena cicilannya rendah. Pinjaman paling kecil adalah Rp25 juta. Syarat pengajuannya pun cukup mudah. Pertama, sudah memiliki usaha produktif dan layak secara aktif minimal 6 bulan. Kemudian, tidak sedang menjalankan kredit dari perbankan lain serta melampirkan dokumen seperti KTP, KK, dan Surat Izin Usaha.

Baca juga: Intip 9 Ide Usaha Modal Kecil Untung Besar yang Hits di 2021

KUR Mandiri

Pinjaman ini cocok untuk menjadi solusi modal pengusaha mikro dengan bunga 7% per tahun.

Bank Mandiri menawarkan beberapa jenis KUR, yakni

  • KUR Mikro: memiliki kredit maksimal hingga Rp25 juta dengan tenor maksimal 2 tahun.
  • KUR Ritel: memiliki kredit di atas Rp25 juta sampai dengan maksimal Rp200 juta, dengan jangka waktu maksimal 3 tahun untuk kredit modal kerja dan 5 tahun untuk kredit investasi.
  • KUR Penempatan TKI: memiliki kredit maksimal hingga Rp25 juta, dengan jangka waktu disesuaikan dengan masa kontrak kerja atau maksimal 12 bulan.
  • KUR Khusus: memiliki limit di atas Rp25 juta sampai dengan Rp500 juta, diberikan kepada kelompok yang dikelola secara bersama dalam bentuk cluster dengan menggunakan Mitra Usaha untuk komoditas perkebunan, peternakan dan perikanan rakyat.

Syarat Mengajukan Pinjaman KUR Mandiri Mikro dan Ritel:

  • Tidak memiliki kredit dan tidak sedang menerima kredit dari penyalur yang sama
  • Tidak masuk daftar hiam nasional
  • Usia minimal 21 tahun dan sudah menikah
  • Dokumen yang diperlukan: KTP, Akte kelahiran atau KK, surat nikah, dan saat kredit lunas usia maksinal 60 tahun
  • Memiliki usaha produktif dan layak dan telah berjalan 6 bulan.

Nah, itu tadi cara mendapatkan modal usaha dari pemerintah terutama untuk Kredit Usaha Rakyat yang bisa kamu gunakan untuk mendukung usahamu di kala pandemi. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *