Ketahui Cara Mengatasi Lampu Indikator Mobil Menyala Terus

Jul - 13
2021
cara mengatasi lampu indikator mobil menyala terus

Ketahui Cara Mengatasi Lampu Indikator Mobil Menyala Terus

Pada saat tertentu, lampu indikator pada dashboard mobil memang akan menyala. Namun, bagaimana jika lampu tersebut tak mau padam? Hal ini tentu dapat menimbulkan kepanikan. Maka dari itu, Anda perlu ahu cara mengatasi lampu indikator mobil menyala terus.

Perlu diketahui, lampu indikator pada dashboard mobil sejatinya terdiri dari beberapa macam, mulai dari lampu indikator penunjuk speedometer, lampu sein, hingga lampu injeksi atau check engine.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Jika salah satu lampu ini tak mau mati atau terus berkelip, berarti ada yang salah dari perangkat mesin mobil. Sebagai solusi, berikut cara mengatasi lampu indikator mobil menyala terus.

 

5 Cara Mengatasi Lampu Indikator Mobil Menyala Terus

1. Lakukan Servis secara Berkala

Pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan servis secara berkala. Seperti yang kita tahu, servis mesin kendaraan memang sangat dibutuhkan.

Dengan cara ini kita dapat mengontrol kondisi mesin secara rutin, serta memperbaiki komponen kendaraan yang rusak. Jangan lupa, tanyakan perihal lampu indikator yang menyala kepada montir.

Jika Anda melakukan servis di bengkel resmi, biasanya montir yang bekerja di dalamnya dapat kita percaya. Hindari servis mobil di bengkel abal-abal, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Pastikan Aki Mobil Prima

Dalam beberapa kasus, sering kali ditemukan masalah aki mobil soak. Entah itu karena mesin yang jarang dipanasi, atau pintu yang tidak tertutup rapat hingga lampu mobil menyala seharian.

Kendala semacam ini nyatanya dapat mengakibatkan lampu indikator menyala terus, lho. Karena itu, pastikan aki mobil Anda tetap dalam kondisi prima. Cara pengecekannya pun terbilang mudah.

Pertama, lepaskan kepala aki yang bertanda minus. Kemudian, kendorkan dan angkat kepala aki secara perlahan. Diamkan selama kurang 5 menit, lalu pasang kembali aki dan nyalakan mobil.

Baca juga: Segera Cek Kondisi Mobil Jika Lampu Indikator ini Menyala!

3. Rajin-Rajin Membersihkan Busi

Cara mengatasi lampu indikator menyala terus lainnya adalah rajin-rajin membersihkan busi. Benar sekali, bagian busi memang sangat penting untuk menunjang performa mesin kendaraan kita.

Apabila busi tersebut rusak atau kotor, biasanya lampu indikator mobil akan menyala. Dengan membersihkan busi secara rutin, masalah semacam ini tentunya bisa kita hindari bukan?

4. Cek Kondisi Filter Udara

Siapa bilang filter udara yang rusak tidak menyebabkan indikator mobil menyala? Nyatanya jika filter udara rusak atau kotor oleh debu, sensor oksigen pada mobil tidak bekerja secara optimal.

Perlu Anda ketahui, salah satu penunjuk indikator yang tersedia pada dashboard mobil ialah sensor oksigen. Apabila lampu indikator ini menyala, bisa jadi penyebabnya adalah filter udara yang kotor.

5. Tutup Rapat Tangki Bensin

Terakhir, cara mengatasi lampu indikator mobil menyala terus ialah dengan menutup rapat tangki bensin. Hal ini memang terdengar sepele, namun kerap kali diabaikan oleh pemilik kendaraan.

Pada dashboard mobil, salah satu penunjuk indikator yang tersedia adalah tangki bensin. Jika bagian ini kurang tertutup rapat, terang saja lampu indikator tersebut tidak akan mati dan terus menyala.

Demikian beberapa cara mengatasi lampu indikator mobil menyala terus yang bisa Anda coba. Ingat, daftarkan kendaraan Anda dengan asuransi mobil terpercaya untuk memastikan keamanannya.

Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *