Simak Tips Mudah Cara Mengemudi Mobil Manual!

Mei - 23
2021
cara mengemudi mobil manual

Simak Tips Mudah Cara Mengemudi Mobil Manual!

Meskipun sudah banyak mobil matic yang diproduksi, tetap saja kalian harus mempelajari cara mengemudi mobil manual. Tujuannya adalah berjaga-jaga jika kondisi memaksa kalian untuk menyetir mobil manual, kalian bisa melakukannya. Mengemudi mobil manual memang agak sedikit lebih sulit jika dibandingkan dengan mobil matic. Mari kita pelajari cara-caranya di artikel ini!

Cara mengemudi mobil manual yang baik dan benar

Daya tahan mobil manual biasanya lebih baik jika dibandingkan dengan mobil matic. yang perlu banyak perawatan agar menjaga performa mobil. Oleh karena itu bagi kalian yang memiliki mobil manual, simak cara-cara mengendarainya di bawah ini ya!

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

– Kenali elemen penting dalam mobil manual

Elemen penting yang harus kalian perhatikan adalah pedal gas, kopling, rem dan tuas untuk memindahkan gigi. Pastikan kalian sudah mengetahui bagaimana cara memindahkan gigi dengan benar.

– Atur posisi duduk senyaman mungkin

Pastikan posisi duduk kalian mendukung pergerakan kaki untuk menginjak pedal. Kalian bisa mengatur mau seberapa maju kursi kalian agar kaki dapat mencapai pedal. Pastikan juga posisi duduk tidak membuat kaki pegal.

– Menghidupkan mesin mobil

Pastikan posisi gigi netral dan pedal kopling diinjak saat menyalakan mesin mobil. Tujuan kalian menginjak kopling adalah untuk berjaga-jaga jika posisi gigi lupa dibuat netral mobil tidak melompat ke depan.

– Injak kopling saat ingin memindahkan gigi

Setiap kalian ingin memindahkan gigi, pastikan pedal kopling terinjak ya. Pindahkan posisi gigi ke gigi 1 dan lepas injakan pedal kopling secara perlahan. Jika proses yang kalian lakukan benar, maka mesin mobil tidak akan mati dan mobil dapat berjalan.

– Pindahkan gigi ke gigi selanjutnya jika tarikan mesin sudah berat

Jika mobil sudah berjalan, dan kecepatan terus bertambah maka kalian harus memindahkan gigi ke posisi yang lebih tinggi. Jangan lupa untuk selalu menginjak kopling saat ingin memindahkan gigi.

– Turunkan gigi jika tarikan mesin sudah berat

Jika posisi gigi masih di 3 dan kecepatan mesin sudah turun maka otomatis tarikan mesin akan terasa berat. Pada saat itulah kalian harus mengganti gigi ke posisi yang lebih rendah. Ingat selalu injak kopling saat memindahkan gigi.

– Arahkan fokus mata ke jalan saat mengganti gigi

Ini dia biasanya kesalahan yang sangat sering dilakukan oleh pemula. Pada saat memindahkan gigi, usahakan mata kalian terus menatap ke jalanann. Hafalkan dan biasakan tangan kalian untuk memindahkan gigi tanpa harus melihat.

 

Baca juga artikel otomotif kami lainnya:

10 Coolant Radiator Mobil Terbaik dan Terlaku di Tahun 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *