Cara Menghemat Bahan Bakar Harian Untuk Kendaraan Anda

Apr - 04
2021
cara menghemat bahan bakar

Cara Menghemat Bahan Bakar Harian Untuk Kendaraan Anda

Menghemat bahan bakar pada kendaraan pribadi ternyata tidak hanya mengurangi beban biaya dan membuat lebih hemat. Melainkan Anda juga ikut mengurangi polusi udara hingga 20% dengan konsumsi bahan bakar yang efisien. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi konsumsi bahan bakar kendaraan komersial, seperti spesifikasi kendaraan, usia kendaraan, jenis usaha dan bobot muatan, rute perjalanan, perawatan harian dan bulanan, serta cara mengemudi. Berikut adalah 10 cara menghemat bahan bakar kendaraan untuk Anda.

Cara Menghemat Bahan Bakar Harian

cara hemat bbm

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Service Kendaraan Secara Berkala

Melakukan service kendaraan secara rutin bisa menghemat penggunaan bahan bakar lho. Lakukan service setiap 3 bulan sekali atau setiap penggunaan mencapai 5000 km. Dengan melakukan service secara berkala, maka semua komponen dalam mobil akan diperiksa dengan detail, termasuk saluran bahan bakar sehingga kondisinya terjaga dengan baik dan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit serta efisien.

Periksa Tekanan Angin Pada Ban

Tekanan angin dalam ban juga wajib dicek secara berkala karena setiap kali roda berputar maka permukaan ban yang menapak di jalan akan menopang berat kendaraan. Dalam dunia otomotif, hal ini disebut sebagai rolling resistance. Tekanan angin pada ban yang tidak sesuai akan membuat tahanan gulir membesar dan mengakibatkan pemborosan bahan bakar. Secara natural, tekanan angin berkurang 2 psi setiap bulan rata-rata pada ban. Jadi pastikan untuk selalu periksa tekanan angin pada ban terpakai ataupun cadangan di bagasi.

Perhatikan Penggunaan AC

Cara menghemat bahan bakar lainnya adalah dengan memperhatikan penggunaan AC. Sebenarnya, AC adalah salah satu komponen yang menghabiskan bahan bakar. Saat AC dinyalakan, untuk menggerakkan kompresor dan sistem terkait, tenaga mesin yang diambil oleh sistem AC mencapai 5 PK lho. Jadi, jangan nyalakan AC sebelum udara panas dalam mobil benar-benar keluar. 

Perhatikan Filter Udara

Filter udara yang kotor pada kendaraan akan membuat bahan bakar lebih boros karena membuat mesin bekerja lebih berat untuk menghisap udara bersih. Jasi, sebaiknya bersihkan filter udara setiap 2.000-3.000 km atau ganti jika pemakaiannya sudah terlalu lama. Filter udara juga penting untuk kesehatan selama Anda berada di dalam kendaraan.

Atur rute perjalanan yang efisien dan hindari jam sibuk

Mesin mobil akan mendingin dan diperlukan bahan bakar lebih saat mesin dipanaskan. Jika dalam 1 hari, Anda harus mengunjungi 5 tempat, maka bisa dibayangkan berapa liter bensin yang terkuras untuk memanaskan mesin mobil. Jadi, jika memungkinkan, ubah jadwal perjalanan Anda agar dalam 1 hari hanya ke 1 atau 2 tempat. Kemudian, berkendara di jam-jam sibuk yang macet juga membuat bahan bakar menjadi boros karena setiap kali mobil berhenti dan mulai memasukan gigi untuk jalan kembali, mesin akan mengkonsumsi bahan bakar lebih banyak untuk bergerak.

Kurangi Beban Pada Kendaraan

Cara menghemat bahan bakar juga bisa dilakukan dengan mengurangi beban pada kendaraan. Setiap beban seberat 50 kg di mobil, kendaraan akan lebih boros bahan bakar sekitar 1-2%. Selain itu, kurangi beban kendaraan dengan cara mengisi bahan bakar setengah penuh saja. Karena dengan membawa barang yang beratnya kurang lebih 100 kg, akan meningkatkan konsumsi bahan bakar sekitar 3%. Terlalu banyak beban yang ada pada mobil akan mempengaruhi pemakaian bahan bakar.

Atur peningkatan laju kendaraan secara halus

Langkah tepat saat bepergian adalah atur kendaraan supaya berada pada kecepatan konstan agar konsumsi bahan bakar tetap stabil. Kemudian, jangan abaikan rambu yang menganjurkan batas kecepatan maksimum, sebab hal tersebut berpengaruh pada konsumsi bahan bakar mobil Anda.

Perhatikan perbandingan konsumsi BBM saat membeli mobil

Setiap kendaraan memiliki kebutuhan bahan bakar yang berbeda. Umumnya, mobil kecil tipe city car lebih ekonomis untuk di perkotaan. Sedangkan untuk mobil MPV dan SUV akan lebih ekonomis untuk bepergian ke luar kota.

Cara menghemat bahan bakar di atas bisa Anda lakukan agar lebih hemat dan juga berkendara bisa lebih aman. Jika Anda sedang mencari perlindungan asuransi untuk mobil, cekpremi.com menyediakan berbagai pilihan asuransi terbaik untuk Anda.

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *