Simak Cara Menghitung Denda Pajak Motor

cara menghitung denda pajak motor

Tentunya sebagai warga Indonesia yang baik, kita wajib membayar pajak tepat pada waktunya. Namun seringkali dikarenakan kesibukan, kita lupa untuk membayar pajak. Otomatis jika kita telat membayar pajak, maka kita akan dikenakan sejumlah denda. Semakin lama kalian telat membayar maka akan semakin besar pula denda yang dikenakan. Bagi kalian yang terlanjur terkena denda, simak cara menghitung denda pajak motor yang benar di artikel ini! Jangan sampai kalian dikenakan biaya lebih karena tidak tahu bagaimana perhitungan denda pajak motor.

Akibat jika terkena denda, namun denda tetap tidak dibayarkan

Berikut adalah berbagai kemungkinan yang bisa terjadi jika kalian telat membayar denda. Tentunya kalian tidak mau bukan saat berkendara diselimuti oleh perasaan was-was karena STNK yang dimiliki mati? Tidak hanya kemungkinan ditilang simak apa saja resiko yang bisa terjadi kepada kalian:

– Denda yang dikenakan akan semakin besar
– STNK mati dan dianggap tidak valid
– Resiko ditilang akan semakin tinggi

Cara menghitung denda pajak motor

Denda akan dikenakan jika kalian telat membayar lebih dari 1 hari. Jika kalian telat lagi membayar hingga bulan ke-2 maka kalian akan dikenakan denda lagi. Berikut rincian cara menghitungnya:

– Terlambat kurang dari sebulan

Besaran denda yang akan dikenakan adalah sebesar 25% dari tarif pajak yang tertera di STNK

– Terlambat lebih dari sebulan

Berikut contoh simulasi perhitungannya:

2 bulan: PKB x 25% x 2/12 + denda SWKDKLLJ
6 bulan: PKB x 25% x 6/12 + denda SWKDKLLJ
1 tahun: PKB x 25% x 12/12 + denda SWKDKLLJ
2 tahun: 2 x PKB x 25% x 12/12 + denda SWKDKLLJ

Besaran dari SWDKLLJ adalah sebesar Rp 32.000 untuk motor.

Jika kalian telat bertahun-tahun maka besaran denda maksimal yang dikenakan adalah sebesar 48% Jadi pastikan kalian membayar pajak selalu tepat waktu ya!

Berikan asuransi kepada motor kesayangan kalian

asuransi motor

Jika kalian masih ada dana lebih, ada baiknya memberikan proteksi berupa asuransi kepada motor kesayangan kalian. Dengan memberikan asuransi, maka segala resiko kerugian biaya akibat kerusakan motor dapat ditanggung oleh perusahaan asuransi, jadi keuangan kalian pun akan lebih aman.

Pilih berbagai pilihan produk asuransi motor yang terpercaya di Cekpremi!