9 Cara Mengusir Lalat dari Rumah dengan Bahan Alami

Mei - 23
2021
cara mengusir lalat dari rumah

9 Cara Mengusir Lalat dari Rumah dengan Bahan Alami

Kehadiran lalat di lingkungan tempat tinggal memang menjijikkan. Sebagai hewan sumber penyakit, penting untuk mengetahui cara mengusir lalat dari rumah demi menjaga kesehatan keluarga.

Lalat merupakan serangga yang kerap menempel pada kotoran dan sampah, sehingga kehadirannya di rumah kerap kali dianggap sebagai hama serta dapat mengundang berbagai penyakit.

Lalat yang menempel pada makanan tentu bisa menjadi sumber bakteri. Untuk menghindari hal tersebut, berikut beberapa bahan alami yang bisa digunakan sebagai pengusir lalat.

Inilah Cara Mengusir Lalat dari Rumah dengan Bahan Alami

1. Garam

Siapa bilang garam hanya berfungsi sebagai penyedap makanan? Dewasa ini, garam juga bermanfaat sebagai cara mengusir lalat dari rumah tanpa bahan kimia sehingga aman bagi kesehatan.

Langkah penggunaannya pun mudah, Anda bisa menaburkan garam pada area-area yang sering dihinggapi lala seperti di sekitar tudung saji, tempat sampah dan sebagainya.

2. Daun Pandan

Menurut pakar, salah satu aroma yang paling dibenci oleh hewan lalat adalah wangi daun pandan. Sensor motorik yang terdapat pada tubuh lalat bisa terganggu akibat aroma daun yang satu ini!

Sehingga untuk mengusir serangga tersebut dari rumah, Anda bisa menempatkan irisan daun pandan di wadah lalu tempatkan pada daerah-daerah yang sering dihinggapi lalat.

3. Mentimun

Sama seperti garam dan daun pandan, timun adalah bahan alami yang ampuh digunakan sebagai cara mengusir lalat dari rumah. Langkah penggunaan sayur/buah ini pun terbilang sangat mudah.

Letakkan irisan timun di tempat yang sering didatangi lalat. Sebab mentimun memiliki kandungan air yang banyak, ganti irisan tersebut dengan potongan baru jika warna mentimun telah berubah.

4. Jahe

Jahe memiliki aroma yang cukup kuat. Selain itu, rempah-rempah yang satu ini juga memiliki kandungan alami yang ampuh untuk mengusir kawanan lalat selamanya dari hunian.

Cara yang satu ini juga cukup praktis, Anda hanya perlu mencampurkan satu sendok teh jahe bubuk dengan air dan pindahkan ke botol semprot. Lalu, semprotkan pada area yang sering didatangi lalat.

5. Bawang Putih

Untuk mengaplikasikan cara mengusir lalat dari rumah yang satu ini, Anda bisa mencampurkan bawang putih dengan kayu manis, bubuk cabai untuk dijadikan semprotan pengusir lalat.

Campurkan ketiga bahan tersebut dengan air bersih. Sebelum kita tuangkan pada botol semprot, pastikan Anda menyaringnya terlebih dahulu sampai benar-benar halus.

6. Plastik Berisi Air

Plastik berisi air dipercaya mampu mengelabui penglihatan lalat. Karena itu, isilah plastik dengan air dan gantungkan pada tempat-tempat berkumpulnya hewan tersebut.

Sebagai informasi, lalat memiliki 3.000 – 6.000 mata pada setiap indera penglihatannya. Dengan menggunakan cara ini, penglihatan lalat menjadi tidak fokus dan bisa membuatnya pergi.

7. Minyak Aromaterapi

Bahan terakhir yang bisa digunakan sebagai cara mengusir lalat dari rumah adalah minyak aromaterapi. Caranya, isi botol semprot dengan air dan tambahkan minyak aromaterapi secukupnya.

Demikian beberapa tips mengusir lalat yang bisa dicoba. Agar kenyamanan dan keamanan keluarga semakin terjaga, jangan lupa daftarkan hunian Anda dengan polis asuransi properti terpercaya, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

asuransi properti cekpremi