Terapkan 5 Cara Merawat Aki Mobil agar Aki Tidak Soak!

Apr - 13
2021
5 cara merawat aki mobil

Terapkan 5 Cara Merawat Aki Mobil agar Aki Tidak Soak!

Aki pada kendaraan mobil merupakan sebuah komponen penting yang berperan menyalurkan daya listrik ke komponen mobil lainnya. Apabila aki dirawat dengan baik maka aki dapat bertahan hingga 3 -5 tahun. Bahkan jika kondisi aki pada mobil tidak dirawat dengan baik maka besar kemungkinan mobil tidak bisa dinyalakan mesinnya. Melihat betapa pentingnya aki dalam sebuah mobil, kami akan merangkum kan apa saja cara merawat aki mobil agar aki mobil tidak cepat soak. Simak selengkapnya di artikel bawah ini:

1. Cek kondisi aki secara rutin

Cek kondisi aki setidaknya 3 bulan sekali untuk memastikan daya pada aki masih dapat digunakan dengan baik. Gunakan alat battery load tester untuk mengecek daya aki. Jika kalian menggunakan aki basa maka kalian harus cek cairan elektrolit. Jika cairan ada di bawah batas normal segera isi kembali.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

2. Bersihkan aki secara rutin

jamur pada aki mobil

Cara selanjutnya yang bisa kalian terapkan adalah dengan membersihkan bagian terminal aki secara rutin. Seringkali di bagian terminal, muncul jamur dan karat yang dapat berpengaruh ke umur aki. Bersihkan dengan air panas sembari disikat perlahan menggunakan sikat gigi.

Perhatikan juga apabila terjadi pengenduran di bagian terminal segera kencangkan. Jika sulit untuk dikencangkan maka itu merupakan tanda kalian harus mengganti aki mobil.

3. Panaskan mobil

Selain untuk membuat oli tersebar secara merata, ternyata pemanasan mesin juga dapat menjaga umur aki menjadi lebih lama. Aki yang tidak pernah dipanaskan maka akan cepat soak dan tekor. Panaskan mobil selama 5-10 menit untuk pemanasan aki yang maksimal.

4. Perhatikan proses pengisian aki

indikator aki mobil

Ketika mobil dinyalakan maka energi pada aki mobil akan terisi secara otomatis. Jika pada saat menyalakan mobil kalian melihat indikator baterai menyala, maka itu tandanya pengisian energi tidak berjalan dengan baik.

Ada satu cara lagi yang bisa kalian praktikkan yaitu dengan melepaskan terminal kutub saat mesin menyala, jika mesin mati maka terdapat masalah dalam sistem pengisian aki.

5. Jangan nyalakan AC saat kondisi mesin mati

menyalakan ac saat mobil mati

Daya yang dibutuhkan untuk menyalakan AC sangatlah besar, apalagi saat mesin dalam posisi mati. Jika kalian menyalakan AC saat mesin mati maka besar kemungkinan energi yang terdapat pada aki cepat habis. Oleh karena itu sering terjadi mesin mobil tidak dapat dinyalakan karena menggunakan AC saat mesin mati.

Baca juga artikel kami lainnya tentang perawatan mobil:

Lakukan 6 Hal Krusial ini saat Merawat Mobil Matic!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *