Mudah! Begini 5 Cara Merawat Mesin Mobil untuk Pemula

Mei - 09
2021
cara merawat mesin mobil

Mudah! Begini 5 Cara Merawat Mesin Mobil untuk Pemula

Membeli kendaraan pribadi bukan perkara kemampuan finansial saja, seorang pengendara juga harus mengetahui cara merawat mesin mobil agar tetap awet dan berfungsi secara optimal.

Terlebih bagi pengendara baru. Mengingat rumitnya komponen yang terdapat pada mesin mobil, hal-hal semacam ini tentu tidak mudah untuk dipelajari dalam waktu singkat.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Kendati demikian, Anda tidak perlu khawatir. Untuk menjaga performa mesin kendaraan tetap prima, berikut beberapa cara merawat mesin mobil untuk pemula yang bisa dipraktikkan.

5 Cara Merawat Mesin Mobil untuk Pemula

1. Ganti Oli secara Berkala

Salah satu pengetahuan terkait mesin mobil yang perlu diketahui pengendara baru adalah performa oli. Menurut pakar otomotif, oli kendaraan harus diganti setidaknya setiap 5.000 – 10.000 km.

Mengapa komponen ini penting? Sebab oli mobil berfungsi untuk melindungi mesin kendaraan agar awet dan optimal. Jika olinya bersih, maka mobil kita akan lebih nyaman dan aman dikendarai.

Salah satu cara mengetahui kondisi oli mobil ialah dengan meneteskan sedikit cairan tersebut ke tangan, lalu rasakan apakah ada serpihan halus atau kotoran di dalamnya atau tidak.

2. Isi Air Radiator Mobil

Selain mengganti oli, cara merawat mesin mobil selanjutnya adalah dengan mengisi air radiator kendaraan. Mirip seperti langkah sebelumnya, cara ini juga penting Anda lakukan secara berkala.

Air radiator sendiri berguna untuk mendinginkan mesin saat sedang bekerja. Pastikan Anda mengisi air di tabung radiator secara berkala agar mesin mobil dapat bekerja dengan baik.

3. Periksa Kelayakan Kopling

Bagi pengendara mobil transmisi manual, pengetahuan terkait kelayakan kopling penting diketahui. Komponen ini berfungsi untuk memperlancar gigi saat mobil sedang digunakan.

Apabila kopling kendaraan tersebut aus, perpindahan gigi mobil akan terasa cukup berat sehingga mampu mengganggu kenyamanan kita dalam berkendara.

Bagaimana cara mengetahui kopling yang aus? Cukup mudah, hal ini dapat kita tandai dari fungsi persneling yang sulit dikendalikan. Jika hal tersebut terjadi, segera bawa mobil ke bengkel ya!

4. Pastikan Air Aki Cukup

Selanjutnya, cara merawat mesin mobil untuk pemula ialah memeriksa kondisi aki kendaraan. Pastikan air aki mobil Anda berada pada level yang tepat, yakni berada di antara garis penanda.

Jika kondisinya agak sulit terlihat, memeriksa kelayakan aki juga bisa kita lakukan menggunakan mesin voltmeter. Dengan cara ini, tegangan aki mobil bisa diketahui secara mudah dan cepat.

5. Cek Kondisi Kabel dan Lampu

Sebab terdengar cukup sepele, banyak sekali pengendara baru yang mengabaikan kondisi kabel dan lampu kendaraannya. Padahal, komponen ini juga tak kalah penting dibanding komponen lainnya.

Ada baiknya perbaiki kabel-kabel kendaraan yang kendur, serta ganti lampu mobil yang redup secara berkala. Selain semakin nyaman, hal ini juga mampu menjaga keamanan Anda dalam berkendara.

Nah, itu tadi beberapa cara merawat mesin mobil untuk pemula yang patut diketahui. Agar keamanan semakin terjamin, yuk daftarkan kendaraan dengan asuransi mobil terpercaya!

Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *