9 Cara Merawat Mobil yang Benar, Biar Tetap Awet!

Apr - 13
2021
Cara Merawat Mobil yang Benar

9 Cara Merawat Mobil yang Benar, Biar Tetap Awet!

Cara merawat mobil yang benar penting untuk kita laksanakan. Hal ini berguna demi membuat badan dan mesin kendaraan senantiasa awet, serta menjaga harga jualnya agar tetap mahal.

Seperti yang kita ketahui, pasar mobil bekas di Indonesia tak pernah sepi dari peminat. Jika ingin harga jual mobil tetap tinggi, kendaraan yang kita punya harus terus dirawat dan dijaga kondisinya.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Lagipula jika kondisi kendaraan kita prima, mobil tersebut akan tetap nyaman dikendarai walau sudah berusia tua. Lantas, bagaimana sih cara merawat mobil yang benar? Berikut selengkapnya.

9 Cara Merawat Mobil yang Benar agar Tetap Awet

1. Ganti Oli secara Rutin

Tip yang satu ini merupakan cara paling awam, yang bisa dilakukan pemilik kendaraan jika ingin mobilnya tetap prima. Biasanya, orang mengganti oli setiap 6 bulan atau per 10.000 km sekali.

Menurut pakar bila mobil sering digunakan di jalanan yang macet, gantilah oli setiap 5.000 km. Jika mesin terasa kasar dan olinya menghitam, itu juga bisa menjadi tanda untuk mengganti oli, lho!

Baca juga: 7 Cara Merawat Cat Mobil yang Aman agar Tetap Mengkilap

2. Servis dan Tune up di Dealer Resmi

Ingin servis dan tune up mesin? Lakukan di dealer resmi sesuai pabrikan mobil, ya! Hal ini sepele, namun sangat penting. Pasalnya, kualitas dan pelayanan dealer resmi memiliki standar tersendiri.

Bila Anda melakukan servis dan tune up di bengkel biasa, pastikan spare part dan bahan yang digunakan benar-benar asli. Hal ini dimaksudkan, untuk menghindari kerusakan pada mesin mobil.

3. Periksa Kondisi Kopling dan Rem

Tidak cuma oli, mengecek kondisi kopling dan rem juga penting dilakukan sebagai cara merawat mobil yang benar. Jika perpindahan gigi terasa berat, itu saatnya Anda mengganti kampas kopling.

Disarankan saat kilometer mobil sudah mencapai 10 – 50 ribu, ganti kampas-kampas kopling yang aus jadi lebih baru. Cek pula kondisi rem setiap kilometernya sudah mencapai 20 ribu.

4. Ganti dan Isi Air Radiator

Salah satu penyebab mesin mobil mogok adalah habisnya air radiator. Jika terus-menerus dibiarkan, kondisi ini akan menjadi semakin parah dan berdampak pada sistem mobil secara keseluruhan.

Untuk menghindari hal itu, cek dan isi ulang air radiator mobil secara berkala. Jangan lupa, isi bagian tersebut dengan cairan coolant yang direkomendasikan agar kondisi mesin senantiasa terjaga.

Baca juga: Mudah! Begini 5 Cara Merawat Mesin Mobil untuk Pemula

5. Pastikan Aki Tidak Aus

Setelah mengecek air radiator, pastika air mobil berada pada level yang seharusnya. Pada bodi aki tersebut tersedia garis indikator (batas penanda) yang bisa Anda dijadikan sebagai patokan.

Sedang untuk mengetahui kondisi kelayakan aki, kita bisa mengujinya menggunakan alat pengukur voltmeter. Cukup mudah ‘kan, cara merawat mobil yang satu ini?

6. Cek Kondisi Kabel dan Lampu

Kabel-kabel yang terdapat pada mesin mobil tentu sangat banyak. Jika kinerjanya kendaraan terasa kurang prima, bisa jadi ada masalah pada kabel mesin tersebut.

Sebaiknya, segera periksakan kondisi mobil ke dealer resmi. Jangan lupa, periksa juga apakah lampu mobil masih dalam keadaan layak. Jika tidak, gantilah dengan yang baru sesuai rekomendasi pabrik.

7. Cek Kondisi Ban dan Tekanannya

Untuk menjamin keselamatan dalam berkendara, mengecek kondisi ban dan tekanannya sangat penting dilakukan. Tindakan ini seharusnya menjadi kebiasaan rutin minimal satu bulan sekali.

Terlebih jika Anda ingin melakukan perjalanan jauh. Selain memeriksa kelayakan ban, menyediakan ban serap atau cadangan sangat patut diperhitungkan sebagai langkah antisipasi.

Baca juga: 5 Cara Merawat Motor Klasik Honda yang Praktis dan Murah

8. Bersihkan Interior dan Eksterior Mobil

Supaya tetap kinclong dan nyaman digunakan, cara membersihkan mobil yang benar berikutnya adalah dengan membersihkan interior serta eksterior kendaraan.

Lagi-lagi, hal ini sangat sepele namun sangat sering kita lupakan. Padahal, mencuci mobil sendiri dapat menjaga keremajaan bodi. Hal ini juga berguna untuk mencegah timbulnya jamur dan karat.

9. Pilih Bahan Bakar Beroktan Tinggi

Dalam bahan bakar beroktan tinggi terdapat zat-zat yang berguna untuk meremajakan mesin. Karena itu, bahan bakar berjenis ini sangat direkomendasikan agar kondisi mobil tetap awet.

Itu tadi beberapa cara merawat mobil yang benar dan mudah. Jangan lupa, daftarkan kendaraan Anda dengan asuransi mobil terpercaya agar keamanannya senantiasa terjaga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *