5 Cara Merawat Motor Klasik Honda yang Praktis dan Murah

Jul - 04
2021
Motor klasik honda

5 Cara Merawat Motor Klasik Honda yang Praktis dan Murah

Otomotif merupakan salah satu hobi yang cukup menguras isi dompet. Apalagi jika berbicara motor klasik Honda, komponennya yang sudah jarang membuat harga peranti tersebut tak lagi murah.

Honda adalah salah satu produsen motor yang sangat populer di dunia. Pabrikan asal Negeri Sakura ini memang terkenal akan produknya yang kuat, bertenaga, serta memiliki tampilan yang menawan.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Karena itu, tak heran jika ada banyak orang tertarik memiliki motor klasik Honda. Namun agar biaya perawatannya tidak membuat kantong kempis, berikut lima cara yang bisa Anda coba.

Begini 5 Cara Merawat Motor Klasik Honda

Cara merawat motor klasik memang berbeda dengan motor keluaran sekarang. Sebab dibuat dengan komponen lawas, karakteristik mesin dan rangka motornya tergolong cukup rentan.

Karena itu, merawat motor klasik Honda tak boleh dilakukan serampangan. Meski harus dikerjakan secara teliti, cara merawat motor klasik atau jadul tak selamanya menelan biaya yang mahal!

1. Kenali Kemampuan Motor

Bukan cuma Honda, semua jenis dan merek motor harus digunakan sesuai dengan kapasitas serta kemampuannya. Sebab jika dipaksakan, mesin motor tersebut tentu akan rusak bahkan mati total.

Apalagi berbicara soal motor klasik yang daya tahannya tak lagi prima. Mengenali kemampuan motor tersebut merupakan cara terbaik, untuk menjaga keremajaan dan performanya.

2. Periksa Oli secara Rutin

Memeriksa oli secara rutin sangatlah penting, agar motor klasik Honda dapat digunakan dalam waktu lama. Terlebih, umumnya jenis motor lawas tidak dilengkapi dengan sistem pendinginan.

Jika tidak diganti secara rutin, maka risiko terjadinya overheat akan meningkat. Durasi penggantian oli di setiap motor berbeda-beda, bisa sebulan sekali, tiga bulan sekali, atau enam bulan sekali.

3. Cek Berkala Pengapian

Pengapian merupakan bagian yang sangat penting dari kendaraan roda dua. Mirip seperti mengganti oli, dengan sistem pengapian yang baik mesin menjadi tidak mudah panas dan overheat.

Sebab mayoritas motor Honda klasik menggunakan sistem platina, mengecek bagian pengapian kendaraan tersebut sangat dibutuhkan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada mesin.

4. Rajin Panaskan Mesin

Kebiasaan yang satu ini cukup simpel, meski begitu banyak pula orang yang masih mengabaikannya. Untuk jenis motor tua, kegiataan satu ini sangat dianjurkan untuk menjaga performa kendaraan.

Menurut ahli otomotif, memanaskan mesin berfungsi melancarkan kinerja serta daya pacu motor tersebut. Sehingga, langkah ini sangat cocok digunakan sebagai cara merawat motor klasik Honda.

5. Kuras Semua Cairan

Coba perhatikan, apakah tujuan Anda membeli motor klasik Honda untuk dijadikan koleksi dan pajangan? Jika iya, maka cara merawat motor tersebut ialah dengan menguras semua cairannya.

Bensin atau oli mesin dapat mengendap jika dibiarkan dalam waktu lama. Sebab itu, mengosongkan kedua jenis cairan ini sangat penting untuk menjaga kondisi mesin serta komponen lainnya.

Nah, itu tadi beberapa cara mudah dalam merawat motor klasik Honda. Jangan lupa, daftarkan kendaraan Anda dengan asuransi motor terpercaya, agar keamanannya semakin terjaga ya.

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *