Terapkan 7 Cara Merawat Organ Pernapasan Agar Sehat Selalu!

Mei - 25
2021

Terapkan 7 Cara Merawat Organ Pernapasan Agar Sehat Selalu!

Organ pernapasan merupakan salah satu organ penting yang ada di dalam tubuh kita dan harus selalu dijaga. Jika organ pernapasan rusak, maka tubuh kita tidak mampu memompa oksigen dan akhirnya pembuluh darah tidak bisa bekerja. Penting sekali untuk selalu menjaga kesehatan organ pernapasan kita. Mari simak apa saja cara merawat organ pernapasan di artikel ini!

7 cara merawat organ pernapasan

– Berhenti merokok

berhenti merokok

Merokok merupakan ancaman utama bagi kesehatan paru-paru, asap rokok dapat membuat paru-paru menghitam dan tidak dapat berfungsi lagi dengan baik. Jika kalian perokok berat maka disarankan untuk mengurangi secara perlahan-lahan hingga berhenti total. Jika mulut terasa asam karena tidak merokok, belilah permen mint untuk mengurangi rasa asam di mulut.

– Kurangi intensitas minum alkohol

minuman alkohol

Alkohol yang dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan organ pernapasan seperti paru-paru tersumbat. Jika minum alkohol sudah menjadi kebiasaan, maka usahakan ganti alkohol dengan air putih, jus buah, dan juga susu. Pastikan kalian mengontrol rasa nafsu kalian terhadap alkohol. Jika organ pernapasan sudah rusak, maka biaya berobat tidaklah murah loh!

– Jauhi asap rokok

menjauhi asap rokok

Jika lingkungan tempat kalian tinggal banyak perokok, maka usahakan kalian menjauh dari mereka. Karena asap rokok yang kalian hisap, perlahan-lahan juga dapat merusak organ pernapasan kalian. Pastikan jika ada orang yang sedang merokok, kalian tidak di dekat mereka ya!

– Gunakan masker jika ada di daerah berpolusi

memakai masker

Masker dapat membantu menyaring udara kotor yang ada di daerah berpolusi. Pastikan udara kotor itu tidak masuk ke pernapasan dan merusak organ kalian. Gunakan masker yang terbukti mampu menyaring udara dengan baik ya! Hindari penggunaan masker scuba atau masker yang tipis.

Baca juga artikel kesehatan kami lainnya:

10 Cara Alami Menyembuhkan Mata Minus, Tanpa Kacamata!

– Berolahraga rutin

olahraga rutin

Olahraga memang sumber penangkal segala penyakit, jika kita berolahraga dengan rutin otomatis pernapasan kita jadi lebih kuat. Tidak hanya itu saja berolahraga dapat menjaga kesehatan jantung kalian juga loh!

– Usahakan menanam tanaman hijau di rumah

tanaman hijau di rumah

Jika kalian tinggal di daerah perkotaan, maka usahakan rumah kalian terdapat tanaman hijau. Semakin terbatasnya ruang hijau di kota membuat polusi udara semakin meningkat, kalian bisa mengakalinya dengan menanam tanaman hijau di rumah kalian.

– Atur pola makan

pola makan sehat

Usahakan untuk tidak banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung pemanis buatan. Selain bisa menyebabkan diabetes, pemanis buatan juga dapat mengganggu kesehatan organ pernapasan kalian. Pastikan kalian mengkonsumsi makanan seperti keju, ikan, kacang dan juga daging merah.

 

Pastikan biaya berobat terlindungi dengan adanya asuransi!

Kesehatan merupakan hal termahal yang ada di dalam hidup seseorang. Jika tubuh terkena penyakit tentunya bisa menghalangi aktivitas-aktivitas kita, oleh karena itulah biasanya biaya berobat tidaklah murah.

Kalian bisa mendaftarkan diri kalian ke BPJS untuk keringanan biaya berobat, namun BPJS sayangnya tidak memberikan akses ke semua obat yang tersedia di dunia medis, oleh karena itu pastikan juga untuk mendaftarkan diri kalian ke asuransi kesehatan milik swasta! Kalian bisa mendapatkan keuntungan yang tidak kalian dapatkan dari BPJS loh.

Pilih dan bandingkan berbagai produk asuransi kesehatan yang terpercaya hanya di Cekpremi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner asuransi covid