Cara Merawat Wiper Mobil agar Awet dan Tetap Fungsional

Mei - 07
2021
cara merawat wiper mobil

Cara Merawat Wiper Mobil agar Awet dan Tetap Fungsional

Meski terdengar sepele, nyatanya tidak semua pengendara tahu cara merawat wiper mobil yang benar. Padahal komponen yang satu ini sangat penting, terutama untuk menjaga kebersihan kaca.

Seperti namanya, wiper berfungsi sebagai alat pembersih debu, kotoran dan noda yang menempel pada kaca depan mobil. Alat ini juga berguna sebagai penghalau air hujan saat kita berkendara.

Karena itu alangkah sangat berbahayanya jika mengemudi dalam kondisi hujan, namun wiper mobil tidak berfungsi secara optimal. Untuk menghindari risiko tersebut, yuk baca tipsnya di bawah ini!

 

Inilah Cara Merawat Wiper Mobil yang Benar

Cara merawat wiper mobil sejatinya bisa kita lakukan sendiri di rumah kok. Asal rajin dan teratur, cara-cara berikut ini agaknya ampuh untuk menjaga kondisi wiper agar tetap fungsional, seperti:

1. Hindari Mengelap Bagian Karet Wiper

Salah satu kebiasaan salah yang sering dilakukan masyarakat adalah mengelap bagian karet wiper. Alih-alih membuat alat tersebut jadi awet, tindakan ini justru membuat wiper semakin mudah rusak.

Pada bagian karet wiper terdapat cairan khusus yang berfungsi untuk melindungi dan melembapkan kaca. Jika dilap dan dicuci dengan sabun, cairan tersebut akan hilang dan membuat wiper jadi kesat.

2. Angkat Wiper saat Mobil Diparkirkan

Cara merawat wiper mobil selanjutnya adalah dengan mengangkat alat tersebut saat mobil diparkirkan. Hal ini bertujuan agar karet wiper tidak melar dan keras akibat terkena panas.

Uap panas yang tersimpan pada kaca mobil sebenarnya berbahaya untuk wiper. Karena itu simpan mobil Anda di lokasi yang cukup teduh agar cat, kaca dan wipernya senantiasa awet.

3. Isi Cairan Wiper dengan Sabun Khusus

Di dalam mesin, terdapat sebuah tangki yang digunakan untuk mengisi cairan pembersih kaca mobil. Biasanya, orang-orang mengisi bagian tersebut dengan air biasa karena faktor ekonomis dan praktis.

Namun kebiasaan itu nyatanya dapat berakibat buruk terhadap keawetan wiper dan kaca mobil. Jika diisi dengan air, kaca mobil akan lebih keset dan membuat kinerja wiper jadi tersendat.

4. Periksa Kelayakan Poros Wiper

Poros atau engsel merupakan bagian penting pada wiper yang membantu pergerakannya. Jika komponen ini rusak, wiper tidak akan bisa berputar dan membersihkan secara optimal.

Sehingga sebagai cara merawat wiper mobil, periksa secara rutin kelayakan serta kondisi poros wiper. Berikan pelumas secara berkala alat tersebut tidak mudah aus dan nyaman digunakan.

5. Ganti Wiper secara Berkala

Selayaknya komponen mobil lain, kualitas wiper juga tidak bisa bertahan selamanya. Menurut pakar, waktu terbaik mengganti komponen wiper ialah setiap 1 tahun sekali, meski tergantung pemakaian.

Komponen yang perlu diganti pun tidak harus semuanya. Jika dudukan atau besinya masih bagus, cukup ganti karet wiper tersebut dengan yang baru agar kinerjanya bisa kembali seperti semula.

Itu tadi cara merawat wiper yang perlu diketahui. Supaya kenyamanan dan keamanan berkendara tetap terjaga, jangan lupa daftarkan kendaraan Anda dengan asuransi mobil terpercaya ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner asuransi mobil cekpremi