Jangan Terbalik, Ini Cara Pasang Aki Mobil yang Benar!

Jul - 03
2021
cara pasang aki mobil

Jangan Terbalik, Ini Cara Pasang Aki Mobil yang Benar!

Last Updated on July 5, 2021 by Titi Setianing R

Aki memiliki peranan penting pada kendaraan, yakni untuk mengalirkan arus listrik. Bila aki tidak berfungsi dengan baik atau dayanya lemah, maka komponen mobil seperti klakson, lampu pun akan sulit dinyalakan. Hal tersebut karena komponen-komponen tadi membutuhkan daya listrik untuk bekerja. Untuk cara pasang aki mobil sebenarnya bisa dilakukan sendiri di rumah dengan mudah. 

Kemudian, usia aki juga tergantung dari penggunaannya. Aki akan berumur lebih lama jika sering digunakan untuk bepergian jauh dengan kecepatan rata-rata 80 km/jam. Hal tersebut karena daya pengisian aki menjadi lebih maksimal dengan perputaran mesin sekitar 200 RPM. Di luar pemakaian di atas, pemilik mobil dianjurkan mengganti aki mobil setiap 2 tahun setelah pemakaian. Harga ganti aki mobil pun bervariasi dan umumnya harganya berkisar 500 ribuan ke atas.

Jenis-Jenis Aki Mobil dan Perbedaannya

Ada dua jenis aki yang paling sering digunakan untuk mobil, yakni aki basah dan aki kering. Keduanya punya perbedaan tidak hanya pada bentuk saja, tapi juga harga serta cara perawatannya. Aki mobil basah biasanya punya harga lebih murah dibanding aki mobil kering.

Selain itu, aki basah juga memiliki perawatan ekstra yaitu dengan rutin mengontrol ketinggian air aki basah. Sementara aki kering dianggap lebih minim perawatan sehingga dijuluki maintenance free battery dan tentunya memiliki harga yang lebih mahal dari aki basah.

Cara Pasang Aki Mobil yang Benar

perawatan aki mobil

Apabila mobil Anda mulai tidak bisa hidup saat di-starter, Anda harus mengecek kondisi aki mobil Anda. Jika diabaikan, hal ini akan mempengaruhi performa mobil menurun, AC bisa tidak sejuk, hingga mesin susah menyala. Aki menjadi tekor biasanya karena mobil jarang dipanaskan atau kapasitas aki memang kecil dan sudah berumur. Namun bisa juga karena cara pemasangan aki yang tidak tepat.

Cara memasang aki mobil yang benar tidaklah sulit. Karena aki merupakan komponen mobil dengan peran yang besar, maka perlu Anda ketahui cara memasang aki mobil sendiri. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda Lakukan.

Lepas Aki Lama Terlebih Dahulu

Agar aman, sebaiknya lepas kabel, klem pada katup negatif, dan baut terlebih dahulu. Setelah itu, lanjutkan dengan melepaskan pada bagian kutub positifnya yang ada di aki. Perlu diingat mencabut katup harus dimulai pada negatif terlebih dahulu.

Hal ini dikarenakan jika Anda melepas kabel positif terlebih dahulu dan secara tidak sengaja menjatuhkan alat kerja di bagian tersebut, maka akan menimbulkan bahaya. Salah satu hal yang bisa terjadi adalah hubungan arus pendek listrik yang tidak diinginkan.

Sementara itu, Jika mendahulukan katup negatif pada komponen aki yang dilepas, aliran listrik pada kendaraan akan langsung terputus. Apabila semua kabel beserta klem sudah terlepas, maka Anda harus mengangkat aki tersebut dengan tegak supaya cairan di dalam aki tidak tumpah.

Bersihkan Komponen Aki dari Karat

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan yaitu memeriksa keadaan klem dan kabel pada Aki apakah berkarat atau tidak. Karat yang dibiarkan begitu saja bisa menjadi penghalang masuknya aliran listrik. Jadi daya listrik yang dibutuhkan perangkat lain di dalam mobil bisa berkurang.

Jika terdapat karat atau kotoran membandel, Anda bisa menggunakan cairan pembersih anti karat. Selain itu, Anda juga dapat menggosoknya dengan alat tambahan agar menghilangkan karat tersebut. Biasanya karat ini menempel pada ujung kabel dan menjadi penghalang aliran listrik.

Setelah itu kita bisa mulai memasang aki yang baru.

Tempatkan Aki Baru Secara Tegak Lurus

Untuk pemasangan aki baru, taruh aki secara tegak lurus ke bagian dudukannya. Kemudian, langkah selanjutnya adalah pasang kabel positif terlebih dahulu. Perhatikan baik-baik ya, saat memasang aki, kabel yang dipasang terlebih dahulu berbeda dengan saat melepas aki lama. Jangan sampai salah, karena untuk menghindari percikan api pada kutub positif.

Pemasangan Kabel Positif & Negatif

Ketika memasang kabel positif ke kabel negatif pada terminal aki akan muncul percikan api. Anda tidak perlu khawatir karena hal tersebut memang wajar terjadi. Jika aki sudah terpasang dengan sempurna, percikan api akan berhenti. Jadi harus berhati-hati ya melakukannya.

Pengecekan Kabel dan Klem

Mobil tidak akan menyala jika ada kabel dan klem yang kendor atau tidak terkunci sempurnah. Jadi pastikan seluruh kabel dan klem telah terpasang dengan baik.

Nyalakan Mesin Mobil

Setelah yakin seluruh bagian aki terpasang dengan baik, Anda bisa mencoba menyalan mesin mobil. Mobil akan siap digunakan untuk berkendara dengan aman dan nyaman setelah beberapa waktu.

Itulah cara pasang aki mobil yang benar. Aki merupakan komponen mobil dengan peran yang besar, yakni sebagai sumber listrik kendaraan. Selain merawatnya sendiri, hal yang perlu Anda miliki juga adalah asuransi mobil untuk meminimalisir risiko yang terjadi pada kendaraan Anda. Dapatkan tawaran menarik hanya di cekpremi.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi mobil cekpremi