Cari Tau Yuk Cara Perawatan Mobil Diesel Kesayangan Anda!

Jun - 02
2021
perawatan mobil diesel

Cari Tau Yuk Cara Perawatan Mobil Diesel Kesayangan Anda!

Ada beberapa jenis mesin mobil dipasaran, seperti mesin bensin, mesin diesel, bahan bakar gas, dan motor wangkel. Mungkin yang paling banyak diketahui adalah mobil dengan mesin bensin dan diesel. Mesin mobil diesel menjadi favorit karena dikenal tangguh, bandel, dan minim perawatan. Walaupun demikian Anda perlu melakukan perawatan mobil diesel untuk menjaga performanya tetap maksimal.

Lalu, apa sih yang membuat mobil diesel banyak diminati?

Mesin yang Tangguh

Beberapa mobil diesel buatan lama masih banyak berkeliaran di jalan raya, seperti Isuzu Panther, Toyota Kijang LGX, dan Mitsubishi L300. Hal ini dikarenakan mesin diesel masih berperforma bagus walaupun umurnya sudah lama. Faktor pendukungnya adalah dari tekanan pembakaran pada mesin diesel lebih tinggi dari mesin bensin, Tentunya kualitas ini juga membuat mobil-mobil bermesin diesel memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan mobil bensin untuk varian yang sama. 

Irit Bahan Bakar

Ketika mengendarai mobil dengan mesin diesel, Anda tidak perlu menginjak gas dalam-dalam untuk membuat mobil melaju sehingga secara otomatis membuatnya lebih irit dibandingkan mesin bensin. Kelebihan ini membuat banyak kendaraan komersial seperti bus dan truk menggunakan mesin diesel, karena lebih irit dan tangguh!

Torsi Lebih Melimpah

Torsi adalah kemampuan mesin untuk menggerakkan kendaraan dari posisi diam. Pada mesin diesel, porsi torsi lebih melimpah, pengemudi tak perlu menginjak gas dalam-dalam untuk menjalankan mobil. Torsi melimpah ini pula yang membuat mobil lebih nyaman dikendarai ketika menempuh medan berat, seperti pegunungan. 

Perawatan Pada Mobil Diesel

mobil diesel hemat bbm

Untuk perawatannya mobil diesel, Anda perlu melakukan beberapa hal ini

Panaskan Mesin Mobil Sebelum Digunakan

Seperti mobil pada umumnya, penting untuk memanaskan mesin mobil terlebih dahulu sebelum digunakan, sekitar 5-10 menit. Tujuannya agar oli dapat bersirkulasi dan melumasi komponen di dalam mesin.

Gunakan Solar Berkualitas

Pilihlah solar yang memiliki kadar Cetane Number (CN) tinggi atau kandungan sulfur yang lebih rendah. Kandungan sulfur yang cukup tinggi dapat merusak komponen injektor dan mengakibatkan pembakaran menjadi tidak sempurna. Sedangkan kandungan sulfur rendah akan membuat emisi gas buang, saluran bahan bakar, filter solar, dan ruang bakar lebih bersih. Untuk informasi, solar bersubsidi memiliki CN 48 dan sulfur 3.500 part per million (ppm). Sedangkan solar non subsidi memiliki nilai CN 51 dan kandungan sulfur minimal 1.200 ppm. Akan lebih baik lagi jika bisa mendapatkan solar dengan nilai CN 53 dengan kandungan sulfur di bawah 300 ppm.

Ganti Filter Bahan Bakar

Fungsi dari filter ini adalah untuk menyaring kandungan solar yang terkadang masih terdapat kandungan air atau kotoran. Karena apabila sampai masuk ke sistem pembakaran, bisa membuat pembakaran menjadi tidak sempurna dan besar kemungkinan mobil bisa mogok. Pastikan filter bahan bakar diganti secara berkala. 

Rutin Ganti Oli

Hal yang tak boleh dilewatkan ketika melakukan perawatan mesin diesel adalah ganti oli secara rutin dan memilih jenis yang tepat. Pilih oli mesin dengan spesifikasi yang direkomendasikan pabrikan. 

Ganti Filter Udara

Selain filter bahan bakar, filter udara juga perlu diganti karena pembakaran pada mesin juga dipengaruhi udara bersih. Adanya filter udara akan menyaring debu dan kotoran yang maasih sehingga pembakaran berjalan sempurna.

Lakukan Perawatan Berkala di Bengkel

Selain perawatan basic di rumah, Anda juga perlu membawanya ke bengkel untuk dilakukan pengecekan dan perawatan rutin. Perlu diketahui, mobil-mobil diesel saat ini telah dilengkapi teknologi Injector Common-Rail. Jangan lupa untuk meminta bagian ini diperiksa dan dibersihkan secara berkala.

Selain melakukan perawatan mobil diesel, penting juga untuk memiliki asuransi mobil. Berikut adalah 3 pilihan asuransi mobil terbaik dari cekpremi.com.

3 Pilihan Asuransi Terbaik Untuk Mobil Diesel

asuransi mobil murah

1. Asuransi Bina Dana Arta (ABDA)

Asuransi ini telah berdiri sejak tahun 1982 dan tentunya telah memiliki kredibilitas tinggi. Hal ini dibuktikan dengan IICD Award 2019 sebagai Top 50 of Mid Capitalization Public Listed Companies dan Top 5 Best Financial Performance General Insurance Company 2018 versi Warta Ekonomi. Apalagi ditambah dengan Rasio solvabilitas (RBC) sebesar 345,35% pada tahun 2019, jauh lebih tinggi dari batas angka 120% yang ditetapkan oleh pemerintah.

Perlindungan yang diberikan berupa asuransi kendaraan comprehensive dan TLO yang bisa mengcover sampai usia kendaraan 20 tahun. ABDA juga memberikan gratis layanan derek dan gratis biaya rumah sakit untuk resiko perjalanan sehingga makin lengkap melindungi Anda dan mobil kesayangan. Untuk layanan bengkel rekanan juga banyak, ada lebih dari 500 bengkel yang tersebar di seluruh Indonesia.

2. Asuransi Mega Umum

Asuransi ini merupakan salah satu lini busnis dari grup CT Corp sehingga dipastikan terpercaya dan cepat tanggap dalam melayani nasabah selaam 24 jam. Di tahun 2020, asuransi mega meraih penghargaan sebagai asuransi terbaik dari Infobank Insurance Awards dalam kategori Perusahaan Asuransi Umum Berpremi Bruto Rp 250 Miliar s.d. < Rp500 Miliar serta memiliki Rasio Solvabilitas (RBC) sebesar 220,45%.

Untuk yang memiliki mobil tua, jangan khawatir, asuransi mega bisa mengcover kendaraan hingga usia 15 tahun lho! Anda bisa memilih jenis asuransi comprehensive yang mengcover kerusakan kecil maupun besar. Pilihan lainnya adalah asuransi  TLO yang hanya mengcover kerusakan lebih dari 75% dan kehilangan. Kerennya lagi, Anda bisa mendapatkan layanan transportasi taxi selama proses perbaikan kendaraan. Jadi mobilitas tetap jalan tanpa harus keuar biaya ekstra!

3. Asuransi Simas Insurtech

Siapa yang tidak kenal dengan perusahaan Sinar Mas yang memiliki banyak bisnis di berbagai bidang. Salah satunya adalah Simas Insurtech yang memberikan layanan asuransi untuk kendaraan kesayangan Anda. Didirikan sejak 2014, asuransi ini memiliki Rasio Solvabilitas (RBC) sebesar 259% pada tahun 2019. Apalagi ditambah dengan layanan call center dan customer care 24 jam. Jadi, jam berapapun Anda mengalami kecelakaan atau kejadian tak terduga, bisa langsung menghubungi pihak asuransi.

Kelebihan lain dari asuransi ini bisa mengcover usia kendaraan hingga 15 tahun untuk jenis comphrehensive, dan mengcover sampai usia kendaraan 20 tahun untuk asuransi TLO. Tersedia juga gratis layanan  ambulans dan biaya rumah sakit untuk resiko selama perjalanan. Makin bebas worry deh selama perjalanan!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner asuransi mobil cekpremi