Cek Daftar Ukuran Aki Mobil sebelum Membeli

daftar ukuran aki mobil

Tahukah Anda bahwa masing-masing mobil memiliki ukuran aki yang berbeda? Penting bagi Anda mengetahui daftar ukuran aki mobil yang tersedia di pasaran dan mencocokkannya dengan kebutuhan mobil sendiri. Mengingat aki adalah komponen yang memiliki usia penggunaan. 

Saat aki Anda sudah tidak bisa bekerja lagi menyimpan daya dengan baik maka cara satu-satunya adalah dengan menggantinya. Jadi bukan hanya merk dan harga saja yang harus Anda perhatikan, tetapi ukuran aki yang tepat pun jadi fokus utamanya. 

Daftar Ukuran Aki Mobil yang Wajib Diketahui 

Ukuran aki mobil yang dimaksud bukanlah bentuk fisik melainkan ukuran ampere aki mobil. Aki yang merupakan komponen sumber energi listrik ini akan menyimpan energi listrik dinamis. 

Listrik ini akan digunakan untuk menyalakan mobil, lampu, audio dan komponen yang membutuhkan listrik lainnya. Ada dampak tersendiri jika Anda salah membeli aki mobil. Ketika spesifikasi aki salah maka komponen seperti audio justru bisa rusak. 

Jadi jangan pernah Anda asal menebak ukuran aki mobil, harus memperhatikannya melalui buku manual kendaraan atau dilihat dari fisik aki tersebut. Ada kode-kode yang menunjukkan ukurannya. 

Supaya tidak salah, berikut ini daftar ukuran aki mobil yang bisa Anda perhatikan. 

1. Aki dengan Kode JIS 

Apabila Anda melihat kode JIS maka artinya adalah Japanese Industrial Standard. Aki berasal dari Jepang dan biasanya ada dua jenis kode tambahan yaitu NS40ZL dan 36B20L. 

Ada arti tersendiri dari kode angka dan huruf tersebut. Apabila ada angka artinya merupakan besaran aktual aki. Misalnya angka 36 artinya adalah 36 Ah, namun jika kodenya adalah NS40ZL maka ukurannya adalah 40Ah. Sedangkan untuk angka 20 di bagian akhir deretan kode artinya panjang aki adalah 20 cm. 

Pada bagian huruf L di kode 36B20L artinya adalah posisi kutub negatif dan di bagian kiri. Sedangkan jika muncul kode R artinya kutub negatif di kanan. Jadi Anda yang ingin membeli aki bisa mengecek daftar ukuran ampere aki dengan memanfaatkan angka terdepan dari kode yang muncul jika memilih aki JIS. 

2. Aki dengan Kode DIN 

Daftar ukuran aki mobil selanjutnya ini merupakan aki yang berasal dari negara Eropa. DIN artinya Deutsche Institut Fur Normung. Namun ada juga yang memiliki kode ETS yaitu Europe Type Number, keduanya sama-sama berasal dari Eropa. 

Khusus untuk aki jenis ini biasanya akan memiliki kode tambahan juga di bagian atas aki. Kodenya berupa angka secara keseluruhan, bisa merupakan angka 55530 dan 54533. Semua kode ini memiliki cara baca yang sama yaitu:

  • Semua kode dengan angka 5 di urutan pertama maka akan dibaca sebagai angka 0.
  • Semua kode dengan angka 6 di urutan pertama maka akan dibaca sebagai angka 1. 
  • Semua kode dengan angka 7 di urutan pertama maka akan dibaca sebagai angka 2.

Jadi Anda hanya perlu membaca tiga angka pertama pada setiap kode yang tertera. Misalnya saja untuk angka 55530 tadi. Artinya mobil Anda memiliki ukuran daya 055 Ah. 

Inilah daftar ukuran aki mobil yang harus Anda perhatikan. Jadi langkah pertama bedakan produsen aki untuk mempermudah Anda bisa membaca kode di masing-masing produk. 

Baru setelah itu kenali cara baca kode yang sudah tersedia sehingga Anda tidak salah dalam membeli. Sisanya Anda bisa menentukan mana aki dengan harga yang sesuai dengan kantong. 

Hal Penting untuk Diperhatikan Saat Memilih Aki Mobil

Selain memperhatikan daftar ukuran aki mobil, masih pada beberapa faktor yang jadi rujukan demi mendapatkan produk paling tepat. Kenali beberapa hal berikut ini yang akan membantu Anda menemukan aki berkualitas. 

1. Jenis Aki Sesuai Rekomendasi Dealer

Ada begitu banyak jenis aki, mulai dari aki basah, aki kering, aki hybrid. Masing-masing aki memiliki kelebihan dan kekurangannya. Cara paling aman adalah dengan membeli aki yang jenisnya sesuai rekomendasi dealer atau pabrik mobil.

Menggunakan jenis aki yang direkomendasikan bisa memberi jaminan aki sesuai dengan spesifikasi mobil. Jika ingin mengganti sebaiknya tanyakan kepada teknisi soal rekomendasinya. 

2. Pilih Aki yang Bermerk

Karena ingin mendapatkan harga murah, lantas Anda membeli aki tanpa merk. Padahal aki yang tidak pada merk ini belum tentu memberikan jaminan garansi dan memiliki kualitas. 

Pastikan sekali lagi bahwa Anda hanya membeli aki dengan merk terbaik. Ada begitu banyak daftar aki mobil yang memiliki merk bagus dan terpercaya. Anda bisa menanyakan pada kerabat atau teknisi soal merk ini.

3. Selektif Memilih Toko Aki

Tempat membeli aki juga punya pengaruh yang besar. Anda mungkin sudah tahu berapa ukuran aki yang diperlukan dan apa merk akinterbaiknya. 

Sayangnya jika salah memilih toko, Anda bisa saja mendapat barang palsu dan rekondisi. Kerugian yang diperoleh bukan cuma materiil tetapi juga kondisi mobil di masa depan. 

4. Menyesuaikan dengan Modifikasi Mobil

Perlu diperhatikan juga soal ukuran aki dengan modifikasi yang sudah dilakukan. Bagi sebagian besar orang modifikasi mobil menjadi hal yang sangat menarik bahkan menantang. 

Modifikasi ini bisa berupa penambahan audio yang lebih canggih, lampu dalam kabin dan lampu luar. Semua itu membutuhkan daya listrik yang lebih tinggi dari spesifikasi mobil standar. 

Khusus kasus seperti ini Anda perlu menghitung ulang kebutuhan listrik pada mobil. Baru setelah itu sesuaikan kembali dengan ukuran aki yang diperlukan. 

Selalu ingat dampak besar yang akan dialami mobil Anda ketika salah membeli aki. Perhatikan daftar ukuran aki mobil tadi dengan benar. Jika kesulitan membacanya Anda bisa membuka kembali buku manual dan bertanya dengan teknisi. 

Mencegah kerusakan jauh lebih baik daripada harus mengalami kerugian karena mobil rusak parah. Sama halnya membeli aki dengan benar, Anda juga perlu melindungi kendaraan kesayangan dengan asuransi mobil

Asuransi bisa jadi solusi ketika mobil Anda mengalami kerusakan ringan hingga berat. Ketika memilih asuransi Anda bisa mencarinya terlebih dahulu melalui cekpremi.com

Cara mencarinya sangat mudah, Anda tinggal memasukkan informasi merk mobil hingga tahun keluarannya. Informasi ini bisa Anda cek dari STNK kendaraan. Maka akan muncul informasi jenis asuransi mobil yang bisa Anda dapatkan. 

Cekpremi.com memiliki banyak rekanan perusahaan asuransi terpercaya yang bisa Anda andalkan. Jadi tidak perlu menunda lagi, cek asuransinya sekarang juga. 

Sumber: 

Auto2000

Daihatsu

Otoklix

Toko Aki