Efek Samping Kopi Jika Dikonsumsi Terlalu Berlebihan

efek samping kopi

Kopi merupakan salah satu minuman yang paling banyak diminati oleh orang banyak, bahkan kopi adalah minuman wajib yang tidak boleh ditinggalkan sehari pun. Bukan cuma itu, untuk para Coffee addict harus meminum kopi terdahulu setiap pagi, baru bisa fokus dalam melakukan aktivitas, jika mereka tidak meminum kopi terdahulu rasanya mereka tidak bisa melakukan aktitivitas sehari-hari mereka dengan baik.

Kopi memiliki memiliki manfaat yang banyak apabila dikonsumsi dengan baik, contohnya kopi dapat membuat mengurangi rasa lelah dan membuat mereka yang mengkonsumsinya menjadi lebih energik dan cerdas, hal ini dikarenakan kandungan zat kaffein yang ada didalam kopi. Manfaat lain dari kopi adalah melindungi kita dari penyakit Dimensia dan Alzheimer. Kedua penyakit ini belum memiliki obat untuk menyembuhkannya, namun beberapa peneliti menyimpulkan bahwa dengan meminum kopi dapat mencegah penyakit tersebut, hal ini dikarenakan dilakukan penelitian resiko mereka yang peminum kopi jika terkena Alzheimer merupakan 65% lebih rendah, daripada mereka yang bukan peminum kopi.

Walau kopi memiliki banyak manfaat, akan tetapi jangan mengkonsumsi secara berlebihan. Karena, bukan malah menjadi manfaat yang baik untuk kesehatan Anda, yang ada kopi ini malah menjadi minuman berbahaya bila Anda konsumsi.

Berikut ini efek samping dari kopi bila Anda konsumsi terlalu berlebihan, yaitu:

1. Kolestrol
Kafestol yang terdpat dalam kopi dapat membuat meningkatnya kadar kolestrol dalam tubuh. Senyawa yang satu ini tidak terdapat di kafein yang selama ini kita ketahui, tetapi ternyata senyawa ini keluar ketika kopi bubuk yang biasa diseduh dengan air mendidih untuk beberapa kali. Hal ini lah yang menjadikan kopi menjadi berbahaya, perlu Anda ketahui bahwa didalam secangkir kopi tubruk terdapat sekitar empat milligram lebih kafestol, yang bisa tingkatkan kolestrol LDL dalam tubuh sebesar 1 %.

2. Tekanan Darah Tinggi
Kenapa kopi bisa menyebabkan darah tinggi? Ini dia penjelasannya. Kafein yang terdapat pada kopi dapat dengan membuat arteri besar menjadi cepat kaku untuk mereka yang memiliki riwayat darah tinggi. Bahkan, kafein yang tajam pada kopi bisa membuat mereka yang memiliki tekanan darah normal, menjadi meningkatkan tekanan darahnya. Hal ini, sangat berbahaya untuk Anda yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi dan sering mengkonsumsi kopi.
3. Sakit Jantung
Mengkonsumsi kopi secara berlebihan bisa menyebabkan kadar homosisten meningkat didalam darah, hal ini bisa menyebabkan penyakit kardiovaskular misalnya seperti stroke, sakit pembuluh darah perifer. Sebuah meta-analisis terkini menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsi kopi setiap dari 1-4 cangkir kopi memiliki risiko tinggi terhadap gagal jantung.

Itu dia beberapa efek samping yang terjadi bila Anda mengkonsumi kopi secara berlebihan. Kopi memang baik untuk tubuh, akan tetapi akan menjadi sangat berbahaya bila dikonsumsi secara berlebih dan tidak teratur.

Asuransi-Kesehatan

Leave a Reply

April 17, 2017

Posted In: Inspirational

Tags: ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2017 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami