Fungsi Evaporator AC Mobil Serta Cara Merawatnya

ac mobil

Evaporator mobil adalah suatu komponen yang ada pada sistem pendingin AC. Letak evaporator berada diantara katup ekspansi atau expansion valve, dan kompresor AC.

Asuransi Mobil3

Karena evaporator adalah komponen yang ada pada sistem pendingin, tentu memiliki fungsi penting untuk mobil. Lalu, apa fungsi dari evaporator?

Fungsi Evaporator Mobil

Fungsi evaporator mobil adalah kebalikan dari fungsi kondensor AC. Jika kondensor memiliki fungsi untuk menyerap panas dari refrigerant lalu dibuang ke udara.

Maka evaporator memiliki fungsi yaitu menyerap panas dari udara untuk disalurkan menuju refrigerant. Jadi evaporator mobil bertugas untuk menyerap panas yang dibawa udara, sehingga setelah melewati evaporator, udara akan menjadi dingin.

Refrigerant atau yang biasa dikenal dengan nama freon AC yang dikabutkan oleh katup ekspansi akan memiliki temperatur dan tekanan yang rendah. Kemudian freon AC akan disalurkan menuju evaporator

Sebelum udara melewati evaporator, blower berperan penting untuk menghembuskan udara menuju evaporator. Sehingga udara dingin yang kamu rasakan dalam kabin mobil berarti telah melalui evaporator.

Evaporator mobil dapat berfungsi secara optimal jika cara kerjanya berjalan lancar. Bagian dalam evaporator adalah tempat untuk bertemunya panas dengan refrigerant yang merupakan zat pendingin.

Sehingga udara panas dapat berubah menjadi udara dingin. Panas yang diserap evaporator sama dengan jumlah panas yang diserap kondensor dari refrigerant. Jika jumlahnya tidak sama, maka dapat dikatakan sistem AC telah mengalami kerusakan, seperti terasa kurang dingin.

Gangguan lain yang dapat membuat fungsi evaporator mobil menjadi tidak maksimal yaitu adanya penumpukan es pada sirip evaporator. Hal itu dikarenakan hawa panas yang diserap evaporator mengembun hingga menjadi uap air.

Kondisi seperti ini tidak akan terjadi jika evaporator berfungsi normal. Jika proses pemindahan pasan terganggu, maka proses pendinginan tidak dapat bekerja secara maksimal, sehingga AC kesulitan untuk menghasilkan udara yang dingin.

3 Cara Merawat Evaporator Mobil

Agar evaporator mobil tidak mengalami kerusakan, kamu harus mengetahui cara untuk merawatnya. Berikut ini adalah cara perawatan evaporator AC, yaitu:

  • Melakukan Pemeriksaan Rutin Pada Sistem AC

Pemeriksaan rutin adalah hal yang harus kamu lakukan untuk menjaga seluruh komponen mobil agar tetap dapat bekerja secara maksimal. Namun terkadang untuk evaporator AC, akan sering diabaikan bahkan ditunggu hingga mengalami kerusakan terlebih dahulu.

Hal ini bertujuan agar kinerja evaporator dapat berjalan dengan baik, karena komponen ini sangat rentan mengalami aus. Jadi kamu harus melakukan pemeriksaan rutin tanpa harus menunggu rusak terlebih dahulu.

  • Membersihkan Filter Udara

Filter udara menjadi bagian penting agar dapat menyaring dan menjauhkan debu serta kotoran yang ada di mesin mobil. Jika filter udara kotor, dapat membuat adanya sumbatan dalam saluran udara, sehingga udara dingin AC menjadi berkurang.

Kamu dapat membersihkan filter udara agar kinerja sistem AC menjadi lebih maksimal. Usia evaporator sangat bergantung pada kualitas pemakaian, semakin rutin kamu melakukan pemeriksaan atau menjaganya, maka usianya dapat semakin panjang.

  • Menghilangkan Bau dan Lembab

Umumnya seluruh mobil menggunakan strip defroster agar dapat menghasilkan panas, untuk menghilangkan kabut dan lembab. Kamu harus mengeringkan bagian evaporator setelah menghidupkan AC dalam waktu yang lama.

Cara ini dapat mencegah timbulnya jamur dan bau yang tidak sedap. Sehingga evaporator dan sistem AC tidak mengalami kerusakan.

Perawatan rutin dapat membantu kamu terhindar dari kerusakan mobil. Sehingga mobil dapat berjalan lancar dan aman.

Selain melakukan perawatan, agar kamu dapat berkendara dengan aman dan nyaman kamu dapat menggunakan asuransi. Seluruh asuransi yang terdapat pada Cekpremi adalah kumpulan asuransi terbaik yang dapat kamu pilih sesuai kebutuhan.

Pertanyaan Seputar Evaporator Mobil

Bagi beberapa orang seringkali evaporator diabaikan sehingga mengakibatkan kerusakan, sedangkan komponen tersebut memiliki peran untuk membuat kabin dalam mobil memiliki udara yang dingin.

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan seputar evaporator mobil, yaitu:

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Apa penyebab evaporator bocor?” answer-0=”Bermula dari adanya penumpukan kotoran yang menempel di permukaan evaporator, dan dapat terjadi jika kamu jarang melakukan servis dan pembersihan evaporator. ” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Berapa lama usia evaporator mobil?” answer-1=”Tergantung dari perawatan yang kamu lakukan, jika kamu rutin melakukan perawatan evaporator dapat bertahan hingga 5 tahun lebih. ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]