Gunung Titi, Indahnya Wisata Bak Negeri Di Atas Awan

gunung titi

Kalimantan menjadi salah satu tujuan wisata banyak wisatawan dari berbagai wilayah. Di sana terdapat berbagai macam objek wisata menarik dan salah satu yang layak untuk Anda kunjungi adalah gunung Titi. Wisata satu ini menawarkan pemandangan yang akan memanjakan siapapun yang datang ke sana.

Lokasi dari objek wisata ini berada di kabupaten Hulu Sungai Tengah. Kabupaten ini memang dikenal memiliki pemandangan alam yang luar biasa. Gunung Titi menjadi favorit wisatawan terutama masyarakat atau para wisatawan lokal yang berasal dari Kalimantan.

Keunikan dari gunung Titi adalah ketinggiannya yang sedang atau tidak terlalu tinggi sehingga nyaman bagi setiap wisatawan yang ingin melakukan liburan santai.

Perlu Anda ketahui bahwa lokasi dari gunung ini berada di pegunungan Meratus. Anda bisa melihat pemandangan alam yang luar biasa indah serta udara yang masih sangat asri. Banyak yang menyebut jika tempat ini adalah wisata negeri atas awan yang ada di Kalimantan Selatan.

Mengenal Gunung Titi

Sebelum Anda memutuskan untuk datang ke objek wisata gunung Titi, tentu ingin lebih mengenal terlebih dahulu keistimewaan yang ditawarkan. Ketinggian dari gunung ini hanya sekitar 313 mdpl. Meskipun tidak terlalu tinggi, akan tetapi pegunungan ini justru memiliki daya tarik yang sangat baik di tengah para wisatawan.

Anda bisa mendaki gunung ini tanpa harus merasa kesulitan. Ada banyak jalur yang bisa dipilih dan semuanya sangat mudah dilalui. Ciri khas atau karakteristik dari jalur menuju ke puncak gunung ini adalah jalanan yang lebar dan berbatu. Apabila Anda ingin berlibur ke sini, sebaiknya memilih waktu-waktu di musim kemarau agar kondisi jalanan tidak terlalu licin.

Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke puncak, hanya sekitar 2 jam perjalanan saja. Bahkan apabila ingin lebih cepat, Anda juga bisa menggunakan kendaraan bermotor. Selama perjalanan, Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah serta rumput ilalang dan karang-karang yang tersebar di pegunungan tersebut.

Gunung Titi ini terdapat dua puncak yang keduanya memiliki kontur landai. Untuk bisa melihat keindahan alam yang ada di gunung ini, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp10.000 saja. Sedangkan jika menggunakan kendaraan bermotor maka ditambah dengan biaya tiket parkir sebesar Rp5.000.

Banyak dari wisatawan yang mendaki gunung ini kemudian memutuskan untuk camping di atas puncak. Apabila Anda tertarik untuk camping, nantinya juga akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp10.000.

Objek wisata ini berada di Desa Hawang, Kecamatan Limpasu, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan. Tentu untuk sampai ke sana Anda harus melalui kota Banjarmasin atau jika dari luar daerah biasanya harus naik pesawat ke bandara Syamsudin Noor.

Selanjutnya Anda bisa menggunakan kendaraan bermotor menuju ke Barabai kemudian menuju ke pertigaan desa Kapar lalu belok kanan dan menuju ke arah Birayang. Dari sana Anda harus melanjutkan perjalanan menuju ke pertigaan Tugu kemudian belok kiri dan menuju ke desa Birayang Suropati.

Selanjutnya Anda masih terus melakukan perjalanan menuju ke arah kecamatan Limpasu dan menuju ke Desa Hawang. Setelah sampai di desa, nantinya akan menemukan jalur pendakian menuju ke puncak gunung Titi.

Aktivitas di Gunung Titi

Ketika Anda sudah sampai di puncak gunung, nantinya bisa melakukan berbagai macam kegiatan seru seperti bersantai, camping, atau menikmati matahari terbit dan tenggelam.

Ketika memutuskan untuk mendaki gunung, Anda sebaiknya mempersiapkan berbagai macam keperluan dengan sungguh-sungguh. Anda harus membawa berbagai macam perlengkapan yang diperlukan Misalnya saja peralatan camping, bekal makanan dan minuman, kotak obat dan lain sebagainya.

Keindahan matahari terbit dan tenggelam di atas puncak gunung Titi ini akan memanjakan mata. Anda akan merasa seperti sedang berada di atas awan. Biasanya di pagi hari, kabut akan menutupi sekitar puncak sehingga suasananya benar-benar seperti di atas langit.

Dari atas puncak ini, Anda juga bisa menikmati pemandangan gunung-gunung lain seperti gunung Meratus gunung Kilai gunung Baru, dan masih banyak lagi yang lainnya. Bahkan Anda juga bisa melihat pemandangan kota Paringin dengan jelas dari puncak gunung. Apabila ingin melihat pemandangan dengan lebih jelas, jangan lupa untuk membawa teropong sendiri.

Para wisatawan yang datang ke gunung ini biasanya bukan hanya dari kalangan para pendaki saja. Bahkan mereka yang bersepeda atau komunitas gowes juga senang untuk naik ke puncak gunung karena medannya yang tidak terlalu sulit. Anda dapat menikmati suasana pagi hari seperti di negeri dongeng. Suasana di gunung ini akan memberikan Anda pengalaman yang tak terlupakan bersama dengan teman.

Sebagai objek wisata, tentu saja gunung Titi berbeda dengan objek wisata yang pada umumnya. Di sini tidak ada fasilitas seperti Ketika Anda berkunjung ke pantai atau wisata alam di dataran rendah. Jadi, pastikan Anda membawa perbekalan sendiri seperti makanan dan minuman.

Sangat disarankan untuk datang ke sini sebelum jam 03.00 sore agar bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang sangat eksotis. Setelah sampai ke puncak, Anda bisa beristirahat dengan tenang karena tempat ini memiliki kontur tanah yang tidak terlalu curam.

Tips bagi setiap pendaki yang datang ke objek wisata manapun adalah harus memastikan tidak membuang sampah sembarangan. Pastikan Anda selalu membuang sampah di tempatnya atau membawa pulang kembali sampah agar tidak berserakan di atas gunung.

Memiliki Asuransi Perjalanan Sebelum Liburan

Selain perlu untuk mempersiapkan berbagai macam perbekalan yang harus dibawa untuk liburan, keselamatan dan ketenangan finansial juga harus diperhatikan. Salah satu langkah tepat yang bisa diambil sebelum melakukan perjalanan liburan atau apapun adalah dengan memiliki asuransi perjalanan.

Dengan memiliki asuransi Anda akan merasa tenang dan terlindungi secara finansial selama liburan dengan teman atau keluarga. Namun sebelum Anda memutuskan untuk memiliki asuransi, pastikan Anda melakukan riset terlebih dahulu.

Cara yang paling mudah dilakukan untuk menemukan layanan asuransi terbaik dan terpercaya adalah dengan membuka website cekpremi.com. Melalui website ini, Anda bisa membandingkan berbagai macam layanan asuransi yang ada di Indonesia dengan mudah dan cepat. Selanjutnya Anda bisa memilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Itulah informasi tentang objek wisata gunung Titi, pastikan Anda memiliki asuransi sebelum liburan.

REFERENSI:

Viva

Tribun News