Hindari Mesin Overheat Saat Perjalanan Mudik

May - 28
2019
Hindari Mesin Overheat Saat Perjalanan Mudik

Hindari Mesin Overheat Saat Perjalanan Mudik

Banyak pemilik kendaraan yang tidak mengerti tentang mesin. Mereka hanya memilih mobil lalu cari asuransi kendaraan mobil. Itu saja. Mereka tidak mengerti bagaimana cara merawat mesin mobil agar awet.

Karena ketidaktahuan seperti itu, banyak mobil yang masih berusia muda namun kondisi mesin sudah kurang bagus. Mesin terlalu sering divorsir sehingga mengalami overheat.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Hal semacam ini sering terjadi ketika waktu mudik. Apakah Anda berencana untuk mudik dengan menggunakan mobil pribadi? Jika itu yang Anda rencanakan, jangan sampai overheat ini terjadi. Anda harus cek kondisi mobil secara menyeluruh.

Jangan mengira mobil Anda masih muda sehingga hal pasti bisa Anda hindari. Overheat tidak mengenal mobil muda atau sudah tua. Ini bisa terjadi jika Anda tidak waspada.

Penyebab Mesin Mobil Overheat

Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan overheat. Dengan mengetahui faktor penyebab berikut ini, setidaknya Anda tahu langkah apa yang seharusnya Anda lakukan untuk mengantisipasi.

Perjalanan yang Terlalu Jauh

Ini mungkin sulit untuk Anda hindari ketika Anda mudik ke kampung nanti. Bagaimanapun juga, Anda akan melakukan perjalanan yang sangat jauh.

Akan tetapi, beruntung sekarang ini sudah ada jalan tol. Ini bisa memangkas waktu perjalanan. Itu artinya kondisi mesin tidak terlalu panas sehingga overheat lebih bisa dihindari.

Akan tetapi, bisa saja Anda lakukan langkah antisipasi lainnya. Contohnya saja Anda berhenti sejenak untuk mendinginkan mesin setelah beberapa jam melakukan perjalanan.

Masalah pada Kipas

Di bagian mesin mobil, ada kipas besar yang fungsinya mendinginkan mesin. Sayangnya, baberapa orang tidak memperhatikan kipas ini. Hingga akhirnya mesin mudah mengalami overheat.

Itulah mengapa penting sekali untuk melakukan pengecekan kipas secara rutin. Jika sudah memungkinkan, ganti kipas dengan yang baru.

Masalah pada Radiator

Bukan hanya kipas saja yang bisa menyebabkan mesin mengalami overheat. Bisa saja ini disebabkan radiator.

Sama seperti kipas, radiator memiliki peran untuk mendinginkan mesin. Biasanya, radiator tidak bisa bekerja dengan baik ketika air radiator habis.

Dari ketiga faktor tersebut, maka faktor yang sangat memungkinan membuat mesin mobil Anda mengalami overheat?

Sebisa mungkin, sebelum mudik, usahakan agar Anda membawa mobil ke bengkel. Minta pihak bengkel untuk mengecek secara keseluruhan. Dengan demikian, mobil Anda tidak mogok di jalan akibat overheat.

Menghindari Overheat Saat Mudik

Seperti penjelasan sebelumnya, ada 3 faktor yang menyebabkan overheat. Sementara itu, ada dua faktor yang bisa diantisipasi sebelum mudik, yaitu mengecek kondisi kipas dan radiator.

Sebaiknya, Anda pastikan air radiator terisi penuh. Jika perlu, gunakan air radiator khusus. Bagaimanapun juga, air radiator khusus bisa membuat radiator bekerja lebih baik sehingga mesin lebih cepat didinginkan.

Namun, bagaimana antisipasi yang bisa Anda lakukan untuk menghindari overheat saat perjalanan mudik? Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan.

Tetapkan Kapan Harus Berhenti

Saat mudik tiba, banyak sekali rest area yang dibuat, entah itu dibuat oleh pihak kepolisian, pemerintah kota setempat, dan lain sebagainya. Rest area ini dibuat untuk menghindari terjadinya kecelakaan yang disebabkan oleh pengemudi yang ngantuk dan mengalami kelelahan.

Memang bukan hanya itu saja yang menyebabkan kecelakaan di jalan raya saat mudik. Faktor penyebabnya sangat banyak. Mungkin Anda sudah mendapatkan proteksi karena Anda sudah cari asuransi mobi sebelum mudik. Namun, bagaimanapun juga, Anda tidak ingin hal tersebut terjadi.

Untuk itu, manfaatkan rest area yang ada. Ini tidak hanya tempat untuk Anda istirahat tapi juga untuk mobil Anda. Biarkan mesin sedikit lebih adem agar tidak mengalami overheat.

Bawa Air Bersih

Mesin yang begitu panas karena mobil digunakan untuk perjalanan jauh bisa menguras air radiator. Akibatnya, air radiator pun mengering dan radiator tidak bekerja dengan baik. Fatal jika ini tidak segera diatasi. Mesin bisa mengalami overheat.

Oleh sebab itu, penting untuk mengecek kondisi air radiator. Setiap kali Anda berhenti di rest area, luangkan waktu untuk melihat apakah air radiator masih atau sudah hampir habis.

Jika air radiator sudah hampir habis, tambahkan air bersih. Ingat, jangan gunakan sembarang air. Air yang kotor bisa membuat radiator semakin kotor dan berkarat. Ini membuat radiator tidak bekerja maksimal dan mesin berpotensi mengalami overheat.

Maka dari itu, usahakan Anda membawa air bersih. Anda bisa gunakan air minum untuk mengisi radiator. Ini jauh lebih aman dibandingkan Anda mengambil air dari kamar mandi yang belum tentu bersih.

Buka Kap Mobil

Sebenarnya, ini tidak perlu Anda lakukan jika Anda merasa tidak ada potensi overheat. Akan tetapi, jika Anda melihat jarum atau indikator yang menunjukkan panas mesin semakin naik, segera berhenti di rest area terdekat.

Kemudian, buka kap mesin. Biarkan mesin mendapatkan udara segar dari luar. Dengan membuka kap mesin, maka suhu panas akan keluar. Dan mesin akan menjadi lebih adem.

Biarkan kap terbuka dalam kurun waktu tertentu. Anda bisa sembari istirahat sejenak untuk melepas lelah dan kantuk.

Siapa saja ingin mudik dengan selamat, aman, dan nyaman. Maka dari itu, persiapkan secara matang. Pastikan kondisi mobil baik.

Akan lebih baik jika Anda cari asuransi kendaraan mobil terpercaya. Ada tawaran menarik dari perusahaan asuransi di bulan Ramadan seperti ini. Dapatkan diskon dari perusahaan asuransi.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *