Bisa Tambah Uang Jajan, Ini 5 Ide Bisnis Online Tanpa Modal Untuk Pelajar!

Jul - 14
2021
bisnis online tanpa modal untuk pelajar

Bisa Tambah Uang Jajan, Ini 5 Ide Bisnis Online Tanpa Modal Untuk Pelajar!

Di era internet seperti sekarang ini, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Tidak perlu mengeluarkan modal untuk menyewa ruko dan sebagainya, Anda sudah bisa memulai bisnis online. Kemudahan teknologi ini pun bisa dimanfaatkan oleh semua kalangan, mulai dari ibu rumah tangga, karyawan yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan, maupun pelajar dan mahasiswa. Jadi, ada banyak ide bisnis online tanpa modal untuk pelajar!

Meskipun masih tergolong muda, saat ini banyak pelajar yang sudah mulai belajar hidup mandiri dengan memulai bisnis online. Dengan demikian, pelajar bisa memenuhi kebutuhannya tanpa meminta uang dari orang tua, atau malah bisa membantu kebutuhan orang tua. Apalagi untuk para pelajar dengan jiwa bisnis yang kuat. Lebih cepat memulai lebih baik. 

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Usia muda tidak menjadi penghalang untuk menjadi pengusaha sukses. Dalam menjalankan bisnis online, ada dua hal yang perlu diperhatikan. Pertama, Anda harus memahami bagaimana bisnis tersebut berjalan. Pelajari konsep bisnisnya dengan seksama dan teliti. Kedua, Anda harus bersikap profesional saat menanggapi pelanggan. Pelayanan yang baik akan membuat pelanggan kembali lagi dan dagangan Anda tentu akan menjadi semakin laris.

Berikut ini 5 Ide Bisnis Online Tanpa Modal Untuk Pelajar 

bisnis dari rumah

1. Menjadi Dropshipper Online

Ide jualan tanpa modal yang pertama adalah dengan menjadi dropshipper. Berbeda dengan menjadi reseller yang biasanya Anda diminta membeli stock tertentu, metode dropshipper Anda tidak perlu menyetok barang. Anda hanya perlu mencari supplier yang tepat dan menawarkan diri untuk menjual produk mereka tanpa perlu menyetok barang. Anda akan mendapatkan komisi dari setiap produk yang berhasil Anda jual. Selain minim modal atau bahkan tanpa modal, ide bisnis online ini juga tergolong mudah, yang penting rajin mempromosikan produk dan perluas pasar.

2. Menjual Jasa Sesuai Keahlian

Sebagai pelajar, Anda bisa membuka jasa yang sesuai dengan keahlian atau hobi Anda. Misalnya Anda senang menulis, maka Anda bisa menghasilkan uang melalui blogger. Apabila blogger dinilai lambat menghasilkan uang, Anda bisa menjual jasa menulis artikel. Untuk hal ini Anda perlu menguasai teknik menulis SEO atau copy writing yang tentu saja bisa dipelajari.  

Atau jika Anda hobi memotret, Anda bisa menjual jasa fotografi atau menjual hasil potret Anda sendiri yang berkualitas ke website-website penyedia foto stok, atau bagikan ke website penyedia foto gratis dan berharap anda akan mendapatkan tip dari mereka yang menggunakan foto anda.

Untuk menjual berbagai jenis jasa ini, Anda bisa mencari peluangnya melalui situs-situs marketplace atau di situs penyedia jasa freelance seperti project,co,id, sribulancer, dan lain-lain. Selain menulis artikel dan fotografi, Anda juga bisa menjual jasa editing video, jasa penerjemah, dan desain grafis. Selain bisa menghasilkan uang, dengan menjual jasa juga bisa meningkatkan kemampuan Anda dalam bidang yang Anda sukai. Penguasaan software desain atau video editing misalnya, yang akan menjadi lebih luwes dan lancar apabila semakin banyak latihan. Jadi ide bisnis ini akan sangat cocok untuk para pelajar ke depannya. 

3. Menjadi Youtuber 

Menjadi youtuber memang tidak bisa langsung menghasilkan uang, tapi kalau dilakukan dengan konsisten, Anda pasti akan berhasil juga. Apalagi saat ini Youtube sudah memiliki banyak pengguna. Yang menentukan kesuksesan anda menjadi seorang Youtuber adalah dalam hal pemilihan topik, optimalisasi kata kunci, dan juga “genre” video anda, apakah tutorial, vlog, reaksi, gaming, dan lain sebagainya. Apapun genre yang Anda pilih, usahakan untuk terus membuat konten-konten positif. Selain bisa bermanfaat untuk diri sendiri, Anda juga bisa memberi manfaat bagi orang lain. 

4. Menjadi Make up Artist

Sama dengan menjual jasa lainnya, Anda juga bisa menjadi make up artist. Ide satu ini memang sedang marak saat ini dan cukup mudah untuk melakukan promosi, namun membutuhkan keahlian tersendiri. Berbeda dengan menjual jasa pada poin kedua, menjadi make up artist mengharuskan Anda datang ke pelanggan dan merias secara langsung. Pilihan jenis usaha ini bisa menjadi pengisi waktu di sela-sela kegiatan belajar. 

5. Program Afiliasi

Ide bisnis online untuk pelajar lainnya adalah dengan mencari program-program afiliasi yang ditawarkan oleh penyedia jasa atau produk di internet, di mana nanti Anda akan mendapatkan URL khusus yang bisa anda gunakan.Nantinya setiap ada yang melakukan klik pada URL tersebut, mereka akan diarahkan ke website supplier, dan apabila mereka memesan atau membeli, maka anda akan mendapatkan komisi sesuai yang ditetapkan supplier. Program afiliasi ini biasanya ini ditawarkan oleh penyedia produk digital atau toko online, seperti perusahaan booking untuk kebutuhan hotel, penginapan dan trravel, atau penyedia layanan web hosting

Itu tadi 5 ide bisnis online tanpa modal untuk pelajar. Selain menjadi peluang untuk menjadi lebih mandiri dan berkembang, memulai bisnis sejak dini juga berarti Anda sudah menyiapkan masa depan dengan lebih baik. Jika ingin memulai bisnis di masa pandemi, Anda juga bisa mendapatkan bantuan modal dari pemerintah lho!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *