Jangan Ragu! Lakuin Hal Ini Jika Mau Kredit Handphone

kredit handphone

Smartphone menjadi teknologi yang berkembang pesat. Bahkan dalam satu tahunnya banyak brand yang mengeluarkan beberapa series smartphone sekaligus. Meskipun begitu, hal ini malah mendorong masyarakat menjadi lebih konsumtif. Penggunaan smartphone sudah menjadi kebutuhan primer sehingga banyak orang yang rela kredit handphone untuk merasakan kemudahan fitur yang disediakan.

Kebutuhan smartphone yang semakin meningkat memang tidak begitu berpengaruh untuk kalangan menengah ke atas. Mereka bisa membeli ponsel terbaru yang diinginkan selagi punya budget lebih. Namun bagaimana untuk kalangan menengah ke bawah? Apa yang harus dilakukan jika ingin membeli smartphone?

Tenang, meskipun Anda tidak memiliki budget untuk membeli ponsel, Anda tetap bisa membelinya dengan cara kredit. Metode kredit adalah pembayaran berangsur yang sangat membantu Anda karena tidak harus membayar produk handphone secara lunas dalam satu waktu.

Kenapa Harus Kredit Handphone?

kredit HP menjadi solusi terbaik untuk Anda yang belum memiliki budget penuh. Dibandingkan dengan membeli secara tunai, ada sejumlah manfaat yang akan Anda rasakan saat melakukan kredit handphone.

Meskipun kadang dipandang sebelah mata, tapi sebaiknya simak ulasan berikut ini terkait alasan kenapa harus mengajukan kredit smartphone agar lebih meyakinkan Anda! Let’s check this out!

  • Uang Bisa Digunakan untuk Modal

Karena disini konsep kredit smartphone adalah membayar produk dengan mencicil, maka Anda pun tidak harus mengeluarkan uang besar sekaligus. Itu artinya sisa uang yang Anda miliki bisa digunakan untuk menambah perputaran modal usaha.

Apalagi di zaman sekarang ini smartphone tidak hanya dijadikan sebagai alat komunikasi saja, Anda bisa melakukan bisnis melalui perangkat elektronik tersebut menggunakan modal dari sisa budget untuk membeli ponsel.

Bahkan Anda pun bisa memanfaatkan fasilitas kredit HP tanpa DP demi menunjang kelancaran bisnis yang dijalankan. Pastikan smartphone baru tersebut digunakan untuk memaksimalkan pekerjaan yang lebih produktif.

  • Membantu Mengatur Cash Flow

Seperti yang Anda ketahui bahwa harga satu unik smartphone tidaklah murah bahkan bisa mencapai puluhan juta untuk series terbaru. Bayangkan jika Anda mengeluarkan budget besar sekaligus, pastinya pengeluaran akan membengkak, ‘kan?

Untuk menghindari cash flow yang tidak tersusun, cobalah gunakan layanan kredit handphone. Fasilitas ini terlihat menakutkan untuk sebagian orang karena ada bunga dan DP, padahal ada juga keuntungan lain seperti kemudahan cicilan dengan bunga rendah, promo, dan diskon tambahan lain.

Nah selanjutnya Anda bisa mengatur sisa dana untuk pengeluaran lain yang lebih penting daripada harus mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk membeli smartphone. Keuangan Anda dijamin lebih sehat dan terkendali.

  • Membangun Skor Kredit Positif

Mengajukan cicilan ke kredit HP tanpa DP terdekat ternyata akan membantu Anda membangun skor kredit yang positif. Skor kredit adalah sistem yang digunakan oleh bank untuk menentukan kelayakan Anda dalam mendapatkan pinjaman.

Dengan adanya skor kredit yang baik tersebut, bank dapat menilai data-data riwayat transaksi pinjaman dan ketepatan waktu Anda dalam membayar tagihan. Semakin bagus track recordnya maka semakin besar pula pinjaman yang bisa Anda dapatkan.

Namun pastikan Anda membayar tagihan tepat waktu saat mengajukan kredit handphone. Karena jika ada keterlambatan sekali saja akan mempengaruhi kredit skor tersebut.

  • Lebih Ringan

Jika dilihat dari segi kuantitasnya, membeli handphone secara tunai tentunya sangat memberatkan. Apalagi jika Anda ingin membeli smartphone terbaru, setidaknya Anda harus mengumpulkan uang berbulan-bulan sambil kerja keras.

Namun jika Anda mengajukan kredit handphone, Anda akan merasakan beban yang lebih ringan. Anda cukup bayarkan tagihan setiap bulan tergantung tenor yang ditetapkan. Tenor dan jumlah tagihan per bulannya juga harus Anda sesuaikan dengan kemampuan pribadi.

Jangan pernah memilih tenor pendek dan tagihan besar jika memang Anda tidak memiliki pendapatan yang besar. Ingat, Anda juga harus membayar bunga kredit HP jadi harus diperhatikan metode cicilannya.

Tips Kredit Handphone Aman

Meskipun terdapat sejumlah risiko kredit HP yang bisa saja muncul ditengah jalan seperti risiko gagal bayar dan kerusakan ponsel sebelum barangnya lunas, tetapi tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan untuk mengajukan kredit. Selagi Anda mengikuti tips berikut ini, dijamin kredit smartphone tidak akan gagal!

  • Tentukan Harga dan Spesifikasi HP yang Diinginkan

Hal pertama yang harus dilakukan saat hendak mengajukan kredit handphone adalah tentukan harga dan juga spesifikasi HP yang diinginkan. Sebisa mungkin produk yang ingin dibeli tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda agar lebih produktif dan jangan ikut-ikutan gaya saja.

  • Perhatikan Bunga Cicilan

Bunga cicilan dalam sistem kredit merupakan hal yang wajar dan harus Anda bayar. Pastikan Anda mengajukan kredit smartphone di tempat yang menawarkan bunga rendah. Namun besaran bunga tersebut juga dipengaruhi oleh masa cicilan. Semakin lama cicilan Anda, maka akan semakin besar pula bunga yang diberikan.

  • Ketahui Denda Jika Telat Bayar

Keuangan Anda pastinya tidak selalu stabil. Dengan demikian, Anda harus mencari tahu apa saja denda yang diberikan jika telat bayar. Biasanya denda yang akan Anda tanggung adalah penambahan bunga cicilan atau denda keterlambatan berupa uang sekitar Rp25.000 sampai Rp150.000.

  • Metode Pelunasan Cicilan

Karena disini sistem pembayaran Anda menggunakan metode cicilan, maka Anda harus membayar tepat waktu setiap bulannya melalui alat pembayaran yang disediakan seperti e-wallet, m-banking, dan juga kartu kredit. Sehingga nantinya marketplace akan secara otomatis mengambil saldo Anda per bulan ke merchant yang bersangkutan.

Nah jadi jika Anda masih ragu mending beli cash atau kredit, jawabannya adalah kredit handphone. Selain melakukan 4 tips di atas, Anda juga wajib menggunakan asuransi properti dari Cekpremi agar menjamin keamanan barang hingga lunas.

Cekpremi sebagai portal asuransi terbaik di Indonesia akan membantu Anda mendapatkan produk asuransi terbaik sesuai kebutuhan. Bahkan disini juga Anda bisa membandingkan satu produk dengan produk asuransi lain sepuasnya tanpa adanya biaya tambahan untuk setiap pembelian produk asuransi.

Oleh karena itu, sekarang jangan ragu lagi dan segera kungjungi website Cekpremi.com lalu pilih produk asuransi properti yang sesuai sebelum kredit handphone. Jadi tunggu apalagi? Ayo buruan dapatkan pilihan smartphone yang Anda inginkan bersama Cekpremi!


Referensi:

Simulasi Kredit

Bank Mandiri

Cermati