Jangan Remehkan Asuransi Perjalanan

Asuransi Perjalanan
Image Source gloholiday.com

 

Jane, 39 tahun Ibu muda nan enerjik membawa rombongan turis dari Jakarta ke Seoul, Korea Selatan 6 bulan silam. Ia tidak akan pernah menyangka bila akan terjadi musibah yang menimpanya saat membawa rombongan turis tersebut. Jane yang terlihat sehat tiba-tiba jatuh pingsan saat perjalanan pulang menuju bandara. Hingga kemudian Jane dilarikan ke rumah sakit setempat. Malangnya vonis dokter mengaharuskan Jane dirawat dan 3 kali dioperasi, rupanya wanita itu terkena stroke mendadak

 

Bayangkan, berapa biaya yang harus dikeluarkan oleh Jane selama ia dirawat di Rumah Sakit tersebut? Untungnya Jane telah membeli asuransi perjalanan sebelum berangkat. Dikutip dari Kompas.com Jane mengaku bila semua biaya Rumah Sakit tersebut diganti (dicover) oleh asuransi perjalanan tersebut. Bahkan, biaya deposit yang dikeluarkan suaminya untuk menjemput dan mengantarkan Jane pulang pun turut dicover.

 

Setelah peristiwa itu, Jane yang berprofesi sebagai tour leader selalu menyarankan kepada para turis dan agen travel agar selalu mempersiapkan diri dengan asuransi perjalanan. Jane mengatakan, kebanyakan turis Indonesia malas mengajukan asuransi perjalanan meskipun harganya murah. Menurut Jane, para turis membeli asuransi perjalanan hanya karena disyaratkan dalam pengajuan visa.

 

Di Indonesia sendiri baru sedikit perusahan asuransi yang menawarkan jasa asuransi perjalanan. Kebanyakan perusahaan asuransi luar negeri yang menyediakan premi asuransi perjalanan tersebut. Tejasari, perencana keuangan profesional, mengungkapkan, asuransi diluar sudah bisa menerima resiko perjalanan karena kesadaran mereka akan keselamatan para warga negaranya, dan juga peluang bisnis yang sangat besar.

 

Kendala bisnis asuransi perjalanan di Indonesia lainnya adalah masalah harga. Premi yang ditawarkan perusahaan asuransi luar negeri lebih mahal dari perusahaan dalam negeri. Kendati demikian, asuransi luar negeri menawarkan perlindungan lebih banyak dari asuransi di Indonesia.

 

Berikut tips memilih premi asuransi perjalanan.

 

  1. Mengetahui secara detil isi premi

Jika anda ingin membeli asuransi perjalanan perhatikan terlebih dahulu hal apa saja yang ditanggung. Jangan sampai anda membeli premi asuransi yang sama dengan premi yang sudah kita miliki sebelumnya. Misalnya, anda sudah memiliki asuransi kesehatan yang bisa menanggung kesehatan anda selama di luar negeri, jadi buat apa anda membeli asuransi yang sama? Anda hanya tinggal membeli asuransi perjalanan yang menanggung resiko kehilangan barang saja.

 

  1. Mencari perbandingan

Bandingkan harga dan fasilitas premi yang sama dari beberapa perusahaan asuransi lain. Hal ini penting untuk efisiensi penggunan biaya anda dalam hal menggunakan asuransi yang tepat, dan sesuai kebutuhan anda.

 

  1. Beli di agen yang tepat

Asuransi perjalanan bisa dibeli melalui agen asuransi, agen travel, atau online. Namun di era modern ini anda sudah tidak perlu repot lagi memilih dan menentukan asuransi yang tepat untuk kebutuhan perjalanan anda. Saat ini banyak media asuransi online yang menawarkan jasa asuransi perjalanan, salah satunya adalah cekpremi.com. Di cekpremi.com anda dapat memilih asuransi perjalanan sesuai dengan kebutuhan anda.

 

  1. Premi asuransi perjalanan tambahan

Kebanyakan perusahaan asuransi enggan menanggung resiko untuk perjalanan yang beresiko tinggi. Risiko tinggi yang dimaksud adalah perjalanan berbahaya misalnya ke daerah konflik, olah raga, atau wisata alam liar. Biasanya untuk hal seperti itu akan dikenakan biaya permi tambahan.

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

December 1, 2014

Posted In: Lifestyle, Tips & Tricks

Tags: ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami