Jual Beli Mobil Bekas? Ini Dia Tips Ampuh Pebisnis Pemula

Jun - 05
2021
jual beli mobil bekas

Jual Beli Mobil Bekas? Ini Dia Tips Ampuh Pebisnis Pemula

Memulai bisnis jual beli mobil bekas tentu tidak mudah, apalagi jika Anda tergolong baru melakukannya. Banyak hal yang perlu dipertimbangkan, agar bisnis tersebut berjalan lancar dan menguntungkan.

Dewasa ini, menggeluti bisnis jual beli mobil seken terbilang menguntungkan. Tingginya permintaan pasar terhadap jenis mobil tersebut, membuat model usaha semacam ini menjamur di perkotaan.

Meski begitu, memasarkan mobil bekas atau seken tentu tidak semudah membalik telapak tangan. Agar usaha Anda dibanjiri pembeli, berikut beberapa tips jual beli mobil bekas yang bisa dicoba.

Inilah 7 Tips Jual Beli Mobil Bekas bagi Pemula

1. Menjual Merek Mobil yang Populer di Pasaran

Salah satu langkah ampuh dalam memenangkan hati customer adalah mengetahui apa yang mereka cari. Karena itu, Anda bisa memulai bisnis ini dengan menjual mobil yang populer di masyarakat.

Selain merek, jenis mobil yang disenangi oleh publik juga penting diketahui. Beberapa model vehicle yang umumnya laku keras di pasaran adalah mobil SUV, MPV, hatchback, sedan dan sebagainya.

2. Pilihlah Mobil-Mobil Berusia Relatif Muda

Semakin tua usia kendaraan, biasanya performa mesin serta tampilan bodinya akan semakin menurun. Jika kualitas produk kurang baik, tentu pelanggan enggan membeli mobil di tempat Anda.

Menurut ahli otomotif, usia mobil bekas yang masih layak diperjualbelikan antara 5 – 10 tahun. Namun hal ini mungkin tidak berlaku pada mobil-mobil antik yang dipasarkan atas dasar hobi.

Baca juga: 5 Hal Yang Membuat Harga Jual Mobil Kendaraan Anda Turun

3. Pastikan Dokumentasi dan Surat-Surat Kendaraan Lengkap

Dalam bisnis jual beli mobil bekas, dokumentasi atau surat-surat kendaraan sangat penting diperhatikan. Sebab, hal ini berhubungan dengan legalitas kendaraan dan keamanannya.

Sebagian besar pelanggan tentu enggan membeli mobil bekas, yang tidak jelas bukti kepemilikannya. Selain sangat berisiko, jenis mobil bodong biasanya memiliki harga jual kembali yang rendah!

4. Pilihlah Lokasi Usaha yang Cukup Representatif

Bagaimana sih lokasi usaha yang representatif itu? Tentunya yang mudah diakses oleh masyarakat, dekat dari pusat keramaian, serta mampu menampilkan produk yang Anda jual secara gamblang.

Meski model bisnis yang Anda jalankan adalah jual beli mobil bekas, lokasi usaha yang strategis tergolong penting. Perhatikan juga luas ruangan untuk memanjang mobil-mobil bekas tersebut, ya!

Baca juga: Simpel! 8 Aplikasi Jual Beli Mobil Tanpa Ribet!

5. Manfaatkan Seluruh Kanal Pemasaran

Di era sekarang ini, internet dan media sosial ampuh untuk dijadikan sebagai media pemasaran. Kanal ini efektif menjaring potential buyer, yang mungkin tak bisa kita jangkau di dunia nyata.

Modal pemasaran di internet dan dunia maya juga tergolong cukup murah. Dibanding cara-cara konvensional, melakukan jual beli mobil bekas lewat marketplace bahkan lebih disenangi pelanggan.

Itu tadi beberapa tips bisnis jual beli mobil seken yang bisa Anda coba. Untuk menjaga keamanan kendaraan, tidak ada salahnya untuk menambahkan asuransi mobil terhadap kendaraan tersebut.

Jika kendaraan yang kita jual terjamin keamanan dan kenyamanannya, tentu para pelanggan akan semakin tertarik untuk membeli mobil tersebut, bukan?

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner asuransi mobil cekpremi