Seberapa Mahal Premi Asuransi Kesehatan?

Apr - 19
2021
premi asuransi kesehatan

Seberapa Mahal Premi Asuransi Kesehatan?

Last Updated on October 1, 2021 by Andrian

Asuransi kesehatan memiliki hierarki yang tinggi dalam perencanaan keuangan. Hal ini terjadi karena biaya kesehatan yang mahal, sehingga apabila Anda sakit dan harus berobat, tidak lagi perlu mengeluarkan biaya. Asuransi kesehatan akan mengcover semua biaya tersebut. Namun, sampai saat ini masih banyak orang yang belum sadar tentang pentingnya asuransi ini dan kadang juga takut dengan premi asuransi kesehatan yang mahal. 

Asuransi kesehatan berperan penting untuk memberikan jaminan pembiayaan kesehatan agar tidak mengganggu cash flow keuangan. Sebenarnya, sudah banyak penawaran asuransi kesehatan dengan harga terjangkau yang bisa dipilih. Dapatkan penawaran terbaik dan bandingkan berbagai pilihan asuransi kesehatan di cekpremi.com

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Jumlah Premi Asuransi Kesehatan

Besaran premi asuransi sifatnya customized. Faktor utama yang mempengaruhi adalah jenis produk Asuransi yang dipilih. Jenis asuransi kesehatan yang berlandaskan investasi sudah bisa dipastikan biayanya lebih tinggi dari jumlah premi biasanya. Kemudian, jumlah tanggungan. Anda bisa memilih hanya mengcover satu orang atau untuk satu keluarga.

Biasanya semakin tinggi risiko yang ditanggung maka semakin besar pula jumlah premi yang harus dibayar. Beberapa contoh kondisi yang membuat premi asuransi menjadi lebih tinggi:

  • Orang yang sudah memiliki penyakit bawaan atau turunan
  • Orang yang sehari-harinya merokok
  • Orang yang memiliki kelebihan berat badan

Sesuaikan asuransi yang dipilih dengan dengan kebutuhan dan pendapatan Anda tiap bulan.

Tips Memilih Asuransi Kesehatan 

asuransi kesehatan terbaik

Pilih Sistem Cashless

Proses klaim yang kadang ribet dan harus memiliki uang dimuka membuat sistem cashless menjadi pilihan tepat. Cukup gunakan kartu untuk membayar asuransi. Tentunya sistem cashless ini hanya bisa dilakukan pada rumah sakit yang memiliki kerjasama dengan pihak asuransi. Jika tidak kerjasama, meskipun asuransi memiliki sistem klaim cashless, Anda terpaksa harus tetap membayar dimuka dan kemudian menyelesaikan dengan reimbursement.

Cari Tau Jaringan Rumah Sakit

Apabila Anda ingin sistem cashless, pastikan juga asuransi tersebut memiliki kerjasama dengan banyak rumah sakit dan tersebar di seluruh Indonesia. Sehingga apabila sedang bepergian dan mendadak sakit, Anda bisa menggunakannya dimanapun. 

Sesuaikan Plafond dan Premi 

Plafon merupakan besar cakupan biaya yang dicover oleh asuransi. Anda sebaiknya menentukan plafond asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan dan budget. Jika skema plafon yang diambil rendah, saat rawat inap, Anda kemungkinan harus mengeluarkan biaya tambahan untuk menutupi kekurangan yang tidak dijamin asuransi. Tentu saja, tingginya plafond berhubungan lurus dengan besarnya premi. Makin mahal harga kamar rumah sakit, makin mahal preminya. 

Pilih Asuransi Kesehatan Murni

Ada banyak jenis pilihan asuransi, salah satu yang sering ditawarkan adalah asuransi jiwa unit-link. Dalam unit-link, premi akan dibagi untuk asuransi jiwa, investasi dan baru asuransi kesehatan. Porsi untuk kesehatan menjadi kecil, sehingga Anda harus membayar lebih mahal untuk mendapatkan plafon lebih tinggi. Sebaiknya pilihlah asuransi kesehatan murni, sehingga premi diperuntukkan untuk biaya kesehatan. 

Prioritaskan Rawat Inap

Biaya kesehatan mencakup rawat jalan dan rawat inap. Sebaiknya difokuskan pada asuransi yang menanggung biaya rawat inap karena perawatan ini yang biayanya paling besar. 

Pilih Program Tanpa Limit per Perawatan

Terdapat limit atau plafon yang membatasi jumlah maksimum klaim biaya kesehatan. Umumnya, asuransi menerapkan dua jenis limit, pertama adalah limit gabungan semua perawatan dan kedua adalah limit per perawatan. Misalnya, limit pertama membatasi gabungan semua biaya perawatan Rp 250 juta dalam setahun, sementara limit kedua membatasi biaya perawatan bedah Rp 10 juta setahun, biaya konsultasi Rp 10 juta setahun dan seterusnya. 

Ada asuransi yang hanya menggunakan limit pertama, ada yang hanya limit kedua dan ada pula yang menggunakan kedua limit secara bersamaan. Sebaiknya pilih asuransi yang menerapkan limit pertama, atau dengan kata lain tidak membatasi biaya per perawatan. Maksudnya supaya pemegang polis fleksibel berobat berbagai perawatan selama limit total masih ada.

Cari Tau Masa Tunggu Penyakit

Asuransi kesehatan mensyaratkan masa tunggu, beberapa penyakit tidak dapat diklaim selama jangka waktu tertentu sejak tanggal masa berlaku asuransi. Jadi, tanyakan ke pihak asuransi penyakit apa yang masuk masa tunggu dan berapa lama.

Premi asuransi kesehatan bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan. Anda bisa mencari tau sendiri berapa premi yang harus dibayarkan di cekpremi.com. Bisa hemat hingga 35% lho!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *