Mengenal Kayu Eboni, Kayu yang Terancam Punah!

Jul - 13
2021
kayu eboni

Mengenal Kayu Eboni, Kayu yang Terancam Punah!

Kayu eboni sudah sangat terkenal khususnya bagi para pegiat bisnis furnitur. Kualitas dan daya tahan kayu satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Tidak hanya itu, masih banyak keunggulan lainnya yang bisa kalian dapatkan dari kayu eboni! Sayangnya kayu satu ini terancam punah karena eksploitasi besar-besaran yang dilakukan manusia. Penjualannya di berbagai mancanegara dibatasi guna mencegah kayu eboni punah. Yuk simak pembahasan lengkapnya disini!

5 fakta unik kayu eboni

– Kayu berwarna hitam yang berasal dari Sulawesi

Nama ebony sendiri diambil dari titik pelabuhan utama di pulau Sulawesi. Kayu satu ini juga berwarna hitam tidak seperti kayu lain yang berwarna coklat muda. Jenis kayu ini juga sudah di ekspor ke berbagai negara di Asia dan Eropa seperti Jepang dan Inggris.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

– Penggunaan eboni menunjukkan kelas sosial yang tinggi

Harganya yang mahal dan keindahan yang dihasilkan merupakan alasan utama mengapa kayu ini dianggap sebagai kayu mahal dan berkelas. Kayu ini juga sering digunakan untuk bahan dasar kerajinan tangan juga loh!

– Harga yang fantastis mahalnya

Harga yang dipatok untuk kayu langka satu ini mencapai Rp 30 juta/m2. Dengan harga yang selangit, kalian sudah tidak heran lagi bukan kalau kayu eboni dianggap sebagai penunjuk status sosial yang tinggi?

– Termasuk pohon langka yang dilindungi

Pemerintah Sulawesi berusaha keras untuk melindungi pohon eboni. Banyaknya peminat jenis kayu satu ini menjadi penyebab utama banyak terjadinya aktivitas ilegal logging.

– Mampu mencapai umur 100 tahun

Pohon eboni sendiri kalau dirawat mampu hidup hingga 100 tahun loh! Semakin tua kayu, maka semakin berkualitas juga kayu yang dihasilkan. Kalau pemerintah tegas dalam membudidayakan eboni, pastinya Indonesia bisa meraup untung banyak nih!

Alternatif kayu yang bisa kalian pilih selain eboni

Berikut adalah beberapa jenis kayu yang bisa kalian pilih selain eboni, kualitas tetap terjaga!

– Kayu merbau

Kayu merbau

Warna kayu yang orange kecoklatan dan tekstur yang kasar dapat kalian jadikan pilihan sebagai material rumah. Kayu ini terbukti memiliki ketahanan yang cukup baik dan anti rayap juga loh!

– Kayu jati

Kayu jati 

Kayu yang dikenal karena durabilitasnya yang tinggi satu ini juga termasuk kayu yang paling banyak diburu. Kuat terhadap perubahan cuaca menjadikannya kayu yang awet dipakai bertahun-tahun.

– Kayu meranti merah

Kayu meranti merah

Warna dan pola yang dimiliki oleh kayu meranti sangatlah elegan dan eksotis. Cocok bagi kalian yang ingin desain rumah yang berkelas dan ingin terlihat natural. Kayu ini mudah untuk dipotong dan diukir juga loh!

– Kayu kamper

Kayu kamper 

Sesuai dengan namanya, bau kayu satu ini mirip sekali dengan bau kamper. Kayu kamper juga mudah untuk dipotong dan dibentuk sehingga memudahkan pekerjaan tukang.

– Kayu bengkirai

Kayu bengkirai 

Ingin kayu yang elegan dan harganya tidak mahal? Maka kalian bisa mempertimbangkan kayu bengkirai. Cocok sekali digunakan untuk pagar dan lantai rumah karena tahan air dan tentunya tahan rayap. Dijamin awet deh kalua menggunakan kayu bengkirai!

 

Berikan perlindungan kepada aset properti kalian!

asuransi properti cekpremi

Properti merupakan sebuah aset yang berharga, oleh karena itu pastikan aset properti kalian terhindari dari segala resiko kerusakan yang mungkin terjadi dengan perlindungan asuransi properti!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *