7 Keuntungan Investasi Emas yang Menggiurkan. Cocok untuk Jangka Panjang!

Mei - 30
2021
keuntungan investasi emas

7 Keuntungan Investasi Emas yang Menggiurkan. Cocok untuk Jangka Panjang!

Jika Anda adalah seorang pemula yang ingin memulai investasi dengan instrumen yang aman, maka emas bisa jadi pilihan. Ada banyak keuntungan investasi emas yang bisa Anda dapatkan, lo!

Semua orang tahu bahwa emas memiliki nilai ekonomi tinggi sehingga cocok untuk dijadikan sarana berinvestasi.

Selain karena harganya yang cenderung naik setiap tahun, investasi emas ini juga dinilai minim resiko sehingga relatif aman bagi seorang pemula.

Anda ingin memilih instrumen ini untuk berinvestasi? Kalau begitu, simak berbagai keuntungan investasi emas yang bisa didapatkan pada ulasan di bawah ini.

 

7 Keuntungan Investasi Emas yang Perlu Diketahui

  • Instrumen yang Lebih Aman

Keuntungan investasi emas yang pertama yaitu instrumen ini relatif lebih aman dibanding instrumen lainnya. Inilah kenapa banyak orang memilih berinvestasi emas.

Nilai investasi secara keseluruhan tidak mengalami fluktuasi yang ekstrem seperti investasi valas, saham, atau bahkan cryptocurrency.

Meskipun relatif lebih aman, namun sebaiknya Anda tak menginvestasikan semua uang Anda pada emas saja.

Diversifikasi investasi tetap menjadi kunci penting agar Anda tak babak belur ketika nilai emas tengah turun.

  • Nilai Aset Relatif Stabil

Dalam tesis karya Syamsul Ma’arif dan Prof. Dr. Sukmawati Sukamulja, disebutkan bahwa emas merupakan aset yang stabil menurut sejumlah penelitian.

Relatif stabil bukan berarti tak mengalami penurunan, tetapi gap dari fluktuasi harga emas antara kenaikan dan penurunan tidaklah terlalu jomplang.

Sementara menurut laman sikapiuangmu.ojk.go.id, harga emas secara umum bahkan cenderung selalu naik dari tahun ke tahun.

  • Mudah Dicairkan Saat Darurat

Keuntungan investasi emas berikutnya yaitu emas mudah dicairkan ketika Anda berada dalam situasi darurat dan butuh dana instan.

Anda bisa memilih untuk langsung menjual atau menggadaikan emas yang dimiliki dengan mudah, baik itu yang berbentuk perhiasan, batangan, ataupun koin.

Selain itu, Anda pun tidak akan kesulitan mencari tempat untuk menjual atau menggadai emas karena tersedia di mana-mana, salah satunya melalui Pegadaian.

  • Emas Dianggap Minim Risiko

Emas juga dianggap sebagai instrumen investasi yang bebas risiko (risk free) yang cocok untuk pemula atau orang yang masih awam di dunia investasi.

Hal ini dikarenakan emas relatif aman dari risiko penurunan nilai akibat inflasi serta risiko biaya lain-lain dari proses transaksi emas.

Meskipun begitu, bukan berarti investasi emas tanpa resiko ya! Anda tetap perlu mencermati berbagai risiko lain yang berkaitan dengan emas.

  • Tak Ada Bunga

Keuntungan investasi emas lainnya yaitu tak ada beban bunga dari setiap transaksi yang Anda lakukan.

Investasi emas bisa terbebas dari beban bunga karena pada proses transaksinya mengikuti prinsip-prinsip syariah.

Hal ini sangat berbeda dengan instrumen lainnya yang biasanya memiliki potongan bunga yang lumayan besar pada setiap transaksi.  

  • Bisa Mulai dengan Modal Kecil

Jika Anda ingin mulai berinvestasi tapi memiliki modal yang kecil, maka investasi emas bisa jadi pilihan terbaik untuk diambil.

Meskipun harga emas per gramnya relatif mahal, tetapi Anda bisa membelinya secara mencicil dengan nominal kecil sesuai kemampuan.

Apalagi saat ini banyak platform nabung emas digital yang menawarkan opsi investasi emas mulai dari Rp500 saja!

Sebuah keuntungan investasi emas yang sangat menggiurkan bukan?

  • Mudah Didapatkan

Keuntungan investasi emas yang terakhir yaitu tersedia banyak pilihan tempat investasi yang terjangkau dan mudah diakses.

Saat ini juga sudah banyak platform digital yang menyediakan layanan investasi emas secara online.

Salah satu contohnya yaitu dari Pegadaian, sebuah lembaga investasi emas resmi milik pemerintah.

Dengan investasi emas online, Anda pun bisa memantau pasar sekaligus bertransaksi emas dengan mudah di mana saja dan kapan saja.

***

Itulah beberapa keuntungan investasi emas yang perlu Anda ketahui.

Yuk, segera mulai investasi emas dari sekarang.

Selain berinvestasi, jangan lupa juga siapkan asuransi jiwa terbaik untuk melindungi Anda dan keluarga dari berbagai risiko buruk yang tak terduga ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner asuransi covid