Kiat Aman Mengemudikan Mobil saat Cuaca Hujan

Mar - 26
2019
Cara Aman Mengemudikan Mobil saat Cuaca Hujan

Kiat Aman Mengemudikan Mobil saat Cuaca Hujan

Cuaca hujan menjadi tantangan tersendiri bagi pengendara mobil. Meskipun Anda tak kebasahan karena berada di dalam mobil, tetap saja mengemudikan mobil saat hujan membutuhkan konsentrasi ekstra. Anda harus menjaga kestabilan mobil selama berkendara. Terutama bila cuaca hujan disertai kabut tebal dan angin kencang.

Perubahan cuaca ekstrem memang membuat turunnya hujan agak sulit diprediksi. Demi menjaga keselamatan berkendara ketika hujan, sebaiknya Anda menyimak dan mengikuti kiat-kiat ini:

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Memeriksa Wiper Sebelum Berkendara

Jangan menganggah remeh fungsi wiper mobil ketika sedang hujan. Wiper mobil harus berfungsi dengan baik untuk menjaga jarak pandang maksimal Anda selama berkendara. Jangan sampai wiper yang macet malah mengganggu jarak pandang sewaktu mengemudikan mobil. Di samping itu, karet wiper yang rusak juga berisiko menggores kaca mobil. Alangkah lebih baik bila Anda rutin memeriksa wiper sesaat sebelum berkendara.

Jangan Lupa Memeriksa Ban Mobil

Kondisi ban mobil sangat mempengaruhi performa berkendara saat hujan. Ban mobil yang sudah gundul akan mempengaruhi efektivitas rem mobil. Anda akan kesulitan mengendalikan mobil di jalanan licin bila ban mobil Anda gundul. Itulah sebabnya Anda mesti mengganti ban mobil secara teratur. Anda juga wajib memeriksa tekanan angin dalam ban mobil secara berkala. Terutama bila Anda sering mengemudikan mobil dalam jarak jauh.

Menggunakan Alas Kaki yang Nyaman

Alas kaki yang nyaman penting untuk semua pengemudi mobil. Apalagi bila Anda harus mengemudikan mobil saat hujan. Jangan sampai alas kaki yang kurang nyaman malah menyulitkan Anda ketika menginjak pedal kopling, rem, dan gas. Alas kaki yang nyaman akan membuat Anda fokus berkendara meskipun harus menempuh jarak jauh selama berjam-jam.

Harus Menyalakan Lampu Depan

Menyalakan lampu depan mobil saat hujan memang merupakan peraturan tak tertulis. Namun, Anda wajib melakukanya selama hujan masih berlangsung. Lampu depan mobil Anda penting bagi pengendara yang ada di depan Anda. Supaya pengendara di depan Anda mengetahui posisi persis kendaraan Anda. Pengendara tersebut bisa menjaga jarak aman agar tidak terlalu dekat dengan mobil Anda.

Menurunkan Kecepatan Mobil

Mengendarai mobil saat cuaca hujan membuat Anda harus menurunkan kecepatan. Apalagi bila Anda akan melewati jalanan yang penuh tikungan, menurun dan menanjak, atau penuh lubang. Bila laju mobil Anda tidak terlalu cepat, Anda tidak akan kesulitan melakukan manuver selama perjalanan. Jangan sampai jalanan yang licin membuat Anda kesulitan menjaga kestabilan mobil hingga memperbesar risiko kecelakaan.

Menurunkan kecepatan mobil juga penting untuk menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan Anda. Sehingga risiko tabrakan beruntun akibat terlambat mengerem mobil dapat diminimalkan.

Fokus Menggenggam Kemudi

Selama ini Anda mungkin sudah merasa mampu mengemudikan mobil dengan baik. Namun, hal tersebut tidak boleh membuat Anda lalai menggenggam kemudi. Ketika sedang hujan, Ada harus ekstra hati-hati mengemudikan mobil. Posisikan kedua tangan Anda di arah jam 9 dan 3 atau jam 10 dan 2. Posisi tangan tersebut akan membuat Anda lebih waspada ketika mengemudi. Usahakan untuk tidak memegang gadget, makanan, botol minum, atau benda lainnya.

Jangan Melewati Genangan Air

Genangan air di jalan adalah hal yang tak boleh dianggap remeh saat cuaca hujan. Mungkin Anda mengira bahwa genangan air tersebut tidak terlalu dalam. Padahal, masuk ke genangan air yang dalam malah berisiko menyebabkan tabrakan beruntun karena kecepatan mobil turun drastis. Di samping itu, genangan air juga berisiko merusak mobil Anda. Itulah sebabnya Anda wajib menjaga jarak aman dengan kendaraan di belakang Anda. Supaya Anda masih sempat menghindar bila menemukan genangan air.

Untuk melengkapi proteksi bagi Anda dan mobil kesayangan saat cuaca hujan, Anda tak boleh mengabaikan manfaat asuransi. Produk asuransi mobil terbaik akan memberikan perlindungan maksimal bagi mobil Anda. Tak perlu khawatir untuk urusan premi asuransi mobil. Kini, premi asuransi mobil ACA dan produk asuransi lainnya semakin terjangkau. Sehingga Anda leluasa memilih produk asuransi mobil murah yang manfaatnya sesuai dengan kebutuhan.

Jangan langsung percaya dengan mitos yang menyatakan bahwa premi asuransi mobil ACA dan asuransi lainnya relatif mahal dan membebani. Cari tahu dulu perbandingan berbagai premi asuransi mobil sebelum menentukan pilihan terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *