Kiat Mudah Merawat Body Mobil Agar Selalu Kinclong Seperti Baru

Apr - 11
2019
Kiat Mudah Merawat Body Mobil Agar Selalu Kinclong Seperti Baru

Kiat Mudah Merawat Body Mobil Agar Selalu Kinclong Seperti Baru

Memiliki mobil pribadi bukan sekadar menyiapkan berbagai biaya untuk mendukung aktivitas berkendara. Kalau untuk urusan biaya, Anda pasti sudah menyiapkan asuransi kendaraan mobil berkualitas dan budget lainnya. Apalagi saat ini banyak asuransi mobil berkualitas yang preminya terjangkau. Sehingga Anda bisa mendapatkan manfaat proteksi maksimal tanpa mengalami gangguan finansial akibat premi asuransi yang mahal.

Selain persiapan budget, Anda juga harus telaten merawat mobil secara mandiri. Bagian body mobil yang terawat mencerminkan kepribadian Anda yang bertanggung jawab. Cara merawat body mobil ternyata sangat mudah. Karena Anda hanya perlu mempraktikkan kiat-kiat berikut ini:

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Menjauhkan Mobil dari Sinar Matahari

Tak banyak orang yang tahu bahwa sinar matahari merupakan musuh utama bagi body mobil. Paparan sinar UV dari matahari berisiko merusak cat mobil. Akibatnya, mobil jadi kelihatan kusam dan catnya mudah mengelupas. Sebaiknya Anda selalu memarkir mobil di tempat teduh yang tidak langsung terkena sinar matahari. Sehingga risiko kerusakan body mobil akibat sinar matahari bisa diminimalkan.

Mencuci Mobil dengan Sampo Khusus

Jangan meremehkan kandungan sampo yang digunakan untuk mencuci mobil. Sampo khusus mobil memiliki kandungan yang aman bagi body mobil. Tekstur permukaan dan warna cat mobil pun akan tetap awet kalau Anda selalu mencuci mobil dengan sampo khusus. Bahkan, saat ini sudah banyak produk sampo mobil yang dijual dalam bentuk sachet. Harganya terbilang ekonomis dan praktis untuk satu kali pakai.

Segera Mencuci Mobil yang Terkena Air Hujan

Air hujan ternyata memiliki kandungan asam tinggi yang berisiko merusak cat mobil. Itulah sebabnya Anda tidak boleh membiarkan mobil yang baru terkena air hujan. Setelah mobil terkena air hujan, Anda harus segera mencucinya dengan sampo mobil dan air mengalir. Supaya sisa-sisa air hujan tidak merusak cat mobil dan menimbulkan keropos pada body mobil.

Kain yang Tepat untuk Membersihkan Mobil

Ternyata tidak semua jenis kain bisa digunakan untuk membersihkan mobil. Sebaiknya Anda menggunakan kain jenis micro fiber yang seratnya halus dan aman bagi permukaan mobil. Kain micro fiber tidak akan menimbulkan noda atau goresan pada body mobil. Anda pun leluasa menggunakannya untuk mengeringkan mobil yang baru dicuci.

Jangan Menutup Mobil yang Masih Basah

Penggunaan car cover dianggap penting untuk menjauhkan mobil dari debu dan kotoran lainnya. Namun, sebaiknya Anda tidak menutup mobil yang baru selesai dicuci. Karena kelembapan yang tinggi malah membuat kaca mobil rentan berjamur dan body mobil berkarat. Sebaiknya Anda mengangin-anginkan mobil selama beberapa jam setelah dicuci. Selanjutnya, Anda pun bisa menutup mobil dengan car cover jika mobil sudah benar-benar kering.

Melakukan Proses Waxing secara Teratur

Proses waxing body mobil berfungsi untuk melindungi permukaannya dari sinar matahari dan kotoran. Idealnya, proses waxing mobil dilakukan setiap dua hingga tiga bulan sekali. Selain melindungi permukaan mobil, penampilan body mobil pun akan terlihat lebih mengkilap. Warna cat asli mobil tampak lebih menarik dan seperti baru kalau Anda rutin melakukan proses waxing tersebut.

Proses Compound Mobil Juga Penting

Selain waxing, proses compound juga penting untuk mobil kesayangan Anda. Bedanya, compound mobil hanya diperuntukkan pada bagian body yang lecet atau ditempeli noda membandel. Proses compound dengan prosedur yang benar akan membantu melepaskan noda dan menghilangkan lecet. Maka mobil kesayangan Anda pun akan kembali mulus seperti baru.

Lekas Memperbaiki Bagian Mobil yang Rusak

Kerusakan pada body mobil biasanya baru disadari ketika Anda sedang mencuci atau membersihkan body mobil. Saat Anda menemukan kerusakan kecil pada body mobil, sebaiknya Anda segera melakukan proses perbaikan. Bawalah mobil ke bengkel body terpercaya agar kerusakannya lekas ditangani. Jangan sampai kerusakan tersebut menyebar ke bagian mobil yang lain. Terutama bila kerusakan tersebut disebabkan oleh karat atau keropos.

Sekarang, Anda sudah tahu kan cara merawat body mobil yang benar ternyata tidak sulit. Kalau Anda mau menyisihkan sedikit waktu untuk merawat mobil, pasti tampilan mobil Anda akan selalu kelihatan menarik. Tak perlu bergonta-ganti mobil baru kalau Anda bisa merawat mobil kesayangan secara telaten.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *