Kisaran Biaya Liburan ke Swiss yang Bisa Dipersiapkan

Kisaran Biaya Liburan ke Swiss

Swiss merupakan salah satu negara maju di Eropa Barat, dan masuk dalam jajaran lima negara paling bahagia di dunia setelah Swedia, Finlandia, Denmark, dan Norwegia. Itulah mengapa negara satu ini kerap jadi target tujuan liburan. Jika Anda juga tertarik berlibur ke sana, maka harus tahu kisaran biaya liburan ke Swiss agar bisa mempersiapkannya.

Meskipun di sana Anda tidak akan menemukan pantai yang indah karena negara ini dikurung oleh daratan, akan tetapi panorama yang disajikan akan memanjakan mata. Pasti ada banyak cerita liburan ke Swiss yang berkesan dan membuat Anda ingin kembali mengunjunginya. Sebelumnya, mari kita lihat berapa biaya untuk ke sana.

Kisaran Biaya Liburan ke Swiss, Mulai Visa Sampai Biaya Makan di Sana

Berlibur ke Eropa, sudah pasti membuat Anda risau tentang seberapa dalam merogoh kocek juga tabungan agar impian tersebut bisa terwujud. Nah, supaya tidak sekedar menduga-duga, kami hadirkan kisaran biaya liburan ke Swiss agar Anda bisa membuat persiapan.

Bukan hanya itu, kami juga berikan beberapa info terkait tujuan wisata yang direkomendasikan serta kuliner maupun transportasi yang bisa membantu menghemat pengeluaran. Yuk, simak informasi berikut!

1. Biaya Pembuatan Paspor dan Visa

Hal pertama yang harus Anda tahu ialah syarat liburan ke Swiss harus memiliki paspor juga Visa. Pembuatan paspor biasa umumnya sekitar 300 ribuan, sementara untuk e-paspor sekitar 600 ribu rupiah.

Sementara untuk biaya Visa sekitar 1,5 juta rupiah. Namun, jika Anda berencana untuk menjelajah negara lain di Eropa yang masih berbatasan dengan Swiss, bisa menggunakan Visa Schengen. Indonesia sendiri termasuk negara yang wajib memiliki Visa tersebut jika ingin berkunjung ke Eropa.

Visa Schengen merupakan Visa untuk kunjungan singkat dengan tujuan perjalanan bisnis atau wisata. Dengan Visa tersebut, Anda bisa menjelajahi 26 negara di Eropa yang masuk ke dalam zona Schengen selama 90 hari dalam kurun waktu enam bulan. Biaya pembuatan Visa Schengen kurang lebih 80 Euro atau 1,3 juta rupiah per orang.

Namun perlu diketahui, bahwasanya mata uang yang berlaku di Swiss bukan Euro, ya! Beberapa tempat mungkin menerima pembayaran dengan mata uang Euro, akan tetapi Anda juga harus menyiapkan mata uang Swiss yakni Swiss Franc (CHF).

Jika kesulitan menukar mata uang rupiah ke CHF di Indonesia, Anda bisa menukarnya dengan Euro dulu. Baru ketika berada di Swiss bisa menukar ke mata uang CHF di bandara atau money changer yang ada. Kurs CHF ke dalam Rupiah kurang lebih 16 ribu, jadi sudah terbayang, kan kisaran biaya liburan ke Swiss berapa CHF.

2. Akomodasi

Terkait transportasi juga hotel atau penginapan, ini juga harus diperhitungkan sedari awal. Dengan begitu biaya tidak membengkak dan masih ada anggaran untuk membeli buah tangan. Kisaran biaya liburan ke Swiss untuk tiket pesawat termurah sekitar 11 juta rupiah. Ini sudah tiket PP, ya! Dengan catatan Anda berhasil mendapat tiket promo.

Kisaran harga biasa masih di angka 20 jutaan untuk tiket pulang pergi. Terlebih lagi, Anda tidak bisa melakukan penerbangan dari Indonesia ke Swiss. Anda harus menggunakan connecting flight, dan biasanya kota yang menjadi pilihan landasan yaitu, Geneva, Zurich, dan Bern. Kami menyarankan agar Anda landing di Geneva atau Zurich.

Alasannya penerbangan dari kedua kota tersebut lebih banyak dibandingkan dari Bern. Hal ini juga yang membuat harga paket liburan ke Swiss yang ditawarkan oleh biro perjalanan cukup mahal. Supaya bisa di negara indah tersebut perlu perjalanan panjang tetapi sangat berkesan pastinya.

Selanjutnya, untuk hotel Anda bisa memilih kamar single ala backpacker yang tidak jauh dari pusat kota. Harga sewanya kisaran 700 ribu sampai 1 juta rupiah. Sementara untuk transportasi selama di sana, Anda bisa menggunakan travel pass supay bisa mengakses semua moda transportasi, biayanya mulai 1-5 juta.

Biaya tersebut tergantung pilihan kelas dan berapa hari Anda akan mempergunakan travel pass tersebut. Jika ingin lebih bebas dan puas menjelajah, Anda bisa menyewa mobil pribadi mulai 600 ribu sampai 3 juta per hari. Tergantung kapasitas mobil yang Anda sewa. Itu belum termasuk bahan bakar dan biaya tol, ya!

Harga bahan bakar di sana cukup mahal, sekitar 300 ribu rupiah untuk penggunaan beberapa jam. Tol di beberapa negara yang berbatasan dengan Swiss ada yang gratis tetapi juga ada yang cukup mahal hingga 300-700 ribuan. Jika ingin menggunakan mobil, usahakan Anda menguasai Bahasa Inggris dengan cukup baik.

Meskipun bahasa yang digunakan di sana adalah Jerman, Perancis, Italia, dan juga Romande sesuai empat etnis utama penduduknya. Namun mereka juga biasa berkomunikasi dengan Bahasa Inggris pada para turis.

3. Makan

Pengeluaran lain yang juga patut diperhitungkan ialah untuk makan. Di Swiss, jika Anda makan di restoran setidaknya perlu 200 ribu per orang sekali makan. Solusi untuk berhemat Anda bisa makan di restoran makanan cepat saji yang umumnya 90 ribuan per orang. Bisa juga bawa mi instan atau rendang dari rumah, ya agar lebih hemat.

Dari informasi di atas, kisaran biaya liburan ke Swiss paling banyak untuk akomodasi. Jadi persiapkan dana sebaik mungkin untuk hal itu. Sementara untuk plesir dan oleh-oleh tinggal sesuaikan dengan budget yang ada.

Nah, selain mempersiapkan biaya agar liburan berjalan lancar, Anda juga harus melindungi diri dari berbagai kemungkinan buruk selama melakukan perjalan. Mulai dari pembatalan flight, kehilangan bagasi, dan risiko lainnya. Caranya, Anda bisa menggunakan asuransi perjalanan.

Namun pastikan Anda memilih asuransi terbaik. Anda bisa mendapatkannya dari mitra asuransi terpercaya juga terbaik yang disediakan oleh cekpremi.com. Di sana Anda bisa memilih perlindungan perjalanan domestik, se-Asia, bahkan perjalanan ke seluruh dunia kecuali ke negara yang tengah konflik.

Dengan memiliki asuransi perjalan terbaik dan juga mengetahui kisaran biaya liburan ke Swiss, maka perjalan liburan Anda akan lebih berkesan. Jadi, selain mulai menabung segera daftar diri Anda untuk polis asuransi perjalan dari mitra asuransi yang disarankan oleh cekpremi.

Sumber Artikel

Duta Imigrasi

Kumparan

Finansialku

Pindah Lubang