Kopling Mobil: Jenis, Fungsi, dan Cara Perawatannya

Mei - 10
2021
kopling mobil

Kopling Mobil: Jenis, Fungsi, dan Cara Perawatannya

Kopling mobil adalah salah satu perangkat penting untuk mobil yang menghubungkan roda gigi transmisi dan poros engkol sehingga roda belakang bisa bergerak. Jadi, fungsi utamanya untuk mengubah tingkat kecepatan mesin sesuai keinginan pengendara. Penggunaan kopling juga disesuaikan dengan jenis mobil yang digunakan. Seiring perkembangan teknologi di dunia otomotif, kopling mulai banyak dikembangkan dengan berbagai elemen tambahan untuk menunjang keamanan dan kenyamanan berkendara.

Fungsi Kopling Mobil

  • Untuk mengangkat engine pada saat mobil akan bergerak, sehingga pergerakan mobil lebih halus dan lancar.
  • Memindahkan gigi mobil dengan pergerakan yang halus saat mobil mulai berjalan atau digunakan.
  • Menghentikan mobil tanpa mematikan mesin, terutama pada saat macet atau lampu merah di jalan besar dan padat.
  • Menunjang performa kendaraan dan mesin sehingga lebih maksimal dan optimal.
  • Meningkatkan performa rem kendaraan, terutama saat terjadi pengereman dadakan atau darurat.

Sebagai salah satu perangkat penting pada mobil, kinerja kopling bisa menurun atau mengalami keausan yang bisa terjadi karena dimakan umur serta pemakaian yang salah. Banyak pengemudi mobil yang kurang aware saat kondisi kopling mulai habis. Padahal pengemudi bisa lho mengenali kampas kopling mulai habis.

Ciri Kampas Kopling Mobil Mulai Habis

ciri kopling mobil aus

Akselerasi Lemah

Biasanya tanda awal ketika kopling mulai aus atau habis adalah akselerasi melemah. Jadi, saat pengemudi menginjak pedal gas mobil, tidak membuat mobil melaju cepat namun menimbulkan suara decitan dan raungan mobil. Bisa juga terjadi mobil berhenti namun mesin hidup. Kondisi seperti ini sangat berbahaya dan dapat menimbulkan kecelakaan di jalan. 

Berbau Gosong

Bau gosong yang muncul biasanya akibat dari gesekan kampas kopling yang terlalu sering sehingga hangus. Baunya bisa tercium jika pengendara menggunakan mobil melintasi tanjakan atau turunan yang curam dan memenuhi seluruh ruang kabin.

Putaran Pada Mesin Tinggi

Kondisi putaran mesin yang tinggi ini biasanya dipicu oleh keadaan akselerasi mobil yang melemah serta permukaan kampas yang cenderung licin. Putaran mesin yang tidak normal ini bisa membuat suhu kendaraan meningkat secara drastis lho dan menyebabkan overheat pada mobil.

Pemindah Gigi Keras

Biasanya juga terasa saat memindahkan gigi menjadi lebih keras dan kaku. Kondisi kakunya pemindah gigi ini biasanya akibat dari mesin transmisi gigi mobil yang terus-terusan berputar. Kondisi tersebut dikarenakan transmisi giginya yang susah terhubung.

Jarak Injak Pedal Kopling Lebih Pendek

Indikasi keausan dan habisnya kampas kopling yang terakhir adalah jarak injak pedalnya yang lebih pendek. Kondisi memendeknya jarak injak pedal clutch disc ini akibat dari menipisnya kampas. 

Cara Merawat Kopling Mobil

perawatan kopling mobil

Perawatan pada kopling bertujuan untuk memperpanjang umur kopling, serta membuat performa mobil tetap konsisten. Berikut adalah cara merawatnya 

Meminimalisir Penggunaan Setengah Kopling Saat Mengemudi

Beberapa orang kadang memakai setengah kopling ketika berkendara. Kebiasaan ini akan membuat kampas kopling cepat habis dan berdampak buruk pada kopling mobil secara jangka panjang.

Jangan Menerjang Banjir

Musim hujan belakangan ini sering membuat beberapa daerah tergenang dan sulit untuk dilewati. Jika Anda memaksakan menerobos banjir, maka bisa berakibat pada sistem kopling terganggu akibat masuknya air banjir ke dalamnya. Sebisa mungkin untuk tidak memaksakan mobil menerjang banjir, kecuali jika sudah dilengkapi automatic transmission.

Lakukanlah Pemeriksaan Volume Minyak Pada Rem

Volume minyak pada rem cukup berpengaruh pada kinerja kopling. Pastikan agar volume minyaknya ada dalam kadar normal. Volume minyak yang berlebih sendiri bisa membuat kopling mobil blong.

Lakukanlah Penyetelan Pada Celah Kopling

Kopling mobil akan sering berubah kondisi, bila rutin digunakan. Hal itu juga berpengaruh pada berubahnya celah kopling Pengecekan rutin pada celah kopling juga bisa membuat transisi energi dari mesin ke transmisi lancar, serta membuat nyaman saat menggunakan kopling.

Jangan Biarkan Mobil Tidak Dipakai Lama

Selain membuat mobil rentan akan kerusakan, membiarkan mobil tidak dipakai dalam waktu lama juga berdampak buruk pada kopling. Jika jarang bepergian, cobalah memanaskan mobil sambil mengelilingi kompleks atau tempat tinggal. 

Setelah mengetahui ciri kopling mobil aus, lakukanlah perawatan secara rutin sebelum kampas kopling benar-benar habis. Perawatan rutin ini bisa memberikan keamanan dan kenyamanan ketika Anda berkendara.

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner asuransi mobil cekpremi