Manajemen Keuangan: Fungsi, Tujuan dan Definisinya

fungsi manajemen keuangan

Last Updated on November 2, 2021 by Andrian

Manajemen keuangan tentunya adalah bagian penting dari sebuah perusahaan. Tanpa adanya manajemen keuangan yang baik, bisa-bisa perusahaan tidak dapat mengolah keuntungan yang didapat dengan baik. Penasaran dengan apa saja fungsi, tujuan dan definisi manajemen keuangan? Mari simak pembahasan lengkapnya di artikel ini! ‘

Peran Manajemen Keuangan dalam Suatu Perusahaan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, peran manajemen keuangan dalam suatu perusahaan sangatlah krusial. Perusahaan yang terus berkembang pastinya memiliki sistem manajemen keuangan yang sehat.

Manajemen keuangan sendiri sangat berperan dalam menjaga pengelolaan portfolio investasi, akuntansi dan semua jenis analisis keuangan. Dengan begitu setiap pengambilan keputusan yang berhubungan dengan keuangan dapat diputuskan dengan bijak.

Apa Itu Manajemen Keuangan?

Jika dijelaskan dengan pengertian umum, manajemen keuangan merupakan suatu proses merencanakan, mengatur, mengarahkan dan mengendalikan seluruh kegiatan keuangan yang ada di dalam sebuah organisasi.

Bisa dikatakan manajemen keuangan adalah sebuah fungsi yang dapat membantu sebuah perusahaan mencapai tujuan finansialnya. Biasanya terdiri dari bagian akuntansi, manajemen investasi, pajak dan masih banyak lagi.

Tujuan Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan tentunya memiliki tujuannya tersendiri, penasaran apa saja tujuan dari manajemen keuangan? Mari simak pembahasan lengkapnya di artikel bawah ini:

1. Pengawasan

Mengontrol arus keluar masuk uang dalam sebuah perusahaan sangatlah penting. Maka dari itu manajemen keuangan juga memiliki tujuan sebagai pengawas arus keluar masuk uang dalam sebuah perusahaan.

Dengan begitu kondisi keuangan perusahaan pun menjadi lebih sehat dan stabil ke depannya.

2. Memaksimalkan Keuntungan

Sebisa mungkin menggunakan uang dengan efisien adalah kunci dari memaksimalkan keuntungan dalam sebuah perusahaan. Mengingat salah satu fungsi dari manajemen keuangan adalah mengatur budget, tentunya hal ini dapat membuat perusahaan bisa lebih memaksimalkan keuntungan.

3. Penyedia Dana

Tujuan lainnya dari manajemen keuangan adalah sebagai penyedia dana, berbagai hal seperti kebutuhan operasional perusahaan atau berbagai kebutuhan lainnya dana akan disediakan oleh pihak manajemen keuangan.

4. Menjaga Investasi Tetap Aman

Mengalokasikan dana yang diterima perusahaan dengan baik dan benar adalah tujuan dari adanya manajemen keuangan. Manajemen keuangan akan memastikan bahwa uang yang diterima oleh perusahaan digunakan sebaik mungkin.

5. Mengawasi Keuangan Perusahaan

Selain bertugas untuk menyalurkan dana, tujuan dari adanya manajemen keuangan juga adalah sebagai pengawas seluruh aktivitas keuangan dalam sebuah organisasi/bisnis.

Fungsi Manajemen Keuangan

Jika kalian sudah mengerti apa itu manajemen keuangan, apa perannya dalam sebuah perusahaan dan apa tujuannya. Mari kita simak mengenai fungsi manajemen keuangan:

1. Penyedia Anggaran

Fungsi pertama dari manajemen keuangan adalah sebagai pihak penyedia anggaran. Pengalokasian anggaran harus dipastikan berjalan dengan efisien agar perusahaan dapat memperoleh hasil yang memuaskan.

2. Perencana Keuangan

Setiap perusahaan tentunya memiliki perencanaan keuangan, nah yang bertugas untuk membuat perencanaan keuangan tersebut adalah pihak dari manajemen keuangan. Semua estimasi kebutuhan modal perusahaan akan diperkirakan oleh pihak manajemen keuangan.

3. Pengawas Keuangan Perusahaan

Setiap rencana yang dijalankan oleh perusahaan tentunya membutuhkan dana. Nah fungsi manajemen keuangan adalah sebagai pihak yang memastikan bahwa dana telah disalurkan dan sudah digunakan dengan baik oleh setiap divisi yang ada di perusahaan.

4. Auditing

Fungsi selanjutnya dari manajemen keuangan adalah melakukan audit. Hal ini dilakukan agar rencana yang telah dibuat di awal berjalan sesuai rencana dan memastikan bahwa kesehatan keuangan sebuah perusahaan aman.

5. Reporting

Setelah melakukan berbagai fungsi seperti perencanaan, pengawasan dan audit, selanjutnya fungsi dari manajemen keuangan adalah dengan membuat laporan.

Biasanya laporan ini akan ditunjukkan kepada para pemangkiu penting yang ada di dalam bisnis tersebut.

 

asuransi cekpremi

Mari kunjungi Cekpremi Blog untuk berbagai informasi bermanfaat mengenai keuangan, dan bagi kalian yang sedang mencari asuransi klik gambar di atas ya!

 

About Andrian

Passionate SEO person, and love to bring people the right information that they want. Please enjoy our article and hopefully the information that we serve is fulfilling your needs :)

View all posts by Andrian →