Manfaat Susu UHT untuk kesehatan tubuh

Manfaat susu UHT sangat banyak untuk kesehatan tubuh. Jika mengkonsumsinya secara rutin, kamu akan mendapatkan manfaat susu UHT ini. Susu ini dinilai lebih aman karena proses produksinya menggunakan teknologi canggih.

Susu UHT banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, mulai dari anak-anak hingga usia dewasa. Susu ini sangat bagus untuk kesehatan jika dikonsumsi secara rutin.

Banyak nutrisi yang terkandung dalam susu yang satu ini. Nutrisi tersebut baik untuk kesehatan tulang dan organ penting lainnya. Varian rasanya juga beragam sehingga banyak diminati masyarakat Indonesia

Untuk lebih jelasnya, simak informasi mengenai apa itu susu UHT dan beragam manfaatnya untuk kesehatan tubuh berikut ini.

Mengenal Apa Itu Susu UHT

UHT merupakan singkatan dari Ultra High Temperature. Susu UHT adalah susu sapi yang diolah dengan teknologi pemanasan tingkat tinggi dan dalam waktu yang sebentar.

Susu sapi yang diolah dengan proses pemanasan yang cepat ini juga disebut susu pasteurisasi.

Untuk proses pembuatannya, susu sapi dipanaskan pada suhu di atas 138 derajat celcius dalam jangka waktu yang sangat singkat yakni, 2-4 detik. Setelah melalui proses yang singkat itu, susu tersebut langsung dikemas menggunakan karton atau kaleng yang steril.

Jika dibandingkan dengan jenis susu yang lain, waktu simpan susu UHT terbilang lebih panjang. Catatannya, kemasan susu belum pernah dibuka.

Biasanya, masa simpan susu UHT bisa mencapai 9 bulan tanpa disimpan di kulkas jika kemasan belum terbuka. Apabila sudah dibuka, masa simpannya hanya 3-4 hari.

Dengan pemanasan tingkat tinggi tersebut, kamu tidak perlu khawatir nutrisi pada susu berkurang.

Tujuan dari pemanasan tingkat tinggi justru untuk membunuh mikroorganisme berbahaya dalam susu dan sekaligus menjaga nutrisinya.

Manfaat Susu UHT bagi Kesehatan

Manfaat susu yang satu ini begitu beragam bagi kesehatan tubuh. Kamu bisa mengkonsumsinya secara rutin agar nutrisi yang didapatkan tubuhmu bisa maksimal.

Susu ini mengandung banyak nutrisi penting seperti, kalsium, potassium, zinc, magnesium, vitamin A, vitamin B12 dan nutrisi lainnya.

Berikut ini manfaat susu UHT yang penting untuk kamu ketahui. Baca sampai habis ya.

  • Mengoptimalkan Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Manfaat dari susu UHT yang pertama adalah untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi, khususnya bagi anak-anak pada usia pertumbuhan. Melihat manfaat susu ini, kamu sebaiknya mengkonsumsinya setiap hari.

Susu mempunyai kandungan nutrisi berupa kalsium dan vitamin D sehingga baik untuk pertumbuhan gigi dan tulang.

  • Menjaga Tulang agar Tetap Sehat

Manfaat dari susu ini yang selanjutnya adalah menjaga agar tulang dan gigi tetap sehat. Manfaat ini sangat berguna bagi kamu yang sudah tidak dalam masa pertumbuhan.

Dengan rutin mengkonsumsi susu UHT, kepadatan tulang akan tetap terjaga. Jika asupan vitamin D dan kalsium tidak terpenuhi, masalah tulang seperti, osteoporosis bisa terjadi.

  • Bisa Meningkatkan Fungsi Sistem Saraf Tubuh

Manfaat dari susu UHT yang tak kalah pentingnya adalah meningkatkan fungsi sistem saraf. Tidak hanya menjaga kekuatan tulang, susu ini juga bisa digunakan untuk mengoptimalkan fungsi saraf pada tubuh.

  • Membantu Vitamin Terserap dengan Optimal

Dengan mengkonsumsi susu UHT, vitamin yang ada di dalam tubuhmu bisa terserap dengan optimal. Pasalnya, terdapat kandungan lemak yang cukup tinggi di dalam susu. Lemak inilah yang membantu penyerapan vitamin.

  • Kesehatan Otot Terjaga

Kamu bisa menjaga fungsi otot tetap terjaga dengan mengkonsumsi susu UHT setiap hari. Kandungan protein di dalamnya cukup tinggi. Protein inilah yang berperan dalam memperbaiki otot-otot yang rusak.

  • Membuat Risiko Diabetes dan Serangan Jantung Menurun

Susu UHT bisa menurunkan risiko diabetes dan serangan jantung berkat kandungan omega-3 atau asam lemak tak jenuh.

  • Otak Berkembang Lebih Optimal

Dengan rutin mengkonsumsi susu UHT, otak bisa berkembang lebih optimal. Hal ini karena kandungan lemak di dalamnya. Khususnya jika susu ini dikonsumsi oleh anak-anak yang sedang dalam fase pertumbuhan.

  • Daya Tahan Tubuh Meningkat

Manfaat dari susu ini yang selanjutnya adalah bisa membuat daya tahan tubuh meningkat. Tubuhmu akan lebih kebal dari serangan penyakit.

Untuk itu, jadikan susu UHT sebagai salah satu menu wajib setiap hari.

  • Sebagai Sumber Energi

Susu UHT merupakan sumber energi yang baik untuk tubuhmu. Nutrisi dan gizi yang ada di dalamnya bisa meningkatkan energi. Sebelum mengawali aktivitas, jangan lupa untuk mengkonsumsi susu UHT.

Nah, itu tadi informasi mengenai manfaat susu UHT yang penting untuk kamu ketahui. Sebaiknya, kamu memasukkan susu UHT sebagai salah satu menu wajib setiap harinya.

Untuk mengoptimalkan proteksi diri dari penyakit, sebaiknya kamu segera menggunakan asuransi kesehatan. Pasalnya, biaya medis bisa ditanggung oleh asuransi ini.

Asuransi kesehatan terbaik bisa kamu temukan di cekpremi. Kunjungi cekpremi dan temukan perlindungan kesehatan yang sesuai kebutuhanmu.

Pertanyaan Seputar Manfaat Susu UHT

Manfaat susu UHT sangat penting untuk kesehatan tubuh. Jika masih ada pertanyaan seputar manfaat susu yang kaya manfaat ini, contoh pertanyaan berikut mungkin bisa membantu.

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Berapa banyak anak boleh minum susu UHT?” answer-0=”Anak-anak dengan usia di atas 1 tahun boleh minum susu UHT sebanyak 2-3 gelas setiap hari. Susu UHT tidak boleh terlalu banyak diberikan kepada anak-anak.” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Apakah minum susu Ultra Milk bisa menambah berat badan?” answer-1=”Kandungan nutrisi dan gizi pada susu UHT tetap terjaga dengan baik. Susu UHT tidak akan membuat gemuk. ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]