Ini Manfaat Tanaman Kumis Kucing, Bisa Sebagai Obat Herbal!

Jun - 14
2021
pengobatan herbal

Ini Manfaat Tanaman Kumis Kucing, Bisa Sebagai Obat Herbal!

Sebagai negara yang memiliki lahan subur, banyak tanaman-tanaman yang bisa dijadikan sebagai obat herbal lho! Tanaman obat ini sebenarnya telah populer sejak jaman nenek moyang dahulu dan diklaim efektif untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Salah satu yang terkenal adalah kumis kucing, manfaatnya bisa mengobati asam urat hingga menyehatkan jantung. Berikut adalah detail manfaat tanaman kumis kucing lainnya dan cara pengolahannya:

Apa Saja Manfaat Tanaman Kumis Kucing?

manfaat tanaman kumis kucing

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Kumis kucing memiliki kandungan senyawa alami, yaitu flavonoid, triterpenoid, fenolik, sinensetin, eupatorin, glikosida, tanin, saponin, dan steroid. Senyawa tersebut secara umum berkhasiat untuk anti radang dan antioksidan bagi tubuh. Secara spesifik, beberapa penyakit ini bisa disembuhkan dengan tanaman kumis kucing lho.

Asam Urat

Kandungan flavonoid, fenolik, dan asam kafeat yang tinggi pada tanaman ini dieprcaya mampu mengobati penyakit asam urat. Senyawa aktif tersebut memiliki sifat antir adang yang dapat menghambat pembentukan asam urat, sehingga dapat mencegah dan mengurangi risiko serangan asam urat. 

Cara konsumsinya dengan beberapa bahan ini:

  • Daun kumis kucing kering 10 gram 
  • Meniran kering 10 gram 
  • Sawi tanah kering 10 gram 
  • Jahe merah kering 15 gram 
  • Kapulaga kering 10 gram

Cuci semua bahan, lalu rebus ke dalam satu liter air mendidih dan sisakan hingga 500 ml. Minum air rebusan tersebut tiga kali sehari dan ulangi hingga asam urat berkurang.

Baca juga: 4 Gejala Asam Urat Paling Umum dan Langkah Pencegahannya yang Wajib Anda Ketahui

Rematik

Kandungan senyawa fenolik dan flavonoid yang tinggi pada kumis kucing diketahui mampu mengobati rematik secara alami. Terutama bagi penderita rheumatoid arthritis (RA) yang disebabkan oleh reaksi autoimun. 

Cara penggunaannya dengan merebus 5 lembar daun kumis kucing dengan 3 gelas air. Setelah direbus, tunggu beberapa menit hingga air rebusan menjadi dingin dan siap diminum. Minim sebanyak tiga kali dalam satu hari. 

Baca juga: Beberapa Manfaat Seledri Yang Bisa Di Gunakan Dalam Pengobatan

Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan sinensetin di dalam tanaman ini berperan penting sebagai antioksidan dan memiliki aktivitas diuretik yang kuat sehingga dapat membantu tubuh mengurangi kadar natrium berlebih melalui urin.

Cara mengkonsumsinya:

  • Daun kumis kucing 20 lembar 
  • Daun sambiloto 20 lembar 
  • Air 110 ml  

Cuci daun kumis kucing dan sambiloto sampai bersih. Lalu, rebus semua bahan tersebut dan minum air rebusan sekali sehari.

Mengobati Gangguan Ginjal

Kumis kucing juga populer digunakan untuk mengobati gangguan ginjal. Kabarnya kumis kucing dapat menghilangkan batu ginjal hingga berukuran 5 cm karena kandungan asam betulinat yang bersifat diuretik. Caranya dengan rutin mengkonsumsi dua cangkir teh kumis.

Menurunkan Gula Darah

Kumis kucing memiliki kandungan minyak atsiri dan genkosid ortosifonin yang diyakini dapat menurunkan kadar gula darah tinggi. Khasiat ini dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil dan dapat mencegah hingga mengobati penyakit diabetes.Cara pengobatannya dengan meminum air rebusan kumis kucing.

Baca juga: Tanaman Obat Untuk Pengidap Diabetes

Menyehatkan Jantung

Daun kumis kucing mengandung Methylripariochromene A (MRC) yang mampu merelaksasi otot dan memperbesar pembuluh darah. Serta mamiliki kalium yang baik untuk mengurangi efek sodium. Rutin mengkonsumsi air rebusan kumis kucing bisa membuat tekanan darah berkurang. Serta gabungan efek antidiabetik, peningkatan kadar HDL, dan penurunan kadar lemak darah ini sangat baik untuk mencegah penyakit jantung.

Keputihan dan Masalah Menstruasi

Perempuan yang sering mengalami masalah menstruasi juga bisa mendapatkan manfaat dari kumis kucing. Rutin mengkonsumsi ekstrak kumis kucing diketahui bisa menurunkan kadar prostaglandin sehingga bisa mengurangi nyeri menstruasi, pendarahan berlebih, dan keputihan.

Cara konsumsinya dengan:

  • 1 genggam daun kumis kucing
  • 1 genggam daun beluntas
  • 1 sendok jinten hitam
  • 10 biji kemukus
  • Air secukupnya

Rebus semua bahan tadi hingga mendidih. Minum 2 kali sehari secara rutin. 

Manfaat tanaman kumis kucing untuk menyembuhkan berbagai penyakit memang masih dalam tahap penelitian lebih lanjut. Namun tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi dalam intensitas wajar untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan kesehatan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *