Mobil Tiba Tiba Mati di Jalan? Mungkin Ini Penyebabnya!

Jul - 10
2021
mobil tiba tiba mati

Mobil Tiba Tiba Mati di Jalan? Mungkin Ini Penyebabnya!

Mobil yang tiba-tiba mati jalan pastinya membuat kita sebagai pengendara panik. Apalagi jika si pengendara belum terlalu mengerti soal mesin mobil. Penting bagi kalian untuk mengetahui apa penyebab dari mesin mobil yang mati, agar bisa mengetahui seberapa banyak biaya yang dikeluarkan untuk servis. Seringkali montir menipu, agar mereka bisa mendapat uang lebih. Nah mari simak apa saja penyebab mesin mobil tiba tiba mati saat jalan di artikel ini!

 

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

7 Penyebab Mesin Mobil Tiba-tiba Mati Saat di Jalan

Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab mengapa mesin mobil bisa tiba tiba mati di jalan:

– Alternator aki bermasalah

Alternator memiliki peranan utama sebagai penyuplai listrik ke aki, jika komponen alternator rusak otomatis aki tidak bisa diisi dengan baik. Akibatnya adalah mesin mobil bisa mati tiba-tiba dan tidak bisa dinyalakan kembali.

– Bensin habis

Indikator pada dashboard mobil memang sudah menunjukkan apakah bensin di tangki masih ada atau tidak. Namun seringkali indikator tidak bekerja dengan benar, sehingga kalian harus memastikannya sendiri. Coba untuk masukan sebatang lidi untuk melihat apakah bensin masih ada atau tidak.

– Overheat

Overheat pada mesin merupakan salah satu penyebab utama mengapa mobil bisa mati tiba-tiba. Overheat biasanya terjadi saat air radiator mobil kalian habis. Air radiator yang habis mengakibatkan mobil kehilangan pendingin utama untuk mesin. Jika kalian sering memarkirkan mobil di lokasi yang terpapar matahari langsung, ada baiknya kalian rutin mengecek kondisi air radiator kalian.

– Starter mobil bermasalah

Seringkali penyebab mengapa mesin mobil tidak bisa dinyalakan, adalah karena starter mobilnya yang bermasalah. Namun kalian tidak perlu khawatir, karena solusinya cukup diamkan mobil selama beberapa menit lalu coba nyalakan mesin kembali maka mobil bisa menyala seperti sedia kala.

Baca juga: Enggak Perlu Bingung, Ini Sebab Mobil Distarter Tidak Mau Hidup

– Sistem pengapian bermasalah

Sebab utama mengapa sistem pengapian bisa bermasalah adalah karena koil yang sudah habis. Pastikan juga untuk mengecek bagian sekring apakah putus atau tidak. Jika kalian sudah memastikan semua hal itu, segera panggil montir agar mobil bisa segera diperbaiki.

– ECU bermasalah

ECU biasanya terdapat di mobil-mobil modern, jika ECU bermasalah besar kemungkinan mesin tidak dapat dinyalakan atau bisa mati tiba-tiba. Biasakan untuk rutin mengecek apakah indikator check engine light menyala atau tidak. Jika menyala, segera bawa mobil ke bengkel untuk mendapatkan perbaikan.

– Terdapat baut yang longgar

Baut memiliki fungsi utama agar mesin dapat bekerja optimal dan mencegah terjadinya gesekan. Jika baut longgar, otomatis akan timbul gesekan yang membuat mesin mobil cepat aus dan akhirnya mesin pun rusak dan tidak bisa digunakan lagi. Kalau kalian merasakan getaran saat mengendarai mobil segera bawa mobil ke bengkel terdekat ya!

 

Berikan proteksi pada mobil kesayangan kalian

asuransi mobil cekpremi

 

Pastikan mobil baru kalian terlindung dari segala biaya resiko kerusakan dengan asuransi! Seluruh  biaya kerusakan mobil akan ditanggung oleh produk asuransi mobil all risk! Selain itu juga kalian bisa menggunakan asuransi TLO (Total Loss Only) jika ingin premi dengan biaya yang lebih murah! Bandingkan dan pilih berbagai produk asuransi mobil terbaik dan terpercaya hanya di Cekpremi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *