Motor Berkarat? Bersihkan dengan 5 Cara Ampuh Ini!

Jul - 16
2021
cara menghilangkan karat pada motor

Motor Berkarat? Bersihkan dengan 5 Cara Ampuh Ini!

Last Updated on November 23, 2021 by Andrian

Masalah yang sering dihadapi oleh motor berumur biasanya adalah karatan. Motor yang karatan tentunya membuat motor tidak menarik untuk dilihat. Selain itu juga karat pada komponen bisa membuat komponen tersebut rusak loh jika dibiarkan! Yuk simak bagaimana cara membersihkan mesin motor yang berkarat di artikel ini!

8 bahan penghilang karat pada motor beserta cara menggunakannya!

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk menghilangkan karat pada motor lengkap dengan bahan penghilang karatnya!

– Oli bekas

Jika kalian baru saja mengganti oli, maka kami sarankan untuk tidak membuang oli bekasnya. Oli bekas terbukti dapat menghilangkan karat pada motor, caranya juga cukup mudah oleskan oli bekas ke bagian yang berkarat dan diamkan selama 5 menit. Kalau sudah, gosok dengan sikat sampai karat menghilang.

– Pertamax plus dan minyak solar

Campuran antara 2 bahan ini juga terbukti ampuh menghilangkan karat pada motor. Komposisinya adalah 1:2, jika sudah dicampurkan oleskan ke bagian yang berkarat dan diamkan selama 2 menit. Gosok dengan sikat gigi bekas dijamin deh karat hilang!

– Pasta gigi

Tidak hanya bisa membersihkan gigi, ternyata pasta gigi juga dapat membersihkan karat loh! Oleskan pasta gigi ke bagian yang berkarat dan diamkan selama beberapa menit jika sudah segera gosok dengan sikat hingga karat menghilang.

– Pembersih keramik

Pembersih keramik juga bisa kalian jadikan pilihan untuk membersihkan karat pada motor. Oleskan pembersih keramik ke bagian yang berkarat dan diamkan selama beberapa menit. Kemudian kalian gosok menggunakan sikat bersih hingga karat menghilang. Perhatikan juga untuk tidak menggunakan pembersih keramik pada bagian blok mesin ya!

– Stempek atau gemuk

Bagi kalian yang sering memperbaiki motor secara mandiri tentunya sudah tidak asing lagi dengan stempek. Namun bahan satu ini hanya dapat mencegah dan tidak bisa menghilangkan karat. Cara pemakaiannya sangatlah mudah oleskan pada bagian motor yang rawan karatan dan diamkan beberapa menit.

– Baking soda

Tidak hanya bisa digunakan untuk membuat kue, baking soda juga dapat menghilangkan karat pada motor loh! Campurkan baking soda dengan air dan oleskan pada bagian yang berkarat, jika sudah gosok menggunakan sikat selama beberapa menit agar hasil lebih maksimal.

Baca juga: Ketahui Ciri Ciri ECU Motor Rusak berikut Solusinya Disini!

– Cuka

Berbeda dengan bahan lainnya, penggunaan cuka untuk menghilangkan karat cukup unik. Rendam bagian motor yang ingin dihilangkan karatnya selama semalaman. Jika sudah maka dijamin deh karatan pada mesin motor hilang!

– Cairan soda

Soda juga dapat kalian gunakan untuk membersihkan karat, basahi bagian yang berkarat kemudian gosok dengan aluminium foil hingga karat terangkat dari mesin motor kalian.

 

Berikan perlindungan lebih ke motor bekas kalian 

asuransi motor

Membeli motor bekas artinya kalian siap dengan segala resiko biaya servis yang harus dilakukan. Meskipun ada motor bekas yang tidak perlu di servis, tetap saja kebanyakan motor bekas memerlukan servis ulang.Untuk membeli asuransi, kalian bisa kunjungi Cekpremi untuk berbagai pilihan produk asuransi motor yang terpercaya dan menguntungkan! Dapatkan berbagai keuntungan dengan menghubungi tim sales kami ya!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

promo november