Musim Salju di Turki dan Destinasi Wisata Musim Dingin

musim salju di turki

Musim salju di Turki biasanya ada di bulan Desember hingga Februari. Waktu tersebut cocok untuk kamu yang ingin menikmati destinasi wisata musim dingin. Musim salju di sana suhunya sekitar 0 hingga 19 derajat celcius. Di musim dingin, harga hotel dan penerbangan cenderung murah. Selain itu, tidak banyak orang ramai pergi ke tempat wisata. Berikut beberapa destinasi yang bisa kamu kunjungi. 

  • Efesus

Berkunjung ke Efesus seakan membuat kamu kembali ke masa kejayaan Romawi dan Yunani kuno. Efesus menjadi museum outdoor terbesar dan masuk dalam UNESCO. Kamu akan disambut oleh barisan bangunan pilar raksasa yaitu Gerbang Perpustakaan Celsus. Selain itu, reruntuhan kuil seperti reruntuhan Kuil Hadrian, Kuil Domitianus, dan Kuil Artemis juga akan memanjakan mata. 

  • Gunung Uludag

Gunung Uludag juga menjadi salah satu destinasi wisata musim dingin di Turki yang wajib untuk kamu kunjungi. Berlokasi di Bursa, gunung ini berada di seberang Laut Marmar yang memiliki ketinggian 2.543 mdpl.Gunung Uludag ini biasanya dikunjungi wisatawan untuk bermain ski dan bisa dicapai dengan mudah menggunakan kereta gantung. Lama perjalanan kereta gantung untuk mencapai puncaknya adalah sekitar setengah jam. Dalam perjalanan, kamu bisa menikmati pemandangan salju yang indah.

  • Old Ottoman Café & Restaurant

Saat musim dingin, menyantap kuliner lezat tentu bisa menjadi kegiatan yang seru untuk dilakukan dan salah satu tempat terbaik untuk menikmati sajian khas Turki adalah di Old Ottoman Cafe & Restaurant. Restoran yang berada dekat dengan Hagia Sophia ini menyajikan menu makanan khas Turki, mulai dari makanan laut hingga menu untuk para vegetarian.

  • İstiklal Caddesi Street

İstiklal Caddesi Street berada di pusat kota Istanbul. Jalan ini terkenal sebagai pusat perbelanjaan dan memiliki panjang sekitar 1,4 km. Di sini banyak pedagang roti, pakaian, souvenir, galeri seni, dan masih banyak lagi. Di sepanjang jalan ini, kamu juga bisa menemukan berbagai kafe keren yang menjual minuman khas Turki.

  • Goreme National Park

Goreme National Park berada di Cappadocia. Tempat ini juga menjadi salah satu destinasi wisata musim dingin di Turki yang  wajib dikunjungi. Situs bersejarah ini sangat indah jika dikunjungi saat musim dingin. Kamu bisa melihat bekas peninggalan kehidupan masa lampau dengan bukit-bukit berpasir yang dulunya pernah dijadikan sebagai tempat tinggal.

  • Bolu

Bolu adalah kota kecil di Turki yang dekat dengan Ankara. Tempat terbaik saat musim dingin di sini adalah Taman Nasional Yedigoller. Terdapat beberapa zona untuk berkemah, tracking, dan aktivitas luar ruangan lainnya. Bolu juga memiliki resor ski. 

Itulah beberapa destinasi wisata musim dingin di Turki yang dapat kamu kunjungi.Untuk menjamin perjalananmu tetap aman dan nyaman, kamu bisa menggunakan asuransi perjalanan. Asuransi perjalanan yang bisa kamu jadikan pilihan adalah Tokio Marine

Produk Asuransi Jiwa Tokio Marine unggul karena memiliki limit tahunan sampai Rp1 miliar dan proteksi hingga usia 99 tahun. Cukup membayar mulai dari Rp 32.000, kamu sudah bisa mendapatkan berbagai benefit dari travel insurance. Kamu akan mendapatkan jaminan seperti biaya perawatan rumah sakit akibat kecelakaan maupun sakit yang baru diderita selama perjalanan. Kemudian, pihak asuransi juga akan menanggung apabila ada keterlambatan pemberangkatan dan bagasi, kehilangan barang pribadi, dan sebagainya.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi Cekpremi. Layanan ini menyediakan berbagai asuransi perjalanan terlengkap dan berkualitas yang sesuai untukmu. Cek produknya dan dapatkan promo menarik dengan harga terbaik. Selamat liburan!

Pertanyaan Seputar Musim Salju di Turki

Musim dingin di Turki bulan apa?

Periode salju dalam satu tahun berlangsung selama sekitar 1 hingga 2 bulan. Biasanya mulai dari 26 Januari sampai 1 Maret. Curah salju selama 31 hari setidaknya 25 milimeter. Bulan dengan salju paling banyak di İstanbul adalah Februari.

Apakah perlu visa ke Turki?

Turki cukup longgar dalam menerapkan pembukaan pariwisata internasional di masa pandemi Covid-19. Pada akhir 2021, Turki resmi memberlakukan bebas visa untuk wisatawan Indonesia.