Panduan Perawatan Mobil Baru yang Praktis dan Efektif

Jul - 13
2019
Perawatan Mobil Baru

Panduan Perawatan Mobil Baru yang Praktis dan Efektif

Mobil pribadi kini telah menjadi salah satu kebutuhan hidup masyarakat modern. Karena semakin banyak orang membutuhkan mobil pribadi untuk menunjang pekerjaan, bisnis, dan aktivitas lainnya bersama keluarga. Anda tentu harus memahami proses perawatan mobil baru yang benar. Supaya performa mobil kesayangan Anda senantiasa prima dan tidak lekas rusak.

Merawat mobil baru tak akan sulit lagi setelah Anda menyimak panduan berikut ini:

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Menggunakan BBM sesuai Jenis Mobil

Beda jenis mobil, maka berbeda pula jenis bahan bakarnya. Mobil-mobil keluaran terbaru sebaiknya menggunakan Bahan Bakar Mesin (BBM) Pertamax dan sejenisnya. Karena jenis BBM tersebut memiliki nilai oktan lebih tinggi dan dapat mendukung proses pembakaran mesin secara sempurna. Penggunaan jenis BBM yang kurang tepat akan menghambat kinerja mesin mobil. Bila dibiarkan terus-menerus, mobil baru Anda malah rentan mengalami kerusakan mesin serius.

Memeriksa Mesin secara Berkala

Jangan menganggap remeh proses pemeriksaan mesin mobil baru. Karena mobil baru juga butuh perhatian ekstra agar kondisi mesinnya tidak mengalami penurunan kualitas. Alangkah lebih baik bila Anda bisa meluangkan waktu untuk memeriksa mesin mobil secara berkala. Sehingga kerusakan mesin atau kondisi mesin yang kotor dapat langsung diatasi. Risiko kerusakan mesin mobil pun dapat diminimalkan.

Rutin Mengganti Oli Mobil 

Perawatan mobil baru juga erat kaitannya dengan oli mobil. Komponen yang satu ini butuh perhatian khusus karena berhubungan langsung dengan komponen mesin mobil. Semakin sering Anda berkendara dalam jarak jauh, maka intensitas penggantian oli pun semakin tinggi. Oli yang berkualitas akan melumasi mesin mobil secara sempurna. Hasilnya, mesin mobil pun terasa mulus dan minim hambatan saat Anda berkendara. Jangan tunggu sampai oli mobil kental atau kering bila Anda ingin menggantinya.

Cermat Membersihkan Kabin Mobil

Kebersihan kabin mobil tak hanya berkaitan dengan kenyamanan Anda dan penumpang lainnya. Lebih dari itu, kabin mobil yang bersih juga akan membantu meringankan kinerja AC. Karena AC mobil tak perlu bekerja ekstra keras untuk menyaring debu dan kotoran lainnya pada kabin mobil. Jadi, usahakan untuk membersihkan kabin mobil secara teratur. Jangan sampai ada sisa makanan, minuman, dan asap rokok yang tertinggal di kabin mobil.

Memeriksa Kelayakan Ban Mobil

Ban mobil baru memang masih memiliki tekstur kasar dan gaya gesek besar. Namun, ban mobil tersebut biasanya harus diganti setelah digunakan selama beberapa bulan. Jangan sampai ban mobil yang sudah licin malah mengganggu keselamatan perjalanan Anda. Periksalah kelayakan ban mobil secara cermat supaya Anda bisa lekas menggantinya pada waktu yang tepat. 

Mencuci Mobil dengan Cara yang Tepat

Mencuci mobil bukan sekadar tentang urusan memilih sampo mobil berkualitas. Anda juga harus melakukannya secara cermat. Agar sisa-sisa sabun dan air tidak merusak permukaan mobil. Mobil yang baru terkena air hujan sebaiknya juga langsung dicuci. Karena kadang kala air hujan mengandung zat asam yang rentan menyebabkan karat pada permukaan mobil.

Pilihlah jenis sampo yang aman bagi eksterior mobil. Keringkan mobil yang sudah dibilas hingga tuntas. Agar tidak ada titik-titik air atau busa sabun yang menyebabkan mobil tampak kusam. Pastikan kalau Anda sudah mengeringkan seluruh permukaan mobil dengan benar. Terutama kalau Anda akan menyimpan mobil dengan cara ditutup menggunakan car cover.

Menjauhkan Mobil dari Sinar Matahari

Banyak orang yang tidak memahami kalau paparan sinar matahari tidak baik bagi mobil. Sinar matahari bisa menyebabkan pertumuhan jamur dan warna cat mobil pun berangsur-angsur pudar. Sebaiknya Anda tidak memarkirkan mobil di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Apalagi jika Anda tidak akan menggunakan mobil dalam waktu lama. Tempatkanlah mobil pada tempat yang kering dan sejuk.  

Jangan Sembarangan Menggunakan Aksesori

Aksesori mobil yang beredar di pasaran memang tampak menarik untuk digunakan. Biasanya para pemilik mobil baru sangat gemar memodifikasi mobil dengan aksesori-aksesori tersebut. Padahal, tidak semua aksesori mobil memiliki manfaat yang efektif untuk mobil. Pemasangan aksesori mobil secara sembarangan malah bisa merusak mobil atau mengganggu fungsinya. Jadi, Anda harus cermat memilih aksesori yang benar-benar bermanfaat untuk mobil. Misalnya, pemasangan sensor parkir dan foot step yang memang memiliki fungsi maksimal untuk mobil baru Anda.

Tidak Mengangkut Barang dan Penumpang Melebihi Kapasitas

Setiap jenis mobil memiliki kapasitas tertentu dalam menampung penumpang dan barang bawaan. Untuk memaksimalkan performa mobil, Anda mesti memastikan kalau mobil baru Anda tidak kelebihan muatan. Sebab kondisi kelebihan muatan akan membebani ban mobil, menyebabkan penggunaan bahan bakar jadi boros, dan membuat mobil sulit bermanuver di jalan raya. Jadi, sebaiknya Anda menyisihkan barang-barang yang tidak digunakan dari mobil kesayangan Anda.

Melakukan Servis secara Berkala

Mobil baru biasanya dilengkapi fasilitas berupa servis gratis secara berkala. Anda patut memanfaatkan bonus layanan tersebut semaksimal mungkin. Jangan lupa melakukan servis mobil di bengkel resmi bila jarak tempuh mobil sudah mencapai jumlah tertentu. 

Proses servis berkala yang dilakukan sejak dini akan mencegah masalah serius pada mobil. Sehingga mobil baru Anda senantiasa memiliki performa yang prima meskipun usianya terus bertambah. Nanti Anda tak akan direpotkan dengan urusan mobil yang sering mogok saat digunakan.

Jangan mengabaikan proses perawatan mobil baru bila saat ini Anda baru saja memiliki mobil pertama. Jagalah mobil kesayangan Anda dengan telaten agar nilainya tidak terlalu merosot meskipun digunakan dalam waktu lama. Termasuk dengan mendaftarkan kendaraan baru Anda di asuransi mobil melalui Cek Premi. 

Kenapa harus cek premi? Karena dengan menggunakan fasilitas simulasi asuransi mobil Cek Premi, anda tidak hanya mengetahui jumlah premi. Perbedaan fasilitas antar produk dapat Anda cermati dengan menyeluruh dan bila Anda menemukan produk yang cocok Anda bisa langsung daftar. Sehingga perawatan mobil dan proteksi maksimal. 

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *