Mengenal Pengertian Dana Pensiun, Jenis, dan Manfaatnya yang Penting untuk Masa Tua

Jun - 04
2021
pengertian dana pensiun

Mengenal Pengertian Dana Pensiun, Jenis, dan Manfaatnya yang Penting untuk Masa Tua

Last Updated on September 27, 2021 by Andini

Apakah Anda pernah mendengar tentang dana pensiun? Dana pensiun adalah tabungan masa tua yang sangat penting dimiliki setiap orang. Lebih lengkapnya, simak pengertian dana pensiun, jenis, dan manfaatnya di artikel ini!

Dana pensiun termasuk salah satu pos keuangan penting yang harus mendapatkan prioritas dan dipersiapkan sejak jauh-jauh hari.

Bukan hanya karyawan atau pegawai saja yang membutuhkan dana pensiun karena Anda yang berwirausaha pun harus mempersiapkannya.

Hal ini penting dilakukan agar di masa tua nanti ketika sudah tak produktif lagi, Anda tetap bisa mendapatkan jaminan kebutuhan dasar dengan pendapatan rutin.

Agar Anda lebih paham, simak pengertian dana pensiun dan manfaatnya pada ulasan di bawah ini.

 

Pengertian Dana Pensiun

Sebelum kita membahas pengertian dana pensiun, sebaiknya kita pahami dulu apa itu pensiun.

Menurut KBBI, pensiun adalah kondisi di mana seseorang “tidak bekerja lagi karena masa tugasnya sudah selesai”.

Sementara itu, pengertian dana pensiun menurut laman ojk.go.id adalah sebuah badan hukum yang mengelola serta menjalankan program yang menjanjikan manfaat pensiun.

Ada juga yang disebut Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK), yaitu lembaga dana pensiun yang dibentuk oleh bank serta perusahaan asuransi jiwa untuk mengadakan program pensiun perorangan.

Peserta dana pensiun bisa mendapatkan manfaat pensiun yang besarannya disesuaikan dengan nominal iuran, masa kerja, dan hasil dari pengembangan dana pensiun.

Jadi, fungsi utama dana pensiun yaitu untuk memberikan pesertanya jaminan pendapatan di usia pensiun atau di masa ketika Anda sudah tak lagi dapat bekerja secara produktif.

Baca juga: Mulai Persiapan Hari Tua Yuk, Ini Contoh Perhitungan Dana Pensiun!

Jenis Dana Pensiun

Setelah memahami pengertian dana pensiun di atas, selanjutnya kita akan membahas apa saja jenis dana pensiun yang perlu Anda ketahui.

Menurut Pasal 1 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1992, disebutkan ada tiga jenis dana pensiun yang ada di Indonesia, yaitu:

  • Dana Pensiun Pemberi Kerja

Pengertian Dana Pensiun Pemberi Kerja adalah dana pensiun yang dibentuk oleh orang atau badan yang mempekerjakan karyawan, selalu pendiri, untuk menyelenggarakan Program Pensiun Manfaat Pasti atau Program Pensiun Iuran Pasti, bagi kepentingan sebagian atau seluruh karyawannya sebagai peserta, dan yang menimbulkan kewajiban terhadap pemberi kerja.

  • Dana Pensiun Berdasarkan Keuntungan

Pengertian Dana Pensiun Berdasarkan Keuntungan adalah Dana Pensiun Pemberi Kerja yang menyelenggarakan Program Pensiun Iuran Pasti, dengan iuran hanya dari pemberi kerja yang didasarkan pada rumus yang dikaitkan dengan keuntungan pemberi kerja.

  • Dana Pensiun Lembaga Keuangan

Pengertian Dana Pensiun Lembaga Keuangan adalah Dana Pensiun yang dibentuk oleh bank atau perusahaan asuransi jiwa untuk menyelenggarakan Program Pensiun Iuran Pasti bagi perorangan, baik karyawan maupun pekerja mandiri yang terpisah dari Dana Pensiun pemberi kerja bagi karyawan bank atau perusahaan asuransi jiwa yang bersangkutan.

Baca juga: Penting Untuk Tau! Ini Cara Mencairkan Dana Pensiun BPJS

Manfaat Dana Pensiun

Pada dasarnya, manfaat utama pensiun adalah untuk memberikan jaminan pendapatan bulanan rutin kepada peserta atau ahli warisnya.

Selain untuk biaya hidup sehari-hari, uang pensiun juga bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan layanan kesehatan hingga memenuhi kebutuhan sekunder lainnya.

Adapun manfaat dana pensiun menurut Pasal 1 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1992 terbagi ke dalam empat jenis, yaitu:

  • Manfaat Pensiun Normal

Manfaat ini akan dibayarkan ketika peserta mencapai usia pensiun normal atau setelahnya.

  • Manfaat Pensiun Dipercepat

Manfaat Pensiun Dipercepat akan dibayarkan kepada peserta yang memasuki usia pensiun lebih cepat sebelum usia pensiun normal.

  • Manfaat Pensiun Cacat

Manfaat pensiun ini akan dibayarkan kepada peserta yang mengalami cacat.

  • Manfaat Pensiun Ditunda

Manfaat Pensiun Ditunda ditujukan bagi peserta yang sudah berhenti bekerja sebelum usia pensiun normal, namun pembayarannya ditunda hingga peserta mencapai usia pensiun yang sesuai aturan.

***

Itulah pengertian dana pensiun dan manfaatnya yang penting untuk Anda pahami.

Sudah mempersiapkan dana pensiun? Jangan lupa lengkapi dengan asuransi jiwa agar bisa mendapatkan jaminan hari tua yang makin lengkap!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *