Ternyata Ini Penyebab AC Mobil Tidak Dingin, Simak Solusinya!

Mei - 01
2021
ac mobil tidak dingin

Ternyata Ini Penyebab AC Mobil Tidak Dingin, Simak Solusinya!

AC merupakan bagian penting dalam sebuah mobil. tanpa adanya AC tentunya kalian sebagai pengendara akan merasa tidak nyaman karena kepanasan. Bahkan kasus terparahnya adalah AC mengeluarkan udara panas loh! Nah daripada kalian kebingungan mengapa AC mobil tidak dingin, simak penyebab berikut dengan solusinya di artikel ini!

8 Penyebab AC mobil tidak dingin

Berikut akan kami berikan apa saja kemungkinan-kemungkinan yang menyebabkan AC mobil tidak dingin yang sudah kami lansir dari beberapa sumber:

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

– Freon habis

Freon mobil

Penyebab pertama yang sering kali terjadi adalah freon AC yang habis. Sama halnya dengan AC rumah, AC mobil pun harus tetap diperhatikan. Pastikan kondisi AC mobil di cek saat mobil kalian dibawa untuk servis rutin

– Kondensor berkarat dan kotor

Kondensor berkarat dan kotor

Penyebab kedua yang dapat menyebabkan AC tidak dingin adalah kondensor yang kotor atau karatan. Kondensor ini memiliki fungsi utama yang berguna untuk membuang udara panas yang dihasilkan oleh mesin AC. Pastikan juga dalam servis rutin mobil, komponen kondensor dibersihkan ya!

Baca juga artikel seputar perawatan mobil kami lainnya:

Biaya Tune Up Mobil di Bengkel Resmi & Umum Terupdate 2021

– Filter AC jarang dibersihkan

Filter AC mobil jarang dibersihkan

Filter memang sejatinya berguna untuk menyaring segala debu dan kotoran. Oleh karena itu pastikan kondisi filter AC kalian dibersihkan setiap 2 minggu sekali. Jika filter AC kotor, maka sirkulasi udara di mesin AC tidak akan berjalan maksimal, yang pada akhirnya menyebabkan AC tidak dingin.

– Extrafan rusak/mati

Extrafan rusak

Komponen yang terdapat di kondensator ini bergunan untuk menjaga suhu mesin AC tetap stabil. Namun extra fan yang tidak dirawat lama kelamaan akan rusak dan akhirnya menyebabkan AC mobil tidak dingin. Pastikan kalian selalu rutin cek kondisi extrafan setiap servis rutin ya!

– Evaporator tersumbat

Evaporator tersumbat

Sama halnya dengan filter AC, yang menyebabkan evaporator AC rusak juga karena penumpukan debu. Jika debu tertumpuk, maka sirkulasi udara di mesin tidak akan berjalan optimal hingga menyebabkan AC tidak dingin.

– Thermistor rusak

Thermistor rusak

Fungsi utama dari komponen ini adalah untuk memberikan sinyal kepada kompresor untuk berhenti bekerja ketika suhu di mobil sudah sesuai dengan pengaturan suhu AC. Jika komponen ini rusak, maka tidak akan ada yang memberi sinyal ke kompresor yang kemudian akan merusak evaporator, yang akhirnya berakibat AC tidak dingin dan hanya mengeluarkan udara saja.

– Fanbelt putus

Komponen ini berfungsi untuk membuat putaran mesin pada kompressor. Pada saat fanbbelt putus, tentunya kompresor tidak akan bekerja dan akhirnya menyebabkan AC tidak menyala sama sekali.

– Oli kompresor yang diisi berlebihan

Pada saat kalian mengganti oli kompresor, patut kalian perhatikan seberapa banyak oli yang digunakan. Jika oli yang diisi terlalu banyak, maka tekanan di dalam freon pun akan meningkat. Jika tekanan sudah meningkat maka akan membuat AC akan terasa tidak dingin.

Solusi jika AC mobil tidak dingin

Tidak ada cara lain lagi selain rutin membawa mobil kalian untuk di servis bulanan. Pastikan juga jika pemakaian mobil ekstrim, selalu bawa mobil ke bengkel untuk diperiksa ulang terutama pada komponen AC mobil. Segera ganti komponen yang sudah tidak layak dipakai dengan komponen baru yang orisinil.

Tentunya biaya yang dibutuhkan tidaklah sedikit, pastikan biaya perawatan mobil kalian diringankan oleh produk asuransi all risk! Dengan menggunakan asuransi mobil all risk, maka seluruh biaya perawatana akan ditanggung oleh pihak asuransi loh!

Bandingkan dan pilih berbagai produk asuransi mobil hanya di Cekpremi!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *