4 Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas, Simak Solusinya!

Jun - 05
2021
penyebab mesin mobil cepat panas

4 Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas, Simak Solusinya!

Mesin mobil yang panas merupakan ancaman serius bagi performa mobil kesayangan kalian. Jika mesin mobil yang panas terus dipaksa untuk bekerja, bisa-bisa mesin mati total dan mobil tidak bisa dijalankan lagi. Penyebab mesin overheat bisa beragam-ragam namun pastinya itu semua bisa terjadi karena lalainya si pemilik mobil. Yuk simak apa saja penyebab mesin mobil cepat panas di artikel ini!

Penyebab Utama Mesin Mobil Cepat Panas

1. Radiator Mobil Kering

Fungsi utama air radiator pada mobil adalah untuk mendinginkan mobil kalian. Jika mesin mulai panas kemungkinan besar penyebab nya adalah air radiator yang kering. Mobil yang sering terpapar sinar matahari merupakan alasan mengapa cairan di air radiator bisa menguap. Cairan yang menguap maka bisa menyebabkan air radiator kering.

Segera ganti air radiator untuk mengatasi masalah ini. Ganti setiap mobil sudah menempuh jarak 20 ribu km.

2. Tutup Karet Radiator Rusak

Tutup air radiator yang terbuat dari karet berfungsi untuk menjaga tekanan air panas dalam sistem pendingin mobil. Jika tutup karet rusak, maka dapat mengganggu kinerja sistem pendinginan dan akhirnya membuat mesin mobil panas.

Ganti tutup karet setiap 5 tahun sekali agar terhindar dari mesin overheat.

Baca juga: Deretan 7 Mobil LCGC Terbaik dan Terpopuler di Tahun 2021

3. Air Radiator Rusak atau Bocor

Radiator mobil yang rusak atau bocor bisa terjadi karena benturan ataupun kekurangan cairan saat mesin mobil panas. Selain itu radiator mesin yang rusak juga dapat disebabkan oleh penggunaan cairan yang tidak sesuai seperti air putih ataupun air yang kotor.

Ganti cairan radiator mobil setiap 2 atau 3 bulan sekali.

Baca juga: 10 Coolant Radiator Mobil Terbaik dan Terlaku di Tahun 2021

4 Kipas Radiator Rusak atau Tidak Berfungsi

Sesuai dengan namanya yaitu kipas, komponen ini berfungsi untuk menjaga suhu mesin di mobil tetap terjaga. Jika kipas radiator rusak, maka mesin akan lebih cepat panas.

Bawa mobil ke bengkel untuk diservis agar mesin tidak semakin panas. Biasanya penyebab utama kipas radiator mati adalah rusaknya relay.

 

Berikan proteksi pada mobil kesayangan kalian

Biaya perawatan mobil tidaklah murah, selain biaya jasa servis yang besar, dibutuhkan juga biaya untuk membayar sparepart yang dibutuhkan. Pastikan seluruh biaya tersebut ditanggung oleh produk asuransi mobil all risk! Selain itu juga kalian bisa menggunakan asuransi TLO (Total Loss Only) jika ingin premi dengan biaya yang lebih murah! Bandingkan dan pilih berbagai produk asuransi mobil terbaik dan terpercaya hanya di Cekpremi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner asuransi mobil cekpremi