Berbagai Peran Asuransi Bagi Individu, dan Para Pelaku Usaha

peran asuransi

Tentunya kalian sudah mengetahui apa saja manfaat asuransi bagi kehidupan kita namun mungkin ada beberapa dari kalian yang belum tahu apa sih peran asuransi. Jika kita memiliki asuransi, segala risiko finansial yang mungkin menghadang bisa ditangani dengan adanya asuransi. Tanpa berlama-lama lagi mari simak pembahasan mengenai peran asuransi disini!

Peran Asuransi bagi Nasabah

Pertama-tama mari kita bahas mengenai peran asuransi bagi nasabah, berikut adalah berbagai peran asuransi bagi nasabah:

1. Meringankan risiko

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, asuransi memiliki peranan penting sebagai peringan risiko. Berbagai ketidakpastian yang dapat terjadi di masa depan dapat ditangani dengan asuransi.

Sebagai contohnya dengan membeli asuransi kesehatan, kalian dapat mendapatkan proteksi jika sewaktu-waktu kalian membutuhkan biaya pengobatan yang tidak sedikit.

Pihak asuransi akan memberikan sejumlah biaya tanggungan agar kalian tidak perlu membayar biaya pengobatan.

2. Mengurangi kerugian

Peran asuransi selanjutnya adalah sebagai media untuk mengurangi kerugian. Jika sewaktu-waktu kita mengalami kerugian, pihak asuransi dapat membantu dengan dana tanggungan yang akan mereka keluarkan untuk nasabahnya.

Maka dari itu peran asuransi sangatlah krusial jika kalian ingin meminimalisir kerugian.

3. Common Pool

Selanjutnya adalah common pool, yang artinya dana yang dikumpulkan oleh berbagai nasabah akan dikumpulkan dalam satu wabah. Nah jika ada seseorang nasabah yang ingin klaim, dana dari pool inilah yang akan digunakan.

Peran Asuransi dalam Dunia Investasi

Dana yang terkumpul dalam sebuah asuransi juga kemudian dapat digunakan sebagai dana untuk investasi. Dengan tujuan untuk meraih keuntungan lebih yang kemudian keuntungan tersebut akan dipakai untuk meningkatkan layanan dari sebuah perusahaan asuransi.

Sebagai nasabah, kalian juga bisa memilih asuransi unit link yang memiliki fungsi investasi juga. Dengan asuransi unit link, selain kalian bisa mendapatkan proteksi, di akhir masa berlaku asuransi kalian bisa mendapatkan uang juga.

Peran Asuransi bagi Perusahaan Asuransi

Tidak hanya nasabah yang membutuhkan asuransi, ternyata perusahaan asuransi juga membutuhkan asuransi dari perusahaan lainnya. Hal ini disebut dengan proses reasuransi.

Alasan mengapa banyak perusahaan menggunakan reasuransi adalah karena mereka ingin melakukan penyebaran risiko asuransi.

Peran Asuransi bagi Dunia Bisnis

Tidak hanya bagi individual, asuransi juga dapat memberikan peran krusial bagi kelangsungan sebuah usaha. Dengan adanya asuransi setiap usaha dapat memperoleh perlindungan jika suatu saat usaha tersebut mengalami kerugian.

Berikut adalah penjelasan lengkapnya:

1. Pengganti kerugian

Setiap usaha yang dijalankan tentunya memiliki resiko yang berbeda-beda mulai dari risiko kecil, sedang dan besar. Maka dari itu memberikan asuransi terhadap usaha kalian sangatlah penting.

Hal ini dilakukan agar para pelaku usaha dapat terhindar dari kerugian akibat kejadian-kejadian yang tidak terduga.

2. Meminimalisir risiko

Berbagai risiko seperti kebakaran, pencurian dan bencana alam dapat diminimalisir dengan menggunakan asuransi. Segala kerugian yang kalian tanggung dapat dibantu dengan adanya dana tanggungan yang diberikan asuransi.

3. Memberikan pondasi yang kokoh bagi bisnis

Adanya asuransi tentunya akan memberikan pondasi yang lebih kuat lagi terhadap suatu bisnis. Pasalnya, segala kemungkinan kerugian yang dialami oleh sebuah bisnis dapat diproteksi dengan adanya asuransi.

Peran Asuransi dalam Dunia Ekspor/Impor

Mengingat banyak sekali risiko yang dihadapi ketika ekspor/impor barang, maka peran asuransi sangat penting disini. Berbagai kerugian akibat bencana alam, ataupun kehilangan barang akibat kecerobohan dapat diproteksi dengan adanya asuransi.

Berbagai barang yang memiliki risiko tinggi juga dapat diminimalisir risikonya dengan asuransi.

Peran Asuransi dalam Pandemi COVID-19

Sejak adanya pandemi, risiko terancamnya nyawa semakin meningkat. Biasanya pula biaya berobat untuk pasien covid tidaklah murah. Disinilah asuransi dapat memberikan proteksi bagi para penderita covid.

Berikut adalah pembahasan lengkap mengenai peran asuransi dalam pandemi Covid:

1. Kesehatan lebih terjamin

Biaya berobat dan rawat inap yang besar semuanya dapat ditanggung dengan adanya asuransi. Maka dari itu kesehatan dapat lebih terjamin jika menggunakan asuransi. Seringkali orang enggan dirawat di rumah sakit karena biaya yang diperlukan tidak sedikit.

2. Finansial lebih stabil

Dana tanggungan yang diberikan oleh pihak asuransi saat kalian terkena covid tentunya sangat membantu agar kondisi finansial kalian tetap stabil. Jika kalian hanya mengandalkan BPJS kesehatan rasanya kurang karena BPJS tidak memberikan tanggungan saat kalian isoman.

3. Konsultasi gratis selama covid

Kalian pun bisa mendapatkan konsultasi gratis selama covid. Seluruh biaya konsultasi akan ditanggung oleh pihak asuransi. Jadi kalian tidak perlu khawatir untuk segala biaya-biaya konsultasi.

 

Dapatkan berbagai pilihan produk asuransi di Cekpremi!

asuransi cekpremi

Jika tertarik untuk melengkapi proteksi kalian dengan asuransi swasta, yuk kunjungi Cekpremi! Kami memberikan banyak penawaran produk asuransi tentunya dengan promo yang menguntungkan bagi customer baru segera kunjungi website Cekpremi yuk!

 

About Andrian

Passionate SEO person, and love to bring people the right information that they want. Please enjoy our article and hopefully the information that we serve is fulfilling your needs :)

View all posts by Andrian →