Perbedaan Asuransi Kesehatan dari Pemerintah dan Swasta

health insuranceSemua orang tahu asuransi kesehatan, tapi, tidak semua orang menggunakannya karena hanya beberapa dari mereka yang benar-benar memahami betapa pentingnya menggunakan asuransi. Selain itu, bisa juga karena mereka memang belum terlalu paham dengan yang namanya asuransi. Meskipun demikian, bisa dibilang jika pada zaman sekarang ini jumlah orang yang menggunakan asuransi susah semakin meningkat jika dibandingkan dengan sebelumnya. Hal tersebut kurang lebih disebabkan oleh adanya asuransi kesehatan murah yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Asuransi untuk kesehatan yang dikeluarkan oleh pemerintah itu lebih dikenal dengan sebutan BPJS. Ya, bantuan jaminan kesehatan yang diberikan oleh pemerintah itu termasuk ke dalam “asuransi” juga. Anda mungkin termasuk ke dalam orang yang menggunakannya, atau setidaknya, Anda pasti sudah tahu bagaimana sistem operasionalnya. Pengguna BPJS akan dikenakan biaya pembayaran setiap bulannya jika ingin mendapatkan pertanggungan. Nah, sejumlah uang yang Anda bayarkan setiap bulannya itu dalam dunia asuransi dinamakan biaya premi asuransi atau biaya yang harus dibayarkan untuk mendapatkan pertanggungan asuransi.

Lalu apa perbedaan asuransi untuk kesehatan dari pemerintah dan swasta?

Perbedaannya, selain terletak pada sumber (yang satu berasal dari pemerintah dan yang satu berasal dari pihak swasta) adalah pada pelayanan dan anggarannya. Ketika asuransi milik pemerintah (selanjutnya akan disebut BPJS) lebih berkualifikasi untuk disebut sebagai asuransi kesehatan murah, asuransi dari pihak swasta (selanjutnya akan disebut asuransi biasa) harga preminya bervariasi, dari yang paling mahal hingga yang murah. BPJS memiliki harga premi asuransi yang jauh lebih murah dari asuransi biasa dikarenakan adanya subsidi yang diberikan oleh pemerintah, sedangkan asuransi biasa harga preminya adalah pure yang dibayarkan oleh nasabahnya sendiri. Selain itu, ketika asuransi biasa yang berasal dari pihak swasta adalah bebas untuk bisa didapatkan oleh siapa pun itu yang berminat, asuransi BPJS cenderung lebih bisa didapatkan oleh mereka yang kondisi ekonominya menengah ke bawah.

Lalu, yang perlu Anda pahami juga adalah bahwa tidak semua rumah sakit bisa menangani pasien yang menggunakan BPJS untuk membayar biaya pengobatannya. Hanya untuk rumah sakit-rumah sakit tertentu—yang sebagian besar tentu saja merupakan rumah sakit milik pemeintah—dan sebagian rumah sakit swasta yang bisa menerimanya. Berbeda dengan asuransi biasa dari pihak swasta yang cenderung bisa digunakan untuk berobat ke rumah sakit mana pun. Selain itu juga, dari pelayanannya, asuransi biasa dari pihak swasta memiliki lebih banyak pilihan. Misalnya untuk masalah jaminan: Anda bisa memilih mau menggunakan jaminan Cashless dimana Anda tidak perlu mengeluarkan uang lagi sepeserpun untuk membayar biaya pengobatan, atau jaminan Reimbursement dimana Anda bisa mendapatkan biaya penggantian dari pihak asuransi setelah Anda membayar biaya pengobatan sendiri. Dengan banyaknya perusahaan asuransi swasta yang beredar pula yang masing-masing memiliki keunggulannya, Anda bisa memilih produk asuransi yang paling cocok untuk Anda gunakan entah dari jaminan atau dari harganya, dan contoh asuransi kesehatan murah dapat Anda cek di sini.

Leave a Reply

March 2, 2017

Posted In: Health

Tags:

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2017 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami