Perhatikan Hal-hal Berikut Ketika Ban Mobil Bocor di Perjalanan

Jul - 19
2021
ban mobil bocor

Perhatikan Hal-hal Berikut Ketika Ban Mobil Bocor di Perjalanan

Ban mobil yang bocor secara tiba-tiba di tengah perjalanan sering kali mneimbulkan kepanikan. Apalagi untuk pengendara perempuan, banyak terjadi panic karena tidak tahu cara menanganinya. Namun Anda bisa memperhatikan tanda-tanda berikut ini untuk segera mengecek apakah ban mobil Anda bocor atau tidak.

  • Ban mobil yang bocor ketika dipacu akan terasa lebih berat dari biasanya
  • Ban mobil terlihat kempis
  • Jika dipacu dengan cepat akan menimbulkan suara hantaman yang keras
  • Stir mobil terasa lebih berat daripada biasanya.

Jika Anda merasakan gejala-gejala di atas ketika berkendara, sebaiknya Anda curiga bahwa mobil yang Anda kendarai sedang mengalami ban bocor. Namun tidak perlu panik, Anda bisa melakukan beberapa hal ini sebelum mengganti ban mobil bocor dengan ban serep.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

 

memperbaiki ban kempes

1. Kurangi Kecepatan dan Menepi

Ketika sudah menyadari ada yang tidak beres dengan ban mobil Anda, sebaiknya Anda tidak panic. Pertama-tama Anda kurangi kecepatan kendaraan Anda terlebih dahulu. Idealnya, Anda bisa melaju dengan kondisi ban bocor pada gigi satu atau dua. Usahakan untuk tidak mempercepat laju kendaraan hanya karena panik karena hal tersebut dapat menyebabkan boros BBM.

Setelah Anda bisa menguasai diri, Anda bawa mobil Anda untuk menepi di jalanan yang aman dan sepi pengendara lainnya. Pilih jalan dimana Anda bisa merasa aman untuk mengganti ban mobil.

2. Nyalakan Segitiga Lampu Darurat

Setelah menemukan lokasi berhenti yang cukup baik, Anda harus mematikan mesin mobil dan menyalakan segitiga lampu darurat. Selain itu, pasanglah juga segitiga pengaman untuk mempermudah Anda dalam mengganti ban mobil. Pasang segitiga pengaman di belakang mobil Anda. Idealnya, segitiga pengaman dipasang 30 meter di belakang mobil. Namun jika hal tersebut akan dilakukan di jalan tol. Idealnya bisa 50 meter agar pengguna lain tahu bahwa mobil Anda sedang berhenti. Akan tetapi pada jalanan sempit, minimal Anda harus memberikan jarak antara mobil dengan segitiga pengaman adalah 3 meter.

3. Pastikan Sudah Pasang Rem Tangan

Langkah selanjutny adalah, pastikan Anda sudah memasang rem tangan. Untuk mobil manual, posisikan di gigi netral. Sedangkan untuk mobil automatic, bisa dipindah ke tuas transmisi P (parking). Bila di sekitar mobil terdapat batu, Anda bisa memanfaatkan batu untuk dipasang di ban mobil belakang. Hal ini bisa menghindari mobil mundur karena sedang didongkrak. Batu di ban belakang mobil membantu agar mobil lebih terkendali.

4. Mengganti Ban Mobil Bocor

Pastikan Anda membaca alat-alat yang diperlukan untuk mengganti ban mobil yang bocor dengan ban serep. Perlengkapan pertama yang dibutuhkan adalah dongkrak mobil. Anda bisa membeli dongkrak dengan harga Rp150 ribu. Selain itu, Anda juga harus memiliki kunci mur. Biasanya kunci ini diberikan bersamaan dengan dongkrak saat pembelian unit baru. Selanjutnya, Anda bisa memasang ban serep yang Anda miliki. Jika Anda belum mengetahui cara mengganti ban mobil bocor, sikan langkah-langkah berikut ini:

  • Siapkan ban serep dan perlengkapan lainnya.
  • Keluarkan dongkrak bersama kunci mur. Pasang dongkrak pada plat bagian depan atau belakang sesuai dengan ban yang akan diganti. Pastikan memasang dongkrak dengan posisi yang pas di plat agar lebih seimbang dalam menopang berat mobil.
  • Putar dongkrak searah jarum jam agar mobil naik. Kemudian jika dirasa mobil sudah terangkat. Lepaskan mur, dan saatnya Anda melepas skrup keempat ban.
  • Cara melepas skrup ban adalah, masukan kunci mur kedalam skrup mobil. Lalu arahkan berlawanan arah jarum jam. Jika sulit dilepaskan, Anda bisa menggunakan kaki dan tekan kearah kiri agar skrup ban bisa terbuka.
  • Lakukan hal tersebut pada keempat skrup hingga ban bisa lepas. Setelah lepas, baru Anda masukan ban mobil serep yang sudah Anda keluarkan dari dalam mobil. Cara memasang skrupnya sangat mudah namun butuh ketelitian yang luar biasa.
  • Anda harus memasang secara berlawanan. Yakni bagian atas dan bawah terlebih dahulu dan tidak langsung dikencangkan. Setelah itu, baru bagian kanan dan juga kiri dengan porsi yang sama.
  • Hal ini dilakukan agar ban mobil masuk sesuai dan tidak miring. Anda pun bisa memasang skrup membentuk huruf X. Yakni memasang bagian kanan atas dan bawah kiri, kemudian memasang kiri atas dan bawah kanan agar seimbang.
  • Setelah tertempel semuanya. Baru Anda patenkan keempat skrup dengan menginjaknya ke kanan searah jarum jam. Dan ban mobil serep sudah terpasang dan Anda bisa kembali bekerja dan melakukan aktivitas seperti biasanya.

Itu tadi cara memperbaiki ban mobil bocor. Untuk menambah keamanan dan kenyamanan berkendara, sebaiknya Anda tambahkan pula fitur asuransi agar terhindar dari kerugian lainnya di masa depan. Temukan tawaran terbaiknya hanya di Cekpremi.com. Semoga bermanfaat, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *