Ternyata Ini 7 Perlengkapan Naik Gunung yang Wajib Dibawa!

perlengkapan naik gunung

Mendaki gunung banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, meskipun saat ini pandemi masih berlangsung, tetap saja tidak mengurangi minat para pecinta alam untuk mendaki gunung. Nah bagi kalian yang masih pemula dalam hal mendaki, ada baiknya kalian simak artikel kami yang membahas tentang 7 perlengkapan naik gunung di bawah ini!

7 Perlengkapan Penting Naik Gunung yang Wajib Dibawa oleh Para Pendaki Pemula

Berikut adalah beberapa perlengkapan yang harus dipersiapkan oleh setiap para pendaki pemula:

– Tas gunung (carrier)

Tas gunung

Perlengkapan pertama dan terpenting adalah tas gunung. Pastikan kalian memilih tas yang nyaman dan bisa menampung barang bawaan kalian. Sesuaikan dengan tinggi badan kalian saat memilih carrier ya!

Baca juga:4 Rekomendasi Jalur Pendakian Gunung Slamet untuk Pendaki Pemula

– Tenda, matras dan sleeping bag

Tenda

Kegiatan mendaki gunung tidak bisa dilakukan dalam sehari, maka dari itu kalian membutuhkan tenda dan matras sebagai tempat tidur kalian saat malam tiba. Bawalah tenda yang sesuai dengan kebutuhan yang artinya tidak terlalu besar dan kecil. Pastikan juga setiap orang membawa satu matras dan sleeping bag masing-masing ya!

– Jaket dan jas hujan

jaket gunung

Cuaca yang tidak menentu dan dinginnya udara malam saat berada di gunung pastinya tidak bisa dihindari. Maka dari itu pastikan setiap pendaki membawa jaket dan jas hujannya sendiri. Jangan pilih jaket yang terlalu berat dan pilih jas hujan yang enteng saat dipakai agar tidak mengganggu kegiatan mendaki kalian.

– Sepatu dan sandal gunung

sepatu sandal gunung

Meskipun sering tidak dianggap penting oleh sebagian pendaki berpengalaman, tetap saja sepatu dan sandal gunung wajib dibawa agar pendakian lebih aman. Para pendaki pemula harus memakai kedua hal itu agar tidak terpeleset dan kegiatan mendaki pun akan lebih aman.

Baca juga artikel traveling kami lainnya:

Budget Liburan Terbatas? Yuk Berwisata ke Dieng!

– Peralatan serbaguna

peralatan serbaguna

Maksud dari peralatan serbaguna disini adalah alat yang membantu kalian selama kegiatan mendaki. Berikut peralatannya:

  • Senter
  • Pisau serbaguna
  • Korek
  • Kompor portabel
  • Kantung sampah plastik

– Stok makanan dan minuman yang cukup

stok makanan

Peralatan sudah dibawa, selanjutnya kalian harus mempersiapkan bahan makanan dan minuman untuk persediaan selama mendaki. Beli bahan makanan yang mudah untuk dimasak seperti mie, dan nugget. Kalian juga bisa membeli camilan seperti biskuit, dan wafer agar stamina mendaki tetap terjaga. Pastikan kalian membeli banyak minuman ya untuk berjaga-jaga jika di gunung yang kalian daki sulit ditemukan mata air.

– Perlengkapan medis

perlengkapan medis

Pastikan juga kalian membawa peralatan medis ataupun obat khusus jika diperlukan. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi di gunung, maka dari itu sebaiknya kita berjaga-jaga dengan membawa perlengkapan medis. Jika kalian mendaki secara berkelompok, cukup 1 orang saja yang membawa perlengkapan medis.

Apakah ada persiapan khusus yang harus dilakukan jika ingin mendaki gunung?

Ada beberapa hal yang harus kalian siapkan dan latih sebelum mendaki gunung:

  • Sering berolahraga
  • Melatih mental
  • Jaga kebersihan gunung
  • Selalu bertutur kata sopan saat mendaki