Perlukah Anda Memilih Jenis Asuransi Mobil All Risk? Pertimbangkan Matang-Matang

May - 14
2019
Perlukah Anda Memilih Jenis Asuransi Mobil All Risk

Perlukah Anda Memilih Jenis Asuransi Mobil All Risk? Pertimbangkan Matang-Matang

Tidak banyak yang memilih Asuransi mobil All Risk. Kebanyakan orang akhirnya menjatuhkan pilihan asuransi TLO atau Total Loss Only. Tentu saja mereka memiliki alasan yang berbeda.

Anda bisa mencari tahu pendapatan mereka yang sudah mengambil premi asuransi. Atau Anda bisa cari tahu apa perbedaan antara TLO dan All Risk. Pahami apa saja kelebihan masing-masing. Ini penting agar Anda tepat dalam memilih asuransi. Anda tidak memilih berdasarkan pertimbangan mana yang banyak dipilih melainkan mana yang memberikan manfaat untuk Anda.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Yang Perlu Anda Tahu Mengenai Asuransi All Risk

Anda perlu ketahui dulu apa perbedaan antara TLO dan All Risk. Kedua jenis asuransi ini berbeda. Manfaat yang diberikan berbeda. Begitu juga premi asuransi yang harus Anda bayarkan setiap tahunnya.

Yang pasti, premi asuransi mobil All Risk itu jauh lebih mahal dibandingkan dengan premi asuransi TLO. Mungkin ini yang menjadi alasan mengapa banyak yang memilih TLO daripada All Risk.

Namun, apakah Anda tahu apa yang menjadikan premi asuransi All Risk lebih mahal? Ini disebabkan banyaknya manfaat yang bisa Anda dapatkan. Dengan memiliki asuransi mobil All Risk, apapun kerusakan entah itu kecil atau besar, perusahaan asuransi akan mengcover.

Bagaimana dengan TLO? TLO itu singkatan dari Total Loss Only. Bukan berarti hanya ketika mobil Anda hilang perusahaan akan melakukan covering. Tidak demikian. Anda bisa mengajukan klaim saat terjadi kerusakan mobil yang parah, di atas 75% atau mobil Anda hilang dicuri orang.

Dari segi biaya, tentu lebih ringan jika Anda memilih TLO. Namun, apakah Anda hanya mempertimbangkan biaya? Tentu saja tidak. Bagaimanapun juga, Anda memilih untuk mengambil polis asuransi mobil karena Anda ingin mendapatkan manfaat. Jika Anda ingin proteksi penuh untuk kendaraan kesayangan Anda, tentu asuransi All Risk menjadi pilihan yang paling tepat.

Berapa biaya yang harus Anda keluarka untuk membeli polis asuransi All Risk? Biaya ini sudah ditetapkan oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Besarnnya di antara 2,47 hingga 2,72 persen. Tentu angka prosentase ini tergantung di mana Anda tinggal. Angka tersebut untuk wilayah Jakarta.

Dengan mengetahui angka prosentase tersebut, sebenarnya Anda bisa menghitung berapa kira-kira premi asuransi All Risk untuk mobil Anda. Anda bisa meminta perusahaan untuk menggunakan prosentase paling rendah agar asuransi Anda murah.

Sebenarnya, penentuan premi asuransi mobil All Risk ini dipengaruhi oleh banyak faktor. Selain jenis mobil, ada juga faktor lainnya seperti tahun pembuatan mobil, wilayah di mana Anda tinggal, merk mobil, dan lain sebagainya. Untuk itu, sebaiknya Anda konsultasikan dengan pihak perusahaan. Negosiasikan premi yang harus Anda bayarkan. Minta agar biaya yang harus Anda bayar semurah mungkin.

Alasan Tepat Kenapa Memilih Asuransi All Risk

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, asuransi mobil All Risk memberikan covering untuk semua jenis kerusakan. Karena bukan hanya kerusakan berat saja yang mobil Anda bisa alami. Bahkan, risiko yang paling sering terjadi adalah kerusakan kecil seperti tabrakan kecil dengan kendaraan lain.

Kebanyakan kecelakaan di jalan raya menyebabkan mobil mengalami kerusakan minor. Sementara itu, kerusakan mayor itu sering disebabkan oleh bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, dan juga banjir. Alasan inilah mengapa sebaiknya Anda memilih asuransi All Risk karena risiko kerusakan kecil pada mobil itu sangat tinggi dibandingkan dengan kerusakan besar.

Dalam hal ini, Anda tidak boleh menganggap enteng kerusakan ringan. Untuk perbaikan mobil, butuh biaya yang tinggi meskipun kerusakannya ringan. Pengganti sparepart bisa membutuhkan dana jutaan rupiah. Belum lagi pengecatan dan lain sebagainya.

Meskipun demikian, keputusan ada di tangan Anda. Yang pasti, Anda sudah tahu sisi positif dari kedua jenis asuransi ini. Tinggal Anda pikirkan mana yang memberikan manfaat untuk Anda.

Terlepas dari hal tersebut, perlu Anda pertimbangkan juga kemampuan finansial Anda. Jangan sampai Anda mengambil premi asuransi namun Anda tidak rutin membayar. Ini bisa menjadikan masalah baru. Karena dengan tidak rutin membayar, Anda tidak bisa melakukan klaim jika terjadi kecelakaan. Jadi, pilih jenis asuransi mobil yang tepat dan yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda.

Perlukah Anda Memilih Asuransi All Risk?

Sekarang Anda bisa memikirkan lebih matang lagi apakah Anda perlu memiliki asuransi All Risk.

Memang tidak semua orang butuh. Biasanya, mereka yang sering berkendara ke luar kota mengasuransikan mobil mereka dengan jenis asuransi ini. Atau mereka ingin mudik ke kampung halaman di Hari Raya Idul Fitri. Banyak yang memilih asuransi mobil All Risk. Pasalnya, mereka tahu jalanan pasti sangat ramai sehingga risiko terjadi kecelakaan sangat tinggi.

Memang sekarang ini sudah ada jalan tol yang membuat perjalanan semakin lancar. Anda bisa melajukan kendaraan dengan lebih cepat. Namun, risiko tetap ada. Ini terbukti banyaknya kecelakaan di jalan bebas hambatan.

Tentu Anda harus sebisa mungkin menghindari hal buruk terjadi seperti kecelakaan saat mudik. Anda perlu tahu bagaimana tips menyetir mobil di jalan tol. Dengan harapan, Anda bisa sampai ke kampung halaman dengan selamat dan bisa berlebaran dengan sanak saudara.

Namun, siapa saja tidak bisa menghidari kecelakaan. Jika pencegahan sudah Anda lakukan, lengkapi dengan perlindungan. Ambil asuransi mobil All Risk agar perjalanan mudik Anda nanti lebih tenang dan nyaman.

Segera asuransikan mobil Anda karena Ramadhan akan segera tiba. Pastikan Anda merasa aman dan terlindungi ketika mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi nanti.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *