Persiapan Efektif Bila akan Mudik dengan Mobil Pribadi

Mar - 31
2019
Persiapan Efektif Bila akan Mudik dengan Mobil Pribadi

Persiapan Efektif Bila akan Mudik dengan Mobil Pribadi

Mudik dengan mobil pribadi kini menjadi prioritas banyak orang ketika akan pulang ke kampung halaman. Karena cara mudik tersebut semakin praktis sejak banyak tol baru di pulau Jawa dan Sumatera. Mudik bersama beberapa anggota keluarga pun jadi lebih ekonomis karena Anda hanya perlu menyiapkan ongkos tol dan parkir.

Kendati demikian, Anda tetap harus melakukan persiapan matang bila akan mudik dengan mobil pribadi. Beberapa hal penting berikut ini tentu tak boleh luput dari perhatian Anda:

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Servis Mobil Sebelum Mudik

Hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah menyiapkan kondisi fisik mobil. Jangan lupa membawa mobil ke bengkel agar mendapatkan pelayanan servis besar. Sehingga kerusakan komponen mobil bisa segera diatasi dan tidak mengganggu perjalanan jarak jauh. Kemungkinan besar Anda pun harus mengganti spare part mobil yang mulai rusak. Jadi, Anda mesti menyiapkan budget yang memadai demi mendukung kondisi fisik mobil.

Mencari Asuransi Mobil Terbaik

Asuransi mobil terbaik juga penting untuk melindungi perjalanan mudik Anda. Itulah sebabnya Anda wajib cari asuransi mobil terbaik yang sesuai dengan kebutuhan mobil Anda. Usahakan untuk mulai menjadi nasabah asuransi mobil sejak dua hingga tiga bulan sebelum mudik. Dengan demikian, asuransi mobil Anda pasti sudah aktif dan siap memberikan proteksi maksimal.

Risiko kecelakaan, kerusakan mobil (akibat bencana alam atau terorisme), dan pencurian akan ditanggung oleh asuransi mobil all risk. Anda pun bisa melakukan perjalanan mudik secara tenang bila sudah memperoleh perlindungan risiko yang memadai.

Jangan Lupa Membawa Perkakas Mobil

Perkakas mobil tak boleh luput dari perhatian Anda saat hendak mudik. Simpanlah perkakas mobil untuk membantu Anda memperbaiki mobil dalam kondisi darurat. Perkakas sederhana tersebut biasanya terdiri dari dongkrak serta beberapa jenis kunci dan obeng. Kondisi ban serep juga harus dalam keadaan baik. Supaya Anda bisa segera menggunakannya ketika ban mobil bocor dalam perjalanan mudik. Meskipun Anda terpaksa berhenti di jalan tol, Anda tetap bisa mengupayakan perbaikan mobil secara mandiri dengan perkakas tersebut.

Menyiapkan Kondisi Fisik

Perjalanan mudik ke kampung halaman pasti membutuhkan waktu tempuh berjam-jam. Semakin jauh kampung halaman Anda, maka semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke tempat tujuan. Itulah sebabnya Anda juga harus menyiapkan kondisi fisik sebelum mengemudi jarak jauh.

Mulailah mengonsumsi makanan bergizi dan berolahraga secara teratur agar tak mudah lelah. Persiapan fisik tersebut akan membuat Anda tetap berstamina ketika mengemudi dalam waktu lama. Anda pun tidak akan mudah sakit ketika sudah tiba di kampung halaman.

Mengemudikan Mobil secara Bergantian

Jika memungkinkan, sebaiknya Anda mudik bersama anggota keluarga atau kerabat yang bisa mengemudikan mobil. Sehingga Anda dapat mengemudikan mobil secara bergantian bila sudah lelah. Mengemudikan mobil secara bergantian sangat efektif meminimalkan risiko kecelakaan. Anda bisa beristirahat sejenak jika sudah mulai lelah dan mengantuk ketika mengemudi. Perjalanan mudik pun tak akan tertunda karena ada pengemudi lain yang dapat menggantikan Anda.

Jangan Lupa dengan Uang Tunai dan E-money

Mudik dengan kendaraan pribadi juga membuat Anda wajib menyiapkan uang tunai dan mengisi e-money. Uang tunai penting untuk membeli bahan bakar, membayar parkir, dan membeli barang-barang kebutuhan lainnya. Sedangkan e-money harus tersedia untuk membayar ongkos tol. Jika memungkinkan, Anda juga bisa memanfaatkan promo cashback dari e-wallet untuk menghemat pengeluaran selama perjalanan mudik.

Memilih Rute Perjalanan Terbaik

Kini, tak sulit menentukan rute perjalanan mudik yang lancar dan membutuhkan waktu singkat. Anda bisa mengaktifikan GPRS, Google Maps, atau Waze untuk mengarahkan perjalanan Anda. Sehingga Anda bisa menghindari kawasan yang macet dan mengalihkan mobil ke rute lain yang lebih lancar. Perjalanan mudik yang lebih singkat tentu tak akan menguras tenaga Anda selama mengemudi.

Persiapan pribadi dan proteksi dari asuransi mobil terbaik akan mendukung pengalaman mudik dengan mobil pribadi. Jadi, mulailah mencari asuransi mobil terbaik dan menyiapkan budget sejak jauh hari sebelum mudik. Pastikan bahwa pengalaman mudik selanjutnya akan menjadi momen istimewa bagi Anda sekeluarga.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *